Rekomendasi 3 Hydrating Toner Lokal dengan Harga Terjangkau

Hydrating toner jaman sekarang belinya nggak perlu online. Produk-produk lokal yang tersedia di mall, toko kosmetik, bahkan minimarket terdekat, juga sudah menyediakan hydrating toner kok.

Beberapa skincare reviewer mengatakan, bahwa hydrating toner sebenarnya adalah step yang paling bisa di-skip dari skincare routine. Langsung memakai cream moisturizer pada saat kulit masih terasa lembap oleh air setelah cuci muka, bisa dibilang akan sama saja hasilnya. Tapi saya termasuk orang yang percaya bahwa memakai hydrating toner adalah step penting, karena saya merasakan sendiri manfaat menggunakan hydrating toner. Saya merasa kulit saya lebih terhidrasi, lebih sehat, dan krim yang saya aplikasikan setelahnya juga lebih mudah diratakan dan diserap dengan baik oleh kulit saya. Jadi bagi saya sih nggak ada alasan untuk skip hydrating toner.

Baca juga: 3 Fungsi Hydrating Toner

Apalagi sekarang, sudah banyak banget brand skincare, termasuk brand lokal, yang menyediakan produk hydrating toner bagus dengan harga terjangkau.

hydrating toner (2)

Wardah Seaweed Primary Hydrating Booster

Sebenarnya dulu saya beli ini karena Hadalabo Gokujyun Lotion yang biasa saya pakai sedang kosong di mana-mana. Jadi, saya beli Wardah, yang ketika itu merupakan produk baru, walau belum ada review-nya. Nggak ada aroma yang mengganggu dalam produk ini. Memang sih, terdapat kandungan fragrance, namun aromanya samar sekali dan bukan tipikal aroma yang mengganggu.

Produk ini mengandung Glyserin, Sodium PCA, Propylene Glycol, Butylene Glycol dan Sodium Hyaluronate yang merupakan humectant yang berfungsi mengikat air ke dalam kulit. Produk ini juga tidak mengandung alkohol. Tekstur toner ini lebih encer daripada Hada Labo Gokujyun Lotion, namun untuk kemampuannya melembapkan kulit, menurut saya setara dengan Hada Labo. Kadang saya pakai berlapis-lapis, kalau kulit sedang sangat-sangat kering.

Selain itu, saya juga suka kemasannya yang kecil, dengan tutup yang secure sehingga nyaman kalau mau dibawa traveling. Untuk hydrating toner seharga Rp33.000 saja, produk ini layak dipertimbangkan.

Emina Double The Moist Face Toner

Mengingat kesuksesan saya mencoba hydrating toner dari sister brand Emina, yaitu Wardah, saya jadi tertarik mencoba produk ini. Secara bentuk kemasan dan aromanya, produk ini agak mirip dengan Wardah. Hanya saja kemasan Emina lebih kecil, dan aroma produknya sedikit lebih kuat dibandingkan Wardah, walau nggak mengganggu.

Produk ini juga diformulasikan tanpa alkohol, jadi jangan khawatir untuk yang kulitnya sensitif atau sedang menghindari alkohol. Terdapat kandungan Butylene Glycole, Propylene Glycol dan Aloe Vera sebagai agen penghidrasi kulit dalam produk ini. Teksturnya lebih encer dari Wardah, dan menurut saya juga tidak selembap Wardah. Tapi memang Emina didesain untuk remaja, yang tentunya kebutuhan kulitnya berbeda dengan kulit dewasa.

Saya sendiri tidak akan repurchase produk ini, namun saya nggak keberatan menghabiskan produk yang sudah saya beli ini. Sejauh ini saya nyaman memakainya ketika saya sedang traveling di daerah yang panas, karena memang teksturnya ringan dan nggak lengket. Tapi untuk kulit remaja, kemungkinan akan lebih cocok. Apalagi harganya juga hanya Rp36.000 saja, terjangkau untuk kantong anak sekolah.

19586222_a590c2e1-ded4-462f-98c3-567e78b0e4b2_800_800

 Viva Face Tonic Green Tea

Kalau produk ini adalah yang paling sering ditanyakan oleh follower instagram saya. Pertanyaannya adalah apakah Viva Green Tea Toner ini merupakan hydrating toner atau bukan? Jawabannya, iya. Toner ini tidak mengandung alkohol, dan menggunakan Propylene Glycol sebagai humectant. Selain itu, ada kandungan Witch Hazel dan Tea Tree Oil yang bagus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Teksturnya sangat encer seperti air biasa.

Aroma produk ini juga nggak sekuat toner keluaran Viva yang lain. Bahkan bisa dibilang, aromanya enak. Untuk kemasannya, saya sih kurang begitu suka karena kemasan fliptop-nya sering terbuka sendiri ketika dibawa traveling.

Selain karena banyak ditanyakan, saya tertarik mencoba karena saya adalah pengguna Viva Milk Cleanser Green Tea dan sangat cocok dengan produk tersebut. Apalagi harganya 7 ribu rupiah saja! Jadi saya berharap saya juga akan cocok dengan toner-nya. Saya sudah habis satu botol, dan sejauh ini nggak ada reaksi negatif di kulit saya, walau saya merasa toner ini kurang mampu melembapkan kulit saya yang kering, walau saya pakai berlayer-layer. Tapi kalau melihat review-nya di Female Daily Beauty Review, produk ini jadi holly grail banyak orang yang memiliki permasalahan kulit berjerawat.

 

Tertarik mencoba salah satunya?