Tiga Penyebab Jerawat Yang Mungkin Tidak Kamu Sadari

Ingat, langkah pertama mengatasi jerawat adalah kenali dulu penyebabnya, baru lakukan perawatan dan pengobatan agar si jerawat bandel bisa hilang dari wajah kita. Jangan-jangan penyebabnya tidak kamu duga, lho! 

Jerawat memang sebuah ‘kejutan’ di wajah yang seringkali membuat kesal. Apalagi jerawatnya tidak kunjung hilang, atau kadang hilang satu tumbuh seribu. Saya sendiri terkadang kesal karena sudah pakai krim jerawat dan segala macam, tetap saja jerawat tidak kunjung hilang. Padahal, sedang tidak PMS dan tidak sedang mencoba produk baru. Ternyata, banyak hal yang menjadi penyebab jerawat tanpa kita sadari. Kalau saya, saat itu ternyata penyebabnya adalah kondisi air apartemen saya yang sepertinya kurang bersahabat dengan kulit saya.

Baca juga: Rekomendasi Produk Buat Bantu Atasi Jerawat di Punggung

 

Yuk, kenali penyebab jerawat yang mungkin selama ini kamu tidak sadari.

Hot Young Woman

Air

Ternyata, air bisa menyebabkan jerawat juga, lho. Coba cek air yang ada di tempat tinggal kamu, apakah sudah cukup bersih, atau sekedar bening tapi sebenarnya masih kurang pure untuk kulit? Saat saya mengetahui bahwa penyebab jerawat saya adalah air, saya akhirnya mencuci wajah dengan air minum. Tapi lama-lama, boros juga, kan. Akhirnya saya menyiasatinya dengan menampung air di baskom atau ember, lalu menuangkan cairan antiseptik ke dalamnya. Ternyata cara tersebut berhasil dan sekarang wajah saya sudah bebas dari jerawat. Tapi, kalau memang kulit kamu cenderung kering dan gampang iritasi, pastikan untuk test patch dulu cara saya yang satu ini ya. Karena takutnya air yang sudah dicampur dengan cairan antiseptik ini malah bikin kulit kamu lebih bermasalah. Jadi sekali lagi, coba dulu di bagian kecil kulit wajah kamu, karena setiap kulit pasti akan memiliki reaksi yang berbeda walaupun menggunakan metode yang serupa.

Baca juga: Face Oil yang Nggak Bikin Jerawatan

 

pollution

 

Udara

Kebayang, deh, kalau kita commute setiap pagi dan setiap sore, naik motor, melewati jalanan Ibu Kota, udaranya pasti sangat tidak bersahabat. Teman saya ada yang tidak kunjung sembuh dari jerawat walaupun sudah memakai serangkaian skincare baik itu dari merk yang beredar di pasaran hingga konsultasi ke dokter kulit, dan ternyata jerawatnya disebabkan oleh udara yang kotor dengan polusi dan debu di jalanan. Jadi, percuma memakai perawatan segitu lengkapnya jika penyebab jerawatnya sendiri belum diantisipasi. Untuk menyiasatinya, dia berangkat kerja lebih awal sebelum jalanan terlalu ramai sehingga udara terasa lebih bersih dan segar. Kalau terlambat bangun pagi, dia menyiasatinya dengan memakai masker sepanjang perjalanan, lengkap dengan helm full face yang memiliki penutup wajah supaya debu tidak langsung menyentuh wajah. Atau, kamu juga bisa mencoba mengantisipasinya dengan cara menggunakan jaket windbreaker yang nggak panas dan memiliki hoodie yang punya tali dan bisa ditarik hingga menutupi sebagian besar wajah kamu. Jadi, polusi serta debu akan menempel lebih sedikit. Jangan lupa juga pakai masker yang bisa menyaring udara dengan lebih baik, plus jangan lupa untuk menggantinya dengan lebih sering ya.

Baca juga: Ganja Bisa Bantu Atasi Jerawat?

100-Charmeuse-Silk-Pillowcase-TS-SP-003-

 

 Sarung Bantal

Mungkin kamu nggak sadar bahwa bantal yang kita pakai itu juga menyimpan bakteri. Sarung bantal yang kita pakai, akan bergesekkan langsung dengan bagian rambut dan bagian kepala kita, yang mungkin banyak memiliki kotoran. Kemudian, tanpa sadar, kita sering mengganti posisi saat tidur dan kemungkinan kotoran tersebut berpindah ke wajah kita, dan bisa menyebabkan jerawat juga bikin bruntusan. Maka dari itu, penting untuk mengganti sarung bantal satu minggu atau maksimal dua minggu sekali agar sarung bantal kita bersih dan tidak menyebabkan ‘kado-kado’ muncul di wajah kita.

Baca juga: Skincare Lokal Yang Ampuh Atasi Jerawat!

Nah, itu dia penyebab jerawat yang mungkin tidak kamu sadari. Ingat, langkah pertama mengatasi jerawat adalah kenali dulu penyebabnya, baru lakukan perawatan dan pengobatan agar si jerawat bandel bisa hilang dari wajah kita. Jangan-jangan penyebab jerawat tersebut tidak kamu duga, lho!

 

Kalau kamu, pernah nggak dapat jerawat karena hal yang tidak kamu duga? Yuk, share di bawah!