Sunscreen Nggak Lengket untuk Kulit Kombinasi | Weekend Review

Kamu pasti tahu kan bahwa sunscreen itu produk paling wajib dipakai? Di antara semua skincare, bagi saya ini adalah bintangnya. Karena, iklim di Indonesia yang terik mengharuskan kita punya perlindungan ekstra bagi kulit.

Perkenalan saya dengan sunscreen tentu sudah lama, sejak saya kecil. Apalagi saat itu saya hobi berenang jadinya sunscreen bukan barang baru buat saya. Tapi, sayangnya, saya pakai cuma saat berenang saja, dan kemudian itu jadi salah satu penyesalan mendalam. Secara genetik kulit saya sangat mudah muncul freckles dan spruten kalau sering terpapar matahari. Jadi, saat saya mulai merasakan dampaknya di usia dewasa, saya baru menjalin hubungan serius dengan skincare satu ini. Baru sekitar 5 tahun terakhir! Jangan ditiru ya, karena sebaiknya kamu sudah rutin pakai sunscreen di usia semuda mungkin!

Baca juga: 5 Cara Pakai Suncreen yang Benar

Dulu, saya menganggap moisturizer dengan kandungan SPF itu sudah cukup untuk memproteksi kulit dari paparan matahari. Tapi ternyata, nggak bisa itu saja. Apalagi biasanya moisturizer dengan SPF itu hanya punya kandungan SPF 15, nggak lebih. Jadi sebaiknya tetap dilanjutkan dengan sunscreen. Setelah menemukan tabir surya yang cocok untuk kulit kombinasi, step ini nggak pernah lagi saya tinggalkan sebelum keluar rumah. Berikut ini 3 sunscreen favorit saya yang cocok untuk kombinasi, selain Biore Aqua Rich Water Essence SPF 50 yang juga saya suka.

1. Innisfree Perfect UV Protection Essence SPF 50 PA+++, Rp 210.000.

INNISFREE SUNSCREEN

Sunscreen pertama saya dari Innisfree dan langsung suka, nggak mau coba varian yang lain, padahal Innisfree juga punya beberapa produk sunscreen lainnya seperti Perfect UV Protection Cream, Extreme UV Protection Stick, Daily UV Protection Cream Mild, dan sebagainya.

Baca juga: Sunscreen Spray: Aman atau Tidak?

Teksturnya ringan dan nggak bikin jerawatan, tapi sangat melembapkan. Mengandung ekstrak bunga matahari dan teh hijau jeju untuk melindungi kulit, hyaluronic acid dan ceramide untuk menghidrasi, serta ekstrak Common Purslane dan Centella asiatica yang baik untuk menyejukkan dan mencegah iritasi.

Karena nggak bikin kering itu, menurut saya sunscreen ini bisa dipakai tanpa didahului moisturizer. Pas banget kalau saya terburu-buru dan nggak bisa melakukan skincare steps terlalu banyak. Tapi, saya merasa sunscreen ini cocoknya untuk dipakai sebelum loose powder atau powder foundation saja. Saya nggak suka dengan hasilnya di kulit wajah kalau dipakai sebelum cushion atau foundation, karena jadi sedikit lebih lengket. Jadi menurut saya ini cocok banget untuk daily, untuk berolahraga di luar ruangan, dan untuk kamu yang suka makeup ringan buat sehari-hari.

Kalau sudah pernah coba, jangan ketinggalan tulis review-nya di sini ya!

2. L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Advance Oil-Control UV Protector SPF 50 PA++++, Rp 99.000.

LOREAL SUNSCREEN

Ini salah satu sunscreen yang direkomendasikan untuk kulit kombinasi dan berminyak karena teksturnya matte. Kalau pakai ini, kamu nggak akan lihat white cast atau menemukan kilang minyak di wajahmu. Sesuai dengan namanya, bikin matte dan ada efek segar di kulit.

SPF-nya tinggi, tapi rasanya nggak berat di kulit. Perlindungan terhadap UVA-nya cukup tinggi dibanding produk lain yang sering kamu temukan di pasaran, seperti yang bisa kamu lihat, tanda plus di belakang tulisan PA ada 4. Artinya, sunscreen ini bisa sangat membantu melindungi kulit dari kejahatan matahari dalam mempercepat proses aging.

Plusnya lagi, kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai drugstore, bahkan di minimarket juga dijual dalam bentuk sachet. Harganya pun terjangkau. Kamu sudah coba? Jangan lupa tulis review-nya di sini.

3. Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30 PA +++

WARDAH SUN CARE

Skala 1-5, saya kasih 4,8 untuk produk ini! Ini sunscreen yang jadi favorit saya belakangan ini karena teksturnya benar-benar ringan, seperti gel, dan mudah meresap. Saya terbiasa melakukan 7 step skincare di pagi hari dan suncreen dari Wardah ini sama sekali nggak berat. Malah bikin kulit tampak sehat.

Baca juga: Cara Agar Kulit Tetap Glowing dengan Mattifying Sunscreen

Sejauh ini, produk ini nggak bikin jerawat muncul dan cocok dengan produk makeup apapun yang dipakai setelahnya, mulai dari loose powder, powder foundation, face primer, cushion, atau foundation.

Sayangnya dibandingkan 2 produk di atas, SPF-nya memang hanya 30. Tapi SPF 30 sangat cukup untuk sehari-hari lho. Saat berenang atau berolahraga di luar ruangan biasanya saya pakai yang lain. Kalau suatu hari Wardah buat yang SPF nya 50, bisa jadi rasanya nggak seringan yang SPF 30 ini.

Harganya sangat sangat ramah di kantong dan saya bisa menemukannya di mana-mana, termasuk di supermarket saat belanja bulanan. Senang banget menemukan produk skincare lokal yang murah tapi hasilnya bagus! Kamu salah satu penggemarnya juga? Yuk, tulis pengalamanmu di sini!

Mana yang paling kamu suka atau paling menarik perhatianmu? Selamat mencoba!