banner-detik

eye treatment

6 Trik Mengatasi Mata Sembap Akibat Begadang

seo-img-article

Kamu sudah tahu beauty sleep itu perlu, tetapi tetap saja kurang istirahat saat malam? Ya, saya yakin banget hal itu cukup sering terjadi. Entah karena dikejar deadline pekerjaan, susah tidur, sampai lantaran tidak bisa berhenti menonton serial TV kesayangan di Netflix. Sayangnya, seperti yang mungkin kamu sudah cukup hafal, kebiasaan ini enggak cuma bisa bikin kulitmu terlihat kuyu namun juga mata yang terasa bengkak dan terlihat lelah. Terus, gimana cara mengatasinya kalau kamu mengalami hal tersebut sehabis begadang? Yuk, kita bahas sama-sama di sini!

1. Mengompres mata dengan es batu

Trik satu ini boleh saja terkesan sebagai cara lama. Namun, nyatanya menaruh es batu di atas mata yang sembap memang bisa memecahkan masalah ini dengan sangat efektif! Oh ya, hindari kontak langsung antara es-es tersebut dengan kulitmu. Jadi, lebih baik es batunya dibungkus dulu dengan memakai kain bersih ya! Karena suhunya rendah, tekan-tekan secara perlahan saja ke kelopak mata sampai terasa membaik.

jenis-masker-wajah-1

2. Menggunakan mentimun

Kamu pasti cukup sering mendapati metode ini di majalah atau lewat film-film. Yup, mentimun memang terkenal akan khasiatnya untuk meredakan mata yang terasa sembap dan bengkak. Thanks to caffeic acid dan juga kandungan air di dalamnya yang dapat menjadikan mata terasa lebih sejuk! Jangan lupa dinginkan dulu mentimunya di dalam kulkas sebelum diiris-iris dan diletakkan di masing-masing kelopak mata.

Baca juga: Eye Cream Terbaik Versi Member FD

 

3. Mengenakan teh celup bekas

Kalau kamu termasuk orang yang suka minum teh di pagi hari, kebetulan nih! Sisa teh celup bekas yang sudah kamu pakai sebenarnya masih bisa dimanfaatkan lagi sebagai masker untuk matamu. Oh ya, teh yang sebaiknya digunakan yaitu green tea karena kaya akan antioksidan. Zat yang terdapat pada daun teh tersebut tak hanya mampu bantu mengurangi iritasi namun juga menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata, tapi terapkan secara berkala ya!

heimish

4. Mengaplikasikan masker khusus mata

Yup, pastinya kamu bisa memanjakan diri sejenak dengan eye mask kesayangan! Caranya ya tinggal ikuti saja instruksi yang umumnya tertera pada masing-masing kemasannya. Namun ingat, biasanya kamu harus menyisihkan waktu ekstra untuk ini. Tidak banyak kok, mungkin hanya sekitar 20 menit. Sekadar rekomendasi, masker mata favorit saya adalah Glamglow Brightmud Eye Treatment yang saat dikenakan terasa seperti perawatan mewah ala spa-spa di Bali. Atau kalau nggak mau repot, kamu bisa coba juga hydrogel eye patch seperti yang dimiliki oleh Heimish.

5. Menaruh sendok dingin pada kelopak mata

Pertama-tama, masukkan sendok makan yang ujungnya terbuat dari besi ke dalam lemari es sampai dingin sebelum dikompres ke area mata. Ingat, pakai bagian bawah sendok yang permukaannya melengkung ya. Temperatur yang sejuk terbukti bisa memperbaiki tampilan mata menjadi lebih cerah.

Baca juga: Investasi Menggunakan Eye Cream Buat Usia 20 Tahun

 

3 Cara Menggunakan Concelaer Agar Bebas Creasing-2

6. Membubuhkan concealer

Last but not least, tentu saja make up dapat menjadi trik paling manjur buat mengatasi mata yang sembap. Sebisa mungkin, pilihlah concealer dengan warna yang setidaknya setingkat lebih terang dibandingkan dengan kulitmu ya! Tepuk-tepuk perlahan ke area kulit di bagian bawah mata dengan menggunakan ujung jari manis, atau spons agar tidak menimbulkan creasing. Paling bagus lagi kalau kamu mengenakan concealer yang juga mengandung SPF untuk membantu melindungi matamu dari paparan sinar matahari berlebih.

Apakah kamu punya trik sendiri buat menyiasati mata yang sembap atau puffy? Yuk, share di Comment!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment