Bourjois Healthy Mix Foundation: Dupe Dari Too Faced Born This Way?

Katanya nih, Bourjois Healhty Mix Foundation adalah dupe dari Too Faced Born This Way Foundation. Apa benar sama persis formulanya?

Foundation Bourjois maupun Too Faced, keduanya sama-sama punya tempat di hati makeup enthusiast. Saya sudah sering sekali mendengar beauty blogger/ vlogger yang membicarakan salah satu dari dua foundation tersebut, sebagai foundation favoritnya. Saya malah nyaris nggak pernah ketemu review jelek mengenai Bourjois maupun Too Faced Foundation.

bourju vs too faced (31)

Lebih dalam lagi, sebenarnya Bourjois Healthy Mix Foundation ini sudah lama terkenal sebagai dupe Too Faced Born This Way dari drugstore brand. Pertama kali saya membeli Bourjois juga karena saya dulu belum mampu membeli Too Faced Born This Way. Tapi kemudian malah keterusan deh. Bahkan sampai saat ini, Bourjois Foundation tetap merupakan salah satu go to foundation saya, yang pasti saya pakai dalam kondisi kulit saya seperti apapun.

Saat ini kebetulan saya punya kedua foundation dari brand tersebut, yaitu Too Faced Born This Way Foundation dan Bourjois Anti Fatigue Healthy Mix Foundation. Bourjois Anti Fatigue Healthy Mix Foundation ini adalah versi terbaru dari Bourjois Healthy Mix Foundation yang biasanya. Dan sejauh saya coba sih, nggak ada perbedaan sama sekali diantara versi lama dan baru, kecuali pada kemasannya.

Baca juga: Drugstore Foundation Untuk Kulit Kering

Nah, ini dia perbandingan antara Too Faced Born This Way Foundation dan Bourjois Anti Fatigue Healthy Mix Foundation.

Kemasan

Kemasannya sama-sama terbuat dari botol kaca tebal dan ada pump-nya. Secara estetika, saya lebih suka desain Too Face sih. Lebih kelihatan “mahal”. Tapi saya lebih suka bentuk botol Bourjois karena lebih slim, sehingga lebih enak kalau mau dibawa-bawa dalam pouch makeup, dan lebih gampang pula ditata di laci makeup.

Harga

Too Faced Born This Way Foundation dibandrol dengan harga Rp.629.000. Sedangkan Bourjois Healthy Mix Anti Fatigue Foundation harganya Rp.270.000 saja. Harganya memang beda jauh banget.

Aroma

Foundation Bourjois punya aroma yang lebih enak, yaitu aroma fruity (karena memang mengandung leci, goji beri dan buah delima yang kaya vitamin. Mood saya jadi membaik deh pas mengaplikasikan foundation ini. Sementara Too Faced nyaris nggak ada aromanya sama sekali.

bourju vs too faced (33)

Tekstur

Keduanya merupakan jenis foundation yang teksturnya creamy, namun nggak terlalu kental dan enak banget dibaurkan. Saat dibaurkan ke wajah, keduanya memiliki feel yang sama persis. Jadi bisa dibilang sih, memang nyaris serupa ya. Cuma kalau diperhatikan dengan seksama, Too Faced mempunyai tekstur yang sedikit lebih kental/ padat dibandingkan Bourjois.

Baca juga: Kim Kardashian Luncurkan Body Foundation: Tertarik?

Coverage

Saya mencoba kedua foundation ini pada masing-masing sisi wajah saya. Bourjois di sisi kiri, dan Too Faced di sisi kanan. Jumlah yang saya aplikasikan sama, yaitu satu pump untuk masing-masing sisi wajah. Aplikator yang saya gunakan untuk membaurkan juga sama, yaitu Mad for Makeup Even Better Beauty Blender. Perlu dicatat, saya nggak pakai concealer, dan cuma pakai selapis tipis Milani Prep Set Go Tranparent Powder untuk set under eye area.

bourju vs too faced

Dengan jumlah foundation yang sama, Too Faced lebih mampu menutup beberapa spot kehitaman dan bekas jerawat di area muka saya. Nggak 100% tertutup, tapi lebih baik dari Bourjois. Mungkin ini dipengaruhi oleh tekstur Too Faced yang juga lebih kental daripada Bourjois.

Oh iya, keduanya menghasilkan finish kulit yang dewy tapi nggak berlebihan. Bila dipakai dengan jumlah yang pas (nggak berlebihan), hasilnya telihat natural dan kulit kelihatan sehat.

Daya Tahan

Nah, ini yang menarik. Setelah 5 jam, pada sisi Too Faced, foundation sudah creasing dan masuk ke beberapa garis halus di wajah saya. Paling banyak di area bawah mata. Dan gumpalan di area cuping hidung tempat sandaran kacamata, juga lebih banyak. Tapi, sisi bagian Too Faced (area yang tidak creasing dan menggumpal, seperti pipi) terlihat masih flawless. Sementara sisi bagian Bourjois, walau tidak terlalu creasing, sudah mulai terlihat seperti kulit asli saya.

Pada percobaan lain, saya mencoba memakai Too Faced ini dengan jumlah yang lebih sedikit, yaitu satu pump untuk seluruh wajah. Dan cara ini bisa meminimalisir creasing-nya.

Kesimpulan

Secara tekstur dan feel saat dipakai, serta finish yang dihasilkan, kedua foundation ini memang nyaris serupa. Ada perbedaan coverage, tapi nggak terlalu signifikan. Jadi, bisa dibilang Bourjois Healthy Mix Foundation adalah dupe dari Too Faced Born This Way Foundation, meskipun keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Saya sendiri punya keduanya dan nggak bisa milih. Untuk dipakai seharian atau untuk special occasion saya lebih memilih Too Faced Born This Way yang lebih tahan lama, walau harus diakalin bagian under eye agar nggak creasing. Tapi kalau cuma dipakai untuk acara yang sebentar aja, saya lebih suka pakai Bourjois Healthy Mix yang hasilnya mirip dan pakainya juga nggak tricky.

Kamu sendiri bisa memilih sesuai dengan budget dan kebutuhan. Kalau memilih Bourjois, untuk ketahanannya bisa diakali dengan touch up secara berkala.