banner-detik

beauty school

Tips Bibir Sehat Saat Puasa

seo-img-article

Berpuasa tapi bibir tetap sehat dan lembap? Bisa banget, kok!

Bukan cuma badan dan kulit, bibir pun biasanya ikutan kering saat kita puasa. Tapi bukan berarti nggak ada solusinya ya. Sebenarnya kita bisa kok tetap menjalankan ibadah puasa, sambil menjaga kulit bibir agar tetap sehat, nggak kering, dan nggak pecah-pecah. Yang penting, perhatikan hal-hal di bawah ini:

perawatan bibir puasa (4)

1. Perhatikan asupan air dan makanan saat sahur dan buka

Memang selama bulan puasa, kita nggak bisa makan dan minum sewaktu-waktu. Tapi kita bisa tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita saat sahur dan buka. Usahakan untuk melakukan sahur dan buka dengan makanan yang memiliki nutrisi seimbang. Perbanyak juga asupan sayur dan buah untuk membuat bibir sehat saat puasa.

Untuk minuman, air putih minimal 2 liter perhari adalah wajib! Jadi atur saja agar tubuh kita menerima asupan air putih dengan jumlah yang cukup, selama sahur dan buka. Dan tips dari saya nih, daripada menakar dengan menghitung berapa gelas air yang sudah kita minum, akan lebih baik menyiapkan air putih sebanyak 2 liter dalam tumbler atau teko, yang harus kita habiskan saat buka dan sahur. Dengan cara tersebut, kita jadi lebih mudah mengontrol berapa banyak air yang masuk ke dalam tubuh kita.

 

2. Jangan pernah skip lip balm ber-SPF

Lip balm akan menjaga bibir kita tetap lembap seharian. Lip balm dengan SPF akan melindungi bibir dari pengaruh buruk sinar matahari, yang bisa membuat bibir semakin kering dan menggelap. Selain mengaplikasikannya di pagi hari, jangan lupa untuk selalu re-aply lip balm kita, setiap merasakan bibir mulai mengering.

3. Istirahatkan dulu matte lipstick-mu

Matte lipstick, dan terutama yang bertekstur liquid atau cream, akan membuat bibir semakin mengering. Dan sepertinya ini sugesti sih ya, tapi saya lebih sering merasa haus dan butuh air, ketika saya menggunakan matte liquid lipstick yang kering dan mencengkram bibir. Jadi saya menganjurkan, untuk mengistirahatkan dulu bibir kita dari matte lipstick selama bulan puasa.

Untuk menggantikan matte lipstick, kita bisa menggunakan coloured lip balm. Jadi bibir terlihat lebih cerah dan penampilan nggak pucat, tapi kulit bibir tetap terjaga kelembapannya. Produk coloured lip balm favorit saya ada dua, dan semuanya dari brand lokal lho! Yaitu Evete Tinted Lip Balm dan Envygreen Lipcare. Dua-duanya sama-sama punya warna yang cantik dan segar di bibir, sekaligus melembapkan bibir.

perawatan bibir puasa (7) - Copy

Atau kalau sangat-sangat harus memakai lipstik yang high coverage agar warna asli bibir tertutupi, saya lebih merekomendasikan creamy lipstick dibandingkan matte lipstick. Untuk rekomendasi lipstik yang moisturising, bisa dibaca di sini.

4. Gunakan lip scrub dan lip mask

Lip scrub berguna untuk mengikis sel kulit mati di permukaan bibir, sehingga bibir lebih halus dan sehat. Tapi sama seperti face scrub, lip scrub juga tidak boleh digunakan setiap hari, agar kulit bibir tidak over eksfoliasi dan malah menjadi iritasi. Lakukan lip scrub ini seminggu sekali atau dua kali, sesuai kebutuhan. Pilih produk lip scrub yang nggak terlalu kasar. Atau bila tidak ingin membeli produk khusus untuk lip scrub, kita bisa DIY dengan menggunakan bubuk kopi.

Baca juga: 3 DIY Skincare Menggunakan Bubuk Kopi

Lalu untuk malam hari, sebagai pengganti lip balm, kita bisa menggunakan lip mask yang teksturmnya lebih rich dan lebih melembapkan bibir. Oh iya, menurut saya, lip mask tidak apa kok digunakan setiap hari. Saya tidak merasakan efek samping saat menggunakan Laneige Lip Sleeping Mask setiap malam hari. Malahan yang saya rasakan, bibir saya terjaga kelembapannya dan teksturnya semakin halus saja.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment