Eyeshadow Palette Focallure yang Baru, Beneran Lebih Bagus?

Nggak suka dengan formula palette eyeshadow Focallure yang lama? Jangan khawatir, karena palette yang terbaru ada peningkatan kualitas kok!

Jujur saja, saya bukan penggemar eyeshadow palette dari Focallure. Saya dulu pernah mencoba Focallure 9 Eyeshadow Palette dan Focallure Twilight 18 Color Eyeshadow Palette. Untuk yang Focallure 9 Eyeshadow Palette, saya lumayan suka. Tapi sayangnya pilihan warnanya nggak terlalu banyak dan hanya berkisar di warna-warna natural saja, jadi saya kurang tertarik untuk membelinya lagi. Sedangkan Focallure Twilight Eyeshadow Palette, menurut saya sih kualitasnya kurang bagus.

Baca juga: Mencoba Eyeshadow Focallure Yang Lagi Hits

  focallure lama vs baru (3)

Tapi beberapa waktu yang lalu, banyak teman saya yang mengompori saya untuk membeli palette Focallure lagi. Katanya sih, kualitas eyeshadow-nya sudah jauh meningkat menjadi lebih bagus, dengan harga yang masih sama terjangkaunya. Jadi saya akhirnya tergoda juga dan membeli Focallure Endless Possibilities 30 Eyeshadow Palette.

Karena saya masih menyimpan Focallure Twilight Eyeshadow Palette, jadi saya akan membandingkannya dengan palette Focallure saya yang baru. Beneran nggak sih, kualitasnya meningkat?

Kemasan

Kalau dilihat dari segi kemasannya, memang ada peningkatan yang signifikan. Material packaging keduanya terbuat dari cardboard tebal, namun cardboard Endless Possibilities terasa lebih tebal dan kuat. Yang Twilight, tergores sedikit saja bagian pinggirannya langsung berbekas bocel, sementara yang packaging Endless Possibilities lebih tahan banting.

Lalu untuk palette Endless Possibilities, packaging-nya sudah dilengkapi dengan kaca dengan kualitas yang baik. Sementara untuk Twilight belum ada kacanya sama sekali.

Secara design, saya juga lebih suka dengan Endless Possibilities, warna kemasannya juga terlihat elegan. Untuk Twilight, warna kemasan bagian dalamnya menggunakan bahan yang berkilau dan memantulkan cahaya, namun malah terlihat murahan.

focallure lama vs baru (6)

Aroma

Sebenarnya palette-palette Focallure ini tidak bermasalah dengan aroma kok. Tapi bila dicium dari jarak dekat, Twilight terasa lebih tajam aroma kimianya. Jadi lebih seperti bau obat. Sementara Endless Possibilities juga ada aroma kimianya, tapi lebih samar-samar.

 

Formula Shimmery Eyeshadow

Banyak yang bilang kalau keunggulan eyeshadow Focallure adalah formula shimmer-nya yang sangat buttery dan pigmented. Tapi saya kurang setuju. Untuk palette yang lama atau Twilight, formula warna-warna shimmer-nya memang sangat lembut dan pigmented, tapi menurut saya terlalu lembut dan emolient. Hasilnya ketika awal-awal diaplikasikan memang terlihat sangat cantik dan hidup, namun setelah dipakai beberapa lama, eyeshadow-nya akan creasing, bergeser, dan meredup. Intinya sih, nggak tahan lama.

Nah, pada Endless Possibilities, saya mendapati warna-warna shimmer-nya nggak selembut dan se-pigmented palette lama. Namun untuk daya tahan, sedikit lebih awet dibandingkan palette yang lama. Bisa dilihat pada swatch yang saya buat, shade Ruby pada sisi Twilight terlihat lebih pigmented dan hidup dibandingkan shade Ruby pada Endless Possibilities Palette.

Baca juga: Tips Eyeshadow Nggak Creasing 12 Jam!

focallure lama vs baru (1)

Kiri: Twilight || Kanan: Endless Possibilities

Saya sendiri masih kurang puas sih dengan formula shimmer yang baru ini. Menurut saya walau pigmentasi dan kelembutan teksturnya sudah diturunkan, namun untuk daya tahannya masih tidak terlalu jauh naiknya. Meskipun ada juga shade yang kualitasnya sangat bagus, yaitu Moccha Kiss atau pojok kanan atas di palette Endless Possibilities.

Formula Matte Eyeshadow

Tapi untuk bagian warna-warna yang matte, menurut saya jauh lebih bagus formulanya daripada palette yang lama. Pada palette yang lama, warna-warna matte ini sangat kering, banyak yang patchy ketika diaplikasikan, dan nggak pigmented. Tapi pada palette Endless Possibilities, warna-warna matte-nya mempunyai tekstur yang lebih lembut, mudah di-blend, dan pigmentasinya juga jauh lebih baik.

Kalau dari swatch yang saya buat, yang paling terlihat adalah perbandingan shade Camel pada palette Twilight dengan shade Sandy Beach pada palette Endless Possibilities. Di pan, kedua shade tersebut nyaris sama warnanya, makanya saya mencoba swatch bersebelahan. Ternyata memang Sandy Beach jauh lebih baik secara tekstur maupun pigmentasinya.

Saya cukup puas dengan peningkatan kualitas dari shades yang matte. Walau ada beberapa warna yang susah dibaurkan, terutama warna-warna super gelap, namun menurut saya sih secara keseluruhan, eyeshadow dengan tekstur matte-nya punya kualitas yang bagus.

focallure lama vs baru (2)

Menggunakan Focallure Endless Possibilities Palette

focallure lama vs baru (7)

Menggunakan Focallure Twilight Eyeshadow Palette

 

Kesimpulannya

Menurut saya memang ada peningkatan kualitas dari palette Focallure ini, bila dibandingkan dengan palette-palette yang lama. Focallure Endless Possibilities Palette mempunyai kualitas produk dan kemasan yang memang lebih bagus daripada Focallure Twilight Eyeshadow Palette, terutama untuk formula matte eyeshadow-nya. Tapi jujur, saya belum tertarik untuk membeli palette Focallure lagi. Karena meskipun formulanya sudah diperbaiki, namun saya sendiri masih belum begitu puas dengan formula warna-warna shimmer-nya.

Tapi bila memang suka dengan formula eyeshadow-eyeshadow Focallure, pasti akan lebih suka lagi dengan formula eyeshadow-nya yang baru.