Tips Eyeshadow Nggak Creasing 12 Jam!

Sering ngerasa eyeshadow cepat pudar atau creasing seharian? Nah, kali ini saya punya tips ampuh bikin eyeshadow kalian awet dipakai seharian.

Nggak hanya complexion saja yang harus awet dipakai seharian, eyeshadow pun wajib awet dan bebas creasing walau pun dipakai untuk berbagai aktivitas. Apalagi, area mata kan menjadi area yang diperhatikan banget saat berkomunikasi. Tentunya kita akan merasa insecure dong, kalau eyeshadow geser, hilang atau creasing? Nah, buat kalian yang sering mengalami hal ini, berikut tips wajib diikuti supaya eyeshadow nggak gampang creasing.

Tips Eyeshadow Nggak Creasing 12 Jam!

Image source: www.toofaced.com

1. Eyeshadow primer is your BFF!

Hal pertama adalah menggunakan eyeshadow base/primer! Aturan ini wajib hukumnya untuk kalian yang memiliki kelopak mata yang oily. Eyeshadow base atau eye primer di sini fungsinya bukan hanya membuat eyeshadow lebih pigmented, tapi fungsinya untuk menahan minyak di kelopak mata.

Lalu kalau menggunakan concealer atau foundation, apakah bisa dihitung sebagai eyeshadow base? Kalau di saya yang memiliki kelopak mata super oily, pakai concealer dan foundation nggak akan ngaruh bikin eyeshadow awet seharian.  Kalau eyeshadow cream gimana?  Kalau menggunakan eyeshadow cream, saya tetap menggunakan eye primer terlebih dulu, sih. Karena biasanya kalau hanya pakai eyeshadow cream saja tanpa primer, setelah lima jam pemakian, eye shadow mulai creasing dan pudar.

Tapi kalau kamu yang kelopak matanya nggak berminyak, mau skip eyeshadow primer dan hanya menggunakan cream eyeshadow sebagai base, boleh-boleh saja kok. Tapi jangan lupa untuk tetap di-set dengan  eyeshadow powder atau translucent powder. 

Eyeshadow base seperti apa sih yang bisa dipakai? Kalau saya sih selalu mengandalkan Urban Decay dan juga Wet n Wild. Tapi kalau kalian butuh rekomendasi eye primer dari brand lokal, bisa dibaca review-nya di artikel ini Eye Shadow Base Merek Lokal Yang Bagus atau Eyeshadow Base Bagus di Bawah 10 Ribu!

warna eyeshadow natural bagus-2

2. Teknik pemakaian pun kuncian penting!

Buat teman-teman yang memiliki kelopak mata berminyak, perhatikan saat ingin mengpalikasikan eye primer. Kalau di kelopak mata sudah terlihat ada minyak sedikit, bersihkan dulu minyaknya. Membersihkannya bisa menggunakan tisu, kapas atau menggunakan jari tangan. Kalau sudah bersih baru deh, aplikasiin eye primer tadi ke mata.

Teknik kedua yang harus diperhatikan adalah jangan menggunakan eye primer terlalu banyak. Pakainya sedikit saja, sekitar sebesar biji kacang hijau, untuk diaplikasikan pada dua kelopak mata. Dan teknik terakhir,  panaskan dulu eye primer di jari dengan cara digosok-gosokan, baru diaplikasikan ke mata. Pentingnya ‘dipanaskan’ adalah, supaya eye primer mudah untuk diratakan pada kulit, khususnya untuk eye primer yang sudah berumur dua hingga tiga bulan.

Baca juga: Kenali Istilah Hasil Akhir Eyeshadow

3. Selapis bedak padat setelah primer

Tips terakhir adalah mengaplikasikan sedikit bedak padat pada area mata untuk set eye primer. Bedak di sini akan  membantu menyerap minyak berlebih yang ada pada kelopak mata kita. Selain itu, dengan menggunakan bedak di kelopak mata, juga memudahkan kita untuk blend warna eyeshadow.

Tiga tips ini mudah kan untuk dilakukan? Ini adalah tiga kuncian/pegangan pasti saya supaya eyeshadow nggak gampang creasing. Teknik ini juga sudah saya praktikkan untuk pakai makeup 12 jam dengan kondisi keringetan seharian dan terbukti eyeshadow nggak pudar atau creasing.

Selamat mencoba!