Beautypedia: Beta-Glucan, Ingredient Anti-Aging untuk Kulit Sensitif

Nyari kandungan skincare yang soothing sekaligus punya manfaat anti-aging? Kenalan dulu sama beta-glucan!

Aging is inevitable, but we still want our skin to age well, right? Beberapa kandungan yang dikenal jagoan dalam menangkan tanda-tanda penuaan kulit di antaranya ada retinol, glycolic acid, dan vitamin C. Jika dipakai secara rutin, ketiga kandungan ini memang akan memberikan hasil yang nyata karena cara kerjanya yang mempercepat regenerasi sel. Namun sayangnya nggak semua orang bisa cocok, terutama bagi pemilik kulit sangat kering dan kulit sensitif. Kalau kamu termasuk yang punya jenis kulit ini, nggak perlu khawatir kok karena masih ada alternatif kandungan anti-aging yang sifatnya lebih gentle. Let’s give a warm welcome to beta-glucan!

Baca juga: Mugwort Mulai Menggeser Hype Centella Asiatica di K-Beauty?

Sebenarnya apa sih beta-glucan itu? Secara teknis, beta-glucan merupakan polisakarida yang dapat ditemukan di dinding sel beberapa tumbuhan dan nggak diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Beta-glucan dalam skincare umumnya diambil dari jamur, ragi, oat, barley, dan algae. Sebenarnya manfaat beta-glucan nggak hanya bisa dirasakan untuk  kesehatan kulit. Untuk tubuh secara general, cara kerja beta-glucan adalah dengan meningkatkan sistem imun dan melawan patogen. Patogen sendiri merupakan penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit. Beta-glucan akan menstimulasi aktivitas makrofag sehingga sel imun merespon patogen dan menghasilkan sistem imun yang lebih kuat.

 


View this post on Instagram

Hello, fans in India! ⠀ Klairs has officially launched on Amazon India???? Keep your skin hydrated throughout the day with Klairs!

A post shared by Klairs | Simple, but enough (@klairs.global) on

Untuk kulit, beta-glucan juga bekerja seperti itu, sehingga dapat mempercepat proses pemulihan luka. Selain itu, kandungan ini juga dapat menghidrasi, soothing, firming, serta memberikan efek plumping. Makanya biasanya dapat ditemukan dalam produk skincare anti-aging. 

Awalnya penggunaan beta-glucan dalam produk skincare topikal dianggap kurang efektif akibat ukuran molekulnya yang terlalu besar. Namun setelah penelitian lebih lanjut, dalam jurnal yang dirilis International Journal of Cosmetic Science, ditemukan bahwa ternyata molekul beta-glucan dapat melakukan penetrasi sampai ke epidermis dan dermis sehingga bisa memberikan deep hydration. Selain itu, dipercaya juga bahwa beta-glucan dapat menstimulasi produksi kolagen. Makanya produk skincare dengan beta-glucan dapat membantu membuat kulit lebih plum serta mengurangi tampilan kerutan halus.

iunik beta glucan 2 2

image

Baca juga: Mencoba Klairs Supple Preparation Unscented Toner Terbaru!

Sejauh ini memang belum terlalu banyak produk yang menjadikan beta-glucan sebagai main ingredients. Yang saya temukan baru iUNIK Beta Glucan 98% Power Moisture Serum dan iUNIK Beta Glucan Daily Moisture Cream yang menggunakan 98% beta-glucan di dalamnya. Kedua produk ini menggunakan beta-glucan yang berasal dari jamur (fungi). Tentunya kalau yang seperti ini nggak disarankan untuk dipakai yang mengalami fungal acne atau malassezia folliculitis ya. Begitu pun dengan Dear Klairs Supple Preparation Toner karena selain mengandung fungi-derived beta-glucan, toner ini juga memiliki ekstrak fermentasi yang dikenal dapat jadi trigger fungal acne. 

All in all, seperti produk skincare lainnya, cocok atau nggaknya tentunya personal. Buat lebih amannya, jangan lupa di-patch test dulu ya.