Wajib Tahu! Ini 5 Skincare Lokal untuk Atasi Jerawat!

Yang namanya jerawat pasti menyebalkan. Apalagi kalau jenis jerawat yang muncul kaya masalah hidup, alias variatif. Mau itu whiteheads, jerawat besar, hormonal atau karena salah produk, nggak ada salahnya coba 5 produk skincare lokal untuk kulit jerawatan di bawah ini!

 

Selain asupan makanan dan lifestyle yang harus dijaga, menurut saya skincare yang cocok untuk kulit yang lagi punya jerawat nggak bisa dinomorduakan. Saya akui, milih produk skincare untuk kulit berjerawat itu susah-susah gampang karena nggak semua kandungan acne treatment cocok di kulit.

Yang menarik, sekarang nggak selalu harus pakai skincare dari brand luar untuk mengatasi kulit jerawatan. Berbagai brand lokal juga punya lho, produk skincare yang oke untuk merawat kulit berjerawat. Mau coba? Berikut 5 produk skincare lokal untuk mengatasi jerawat yang bisa kamu coba!

Skin Dewi Calendula Soothing Gel

Sebenarnya, produk ini lebih tepat disebut emulsion dibanding gel karena teksturnya yang watery. Ada alasannya kenapa dirancang seperti itu. Tekstur yang ringan ini bikin Skin Dewi Calendula Soothing Gel ini nyaman dan gak clogging untuk dipakai para pemilik kulit sensitif, berjerawat, atau acne-prone. Jika kulit kamu berminyak, gunakan soothing gel ini sebagai pelembap hingga jerawat mereda. Kalau kulit kamu kering namun berjerawat (I know, so confusing) bisa coba pakai ini sebelum menggunakan moisturizer. Atau, bisa juga coba pakai ini saat kulit sedang breakout atau sedang sensitif saja.

Kandungan di dalamnya sudah terkurasi dengan baik untuk mengatasi kulit berjerawat dan sensitif hingga yang sedang meradang, tanpa memancing hasil reaktif atau iritasi pada kulit. Ada Sunflower Seed Oil, Chamomile Seed Oil, Oat CO2 Extract, Calendula CO2 Extract dan Lavender Oil. Semuanya memiliki khasiat menenangkan dan mengendalikan minyak berlebih pada wajah.\

Baca juga: Gimana Kalau Kulit Berjerawat Pakai Makeup Glass Skin?

Klei & Clay Bye Acne! Face Oil

Brand yang hadir meramaikan dunia kecantikan nusantara dari tahun 2017 ini punya koleksi Bye Acne! yang diciptakan khusus untuk membantu permasalahan jerawat. Selain face mask-nya, Klei & Clay punya produk Bye Acne! Face Oil yang menarik untuk dicoba.

Face oil ini cair dan berisi Golden Jojoba Oil, Grapeseed Oil, serta Tea Tree Oil yang memiliki khasiat antioksidan, menutrisi dan mengeringkan jerawat. Fyi, untuk kamu yang merasa Tea Tree Oil terlalu mengeringkan, jangan langsung kenakan di seluruh wajah, tapi coba totol sedikit di bagian yang berjerawat saja. Selain itu, pastikan kulit kamu tidak reaktif dengan wewangian ya, especially para pemilik kulit sensitif, karena ada kandungan fragrance-nya, yaitu Lavandula Angustifolia Oil dan Citrus Limon Oil.

Baca juga: Kenapa Sih Cowok Jerawatan di Dagu?

Loria Cosmetics Acne Lotion

Bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat, bisa coba Loria Cosmetics Acne Lotion yang disebut-sebut dupe dari Mario Badescu Drying Lotion ini. Well, kalau diperhatikan sih sama-sama mengandung zinc oxide dan salicylic acid yang memang bertugas mengeringkan jerawat meradang. Mungkin takarannya saja dan ehem tentu.. harganya, yang berbeda kali ya?

Walau wanginya agak keras, tapi skincare lokal untuk kulit jerawatan ini lumayan ampuh untuk mengeringkan dan mengempeskan jerawat. Pakai di jerawat yang sedang meradang, dan biasanya akan reda dalam 1 hingga 3 hari. Kekurangannya, spot treatment ini mengandung alkohol jadi bisa buat kulit sekitar jerawat jadi ikut mengering dan mengelupas.

Sensatia Botanicals Acne Spot Treatment

 

Nggak seperti spot treatment lain yang biasanya mengeringkan kulit, Sensatia Botanicals menciptakan skincare lokal untuk kulit jerawatan dengan kandungan oil dan wax organik agar kulit tetap nyaman dan ternutrisi. Ada Sunflower Seed Oil, Candelila Wax, Argan Kernel Oil, Licorice Extract, Peppermint Oil dan Tea Tree Leaf Oil yang bekerja melembapkan, menenangkan inflamasi, dan antibakteri untuk mematikan bakteri dalam jerawat.

Walau teksturnya berbeda, tapi cara penggunaannya sama seperti produk jerawat lainnya. Sensatia Botanicals Acne Spot Treatment lebih cocok dipakai untuk jerawat yang lagi meradang, atau yang sudah kemerahan dan ada matanya. Kalau mau bersih dari komedo atau whiteheads biar nggak jadi jerawat, coba kombinasi dengan Acne Clarifying Facial Scrub-nya juga.

Baca juga: 3 Produk Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

 

Jerawat juga bisa terkendali dengan penggunaan masker wajah yang tepat, lho. Luxcrime mengeluarkan Charcoal Mint Mud Mask yang bisa mengantisipasi tumbuhnya jerawat di wajah karena kandungan charcoal di dalamnya. Charcoal terkenal memiliki kekuatan untuk menghisap toksin atau kotoran dalam pori-pori wajah, dengan begitu memperbaiki tekstur kulit, pori-pori mengecil dan kulit jadi terasa lebih lembut.

Pakai di T-zone saja jika kulit kamu termasuk kombinasi, atau seminggu sekali dan nggak lebih dari 10 menit kalau kulit kamu kering. Scrub di dalamnya juga bantu mengangkat sel kulit mati dan bikin kulit jadi terlihat lebih cerah!

 

Selamat mencoba!