banner-detik

makeup

Makeup Lebaran: Sebelum atau Sesudah Solat Ied?

seo-img-article

Siapa sih yang nggak ingin tampil cantik saat Lebaran? Selain maksimal beribadah di bulan Ramadhan, kamu juga pasti sudah mempersiapkan baju baru, makeup, dan lain-lainnya untuk Hari Raya. Tapi, lebih enak mana ya, dandan sebelum solat Ied atau setelahnya?

Kalau saya pribadi, lebih suka makeup Lebaran yang diaplikasikan setelah solat Ied, karena nggak terburu-buru. Saat akan berangkat solat Ied biasanya saya hanya pakai skincare dan loose powder, ditambah lip tint supaya wajah nggak pucat. Setelah pulang solat barulah saya dandan lebih lengkap, menata rambut, dan ganti baju.

Baca juga: 5 Lip Tint Awet yang Cocok untuk Lebaran

Tapi tentu setiap orang kan punya kebiasaan dan manajemen waktu yang berbeda-beda. Ini tip dan trik saya buat kamu yang bingung memilih pakai makeup Lebaran sebelum atau setelah solat Ied.

MAKEUP LEBARAN 642

Sebelum solat Ied

1. Kamu harus bangun ekstra pagi. Setelah solat Subuh, kamu segera pakai skincare dan makeup, lalu usahakan wudhu-mu nggak batal sampai menjelang solat Ied.

2. Jangan lupa pakai face primer agar makeup halus, flawless dan tahan lama.

3. Pilih foundation yang awet tapi nggak bikin kulit terasa kering, karena akan dipakai seharian.

4. Meskipun kamu sudah pakai skincare, kamu bisa pilih face primer, foundation, atau powder yang punya kandungan SPF juga, karena solat Ied biasanya di area luar masjid sehingga kamu terpapar matahari cukup lama, jadi kulitmu butuh ekstra perlindungan.

5. Semprotkan makeup setting spray setelah selesai mengaplikasikan semua makeup, supaya hasilnya lebih tahan lama dan makeup nggak bergeser saat kamu di bawah terik matahari ataupun berkali-kali sujud.

Baca juga: Trik Makeup Lebaran Pakai Foundation Tahan Lama

6. Pasang eyelash extension sangat membantu mempersingkat ritual dandanmu.

7. Siapkan face blotting paper untuk dipakai setelah solat Ied ketika minyak-minyak di wajah sudah muncul.

8. Supaya lebih segar, kamu bisa semprotkan facial mist sebelum melakukan sedikit touch-up sepulang solat.

Tips dan Tutorial Makeup Millennials-4

 

Sesudah Solat Ied

1. Eyelash extension sangat membantu kamu memangkas waktu berdandan dan membuatmu terlihat lebih “hidup” meskipun nggak dandan dulu sebelum solat. Kalau kamu sekarang belum pasang, masih ada hari ini dan besok! Sebaiknya sih sudah bikin janji seminggu sebelum Hari Raya biar nggak antre.

Baca juga:  Eyelash Extension Ternyaman di JGrace Beauty

2. Cukup dengan eyelash extension, skincare dan sentuhan lip tint, kamu bisa terlihat segar saat berangkat solat Ied.

3. Dalam ritual skincare sebaiknya sunscreen nggak ketinggalan ya! Karena kamu akan solat di luar ruangan dan berada di bawah matahari cukup lama. Meskipun kamu bisa solat di dalam masjid, tetap saja sunscreen itu wajib dipakai sebelum keluar rumah.

4. Setelah solat, kamu cukup semprotkan facial mist dan kemudian makeup lengkap dari awal, mulai dari face primer, foundation, alis, area mata, pipi, dan bibir. Pilih produk yang long-lasting supaya kamu nggak perlu sering-sering touch-up. Kalau kamu merasa gerah dan ingin get ready dari bare face lagi pun nggak apa-apa. Kamu bisa membersihkan wajah lagi tanpa repot karena sebelum solat hanya pakai skincare.

Saat bertemu sanak saudara dan tetangga-tetangga di siang hari, tentu kondisi makeup Lebaranmu lebih segar kalau dilakukan sesudah solat Ied (sekitar jam 8 pagi), daripada sebelum solat Ied (sekitar jam 5 pagi).  Ya kan? Gimana menurut kamu? Ditunggu comment-nya ya! Selamat bersiap-siap menyambut Hari Raya Idul Fitri!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment