5 Trik Merawat Kulit Dehidrasi Akibat Paparan AC

Cuaca yang panas bikin betah berdiam di ruangan ber-AC. Tapi, hati-hati kondisi ruangan yang dingin bisa membuat kulit dehidrasi dan kering!

KULIT DEHIDRASI 2

Seharian berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner) kadang memang menyenangkan karena nggak perlu kepanasan dan terpapar sinar matahari. Namun, ternyata AC bisa juga memberi dampak buruk bagi kulit kita. Setelah beberapa jam berada di ruangan ber-AC biasanya kulit kita akan terasa lebih kering karena kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban alaminya. Kulit bahkan bisa terasa gatal dan “ketarik”. Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghindari kulit dehidrasi setelah beraktivitas di ruangan ber-AC!

Mengunakan sabun pembersih wajah dengan pH rendah

Pembersih wajah memiliki peran penting untuk menjaga kondisi kelembaban alami di kulit. Saat kita mencuci wajah, minyak alami di pori-pori akan hilang dan pH kulit akan berubah dari yang cenderung asam menjadi lebih basa. Pembersih wajah dengan pH yang rendah bisa menyeimbangkan kondisi pH di kulit, sehingga kulit tetap lembab meskipun sebagian minyak alaminya hilang. 

 

Baca juga: 10 Skincare Semangka untuk Menyegarkan Kulit di Musim Panas

 

Toner bebas alkohol

Setelah mencuci wajah, gunakan toner yang tidak mengandung alkohol. Kandungan alkohol pada toner bisa bikin kulit kamu tambah kering jika terpapar AC. Sebagai alternatifnya, kamu bisa pakai toner dengan kandungan air mawar atau aloe vera yang bisa mengecilkan pori-pori sekaligus memberikan kelembaban lebih di kulit.

Menggunakan moisturizer yang tepat

Pelembab atau moisturizer adalah komponen yang nggak boleh terlewat untuk menjaga agar kulit nggak dehidrasi. Ketika akan berada di ruangan ber-AC seharian, sebaiknya kamu menggunakan moisturizer dengan kandungan yang agak thick supaya dapat melembabkan kulitmu lebih lama. Kamu boleh coba moisturizer berbentuk krim atau gel dengan kandungan hyaluronic acid, glycerin, atau mineral oil untuk melindungi kulitmu seharian. Sebaiknya, aplikasikan segera setelah mandi ya!

 

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare dengan Hyaluronic Acid

 

Menggunakan face mist

Face mist bisa jadi cara instant untuk melembabkan kulit ketika sudah mulai terasa kering dan tidak nyaman. Selain itu, face mist juga menjaga agar makeup yang dipakai lebih terlihat segar. Gunakan face mist yang mengandung asam laktat, glycerin, atau hyaluronic acid sehingga kelembaban kulit lebih terjaga.

Minum air yang cukup

Selain menjaga kelembaban kulit dari luar, menjaga kelembaban dari dalam juga sama pentingnya. Kurangnya cairan dalam tubuh bisa memperburuk kondisi kulit kita jadi semakin kering dan kurang elastis. Perbanyak konsumsi air putih saat di ruangan ber-AC, ya!

 

Dengan sederet tips di atas, semoga kamu bisa mengatasi kulit kering di ruangan ber-AC, ya. Selamat beraktivitas!