banner-detik

travel

Tips Nyaman Solo Traveling ke Korea!

seo-img-article

Musim liburan sudah semakin dekat! Dua minggu lalu, saya baru saja berangkat ke Korea dan mencoba experience solo traveling yang hassle-free. Ini tipsnya!

Buat sebagian orang, solo traveling bisa terlihat intimidating. Apa lagi kalau pergi ke negara lain yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. But it also has its own perks! Berbeda dengan liburan bersama rombongan tur, saat solo traveling kita bisa mengatur sendiri itinerary dan destinasi yang ingin dikunjungi. Dua minggu lalu saya berangkat ke Korea bersama Klook untuk merasakan liburan a la solo traveler yang hassle-free alias nggak ribet!

Baca juga: 3 Tren Beauty Korea yang Akan Hits di 2019

Lokasi Hotel

Yang pertama perlu ditentukan pastinya lokasi penginapan. Ada dua lokasi favorit yang sering dipilih, yaitu Myeongdong dan Hongdae karena keduanya merupakan pusat keramaian yang serba ada. Mau belanja K-Beauty? Di sepanjang jalan saya bisa menemukan lebih dari tiga store Aritaum (bahkan di lobby hotel saya juga ada counter Aritaum!), Innisfree, dan berbagai brand mainstream lainnya. Selain itu di sini juga banyak penjaja streetfood dan toko snack. It’s really called Myeongdong Shopping Street for a reason! 

C0CD701A-F156-4EAC-81AC-FAB3C938A314

Kalau kamu lebih tertarik buat cafe-hopping dan suka K-Pop, Hongdae is the way to go. Karena ada tiga universitas populer, Hongdae jadi tempat ngumpulnya young adults. Penuh dengan cafe hip dan boutique yang jual fashion items yang lagi hits di Korea. Buat K-Popers, area ini juga menyenangkan banget karena sering ada live performance yang bisa sedikit mengobati rindu nonton konser idola sungguhan. Hahaha.

Pre-book SIM Card dan T-Money

Saat liburan, pasti ingin bisa langsung post keseruan trip kamu di medsos kan? Setelah memilih lokasi menginap, pilihan layanan internet juga harus kamu tentukan sebelum berangkat. Bisa dengan sewa wifi portable atau beli SIM Card. Saya sih lebih pilih SIM Card karena lebih praktis, nggak perlu bawa device tambahan. Sebelum berangkat, saya sudah pre-book SIM Card KT di Klook yang isinya paket data unlimited untuk lima hari (120 jam). Saat sampai di Incheon Airport, saya tinggal ke counter KT dan tunjukkin QR Code di aplikasi Klook. Et voila! You’re ready to give your followers a glimpse of Seoul!

IMG_2820

Selain SIM Card, saya pre-book juga T-Money. Konsepnya sama dengan uang elektronik di Indonesia. Dengan kartu ini, kamu bisa bayar transportasi umum maupun belanja di minimarket. Karena pre-book dari Klook, di Incheon Airport saya juga cukup mendatangi counter Klook saja. Di aplikasinya pun sudah ada detail lokasi counter di airport lengkap dengan fotonya. Jadi saya sama sekali nggak bingung mencarinya.

Baca juga: Director Pi: Skincare Guru Korea

IMG_0245

Pre-book Tiket Masuk

Siapa sih di sini yang mau menghabiskan liburannya dengan ngantre untuk beli tiket masuk? Pastinya nggak ada, kan. Apa lagi kalau solo traveling. Mengantre lama saja sudah nggak menyenangkan, ditambah lagi sendirian dan nggak punya teman ngobrol. Recipe for a bad trip banget! Makanya saya juga sudah book semua tiket masuk ke tempat rekreasi di Klook dari sebelum berangkat, terutama kalau kamu berniat datang ke tourist attraction yang sudah terkenal ramai seperti Everland dan Namsan Seoul Tower.

Saya merasakan banget sih nyamannya masuk Everland tanpa harus antre. Waktu itu saya datang di hari Selasa dan antre beli tiket masuk di Everland sudah panjang banget meskipun masih pagi. Saat pengunjung lainnya harus antre di bawah terik matahari, saya tinggal nunjukkin QR Code saja yang bahkan nggak memakan waktu lebih dari sepuluh detik!

Itu dia tiga tips yang bisa bikin liburan kamu nyaman dan hassle-free saat solo traveling ke Korea. Semoga bermanfaat ya. Annyeong! 😀

Slow Down

Please wait a moment to post another comment