Bicara Sustainable Beauty Bersama Tyas dari Sustaination

Selamat Hari Bumi! Sudah melakukan apa saja untuk menyelamatkan planet kita? Simak obrolan saya dengan Tyas dari Sustaination!

Kamu tahu nggak kalau tanggal 22 April ditetapkan sebagai Hari Bumi? Menurut berbagai estimasi, usia planet kita ini sudah sekitar 4,5 milyar tahun! Semakin lama tentu saja sudah semakin banyak kerusakan yang terjadi, terutama akibat menumpuknya sampah. Bahkan menurut sebuah artikel The Washington Post, di tahun 2050 akan ada lebih banyak sampah plastik di lautan dibandingkan ikan. Sedih banget ya mendengarnya karena 30 tahun lagi itu bukan waktu yang lama lho. 

Saat ini memang sudah banyak sekali gerakan-gerakan to slow down the inevitable seperti climate strikes yang rutin diadakan di berbagai belahan dunia. Tapi tentu saja demonstrasi semacam ini nggak akan memberi impact besar kalau kita sendiri nggak melakukan usaha yang nyata untuk mengurangi sampah. It all begins at home. Itu pun yang dilakukan oleh Tyas, Founder Sustaination. Simak obrolan kami tentang memilah sampah dan sustainable beauty berikut.


View this post on Instagram

Living zerowaste lifestyle doesn’t mean you throw away all your disposables right away and buy all new fancy and expensive things! . You could always start by looking around from what you have and making your own DIY projects. You could also start from one simple thing by refusing single-use plastics or bring your own water bottle! . If each one of us do one small thing to reduce our plastics usage, together we could make great impact! . Who’s agree with us? Tag us to support your zerowaste journey! #sustaination . #zerowaste #zerowasteindonesia #indonesiazerowaste #lesswaste #sustainable #sustainableliving #livinglowimpact #livingzerowaste #zerowasteliving #zerowastefashion #zerowastehome #ecofriendly #ecofriendlyfashion #ecofriendlyfashion #plasticfree #dietkantongplastik #waste4change #zerowastecollective #environmentalist #environment #saveourplanet #noplastic #zerowastelifestyle #saveocean

A post shared by Sustaination (@sustaination) on

Selama menjalani zero-waste lifestyle sejak tahun 2014, tantangan apa saja sih yang dihadapi?

“Sebetulnya kalau benar-benar “zero” aku nggak pernah, tapi memutuskan untuk mengurangi sampah memang sudah dari tahun 2014. Dimulai dari bawa botol, bawa bekal, tas, dan dine in saja. Saat itu belum zamannya sedotan stainless itu. Nah, yang benar-benar reduce banget itu tahun 2018. Aku audit sampah dan belajar hal-hal lain seperti mengompos, bikin eco-enzyme, dan sebagainya. Challenge-nya sebenarnya adalah mencari informasi karena banyak hal yang kita nggak tahu kalau itu terbuat dari plastik, misalnya seperti microbeads yang ada di kosmetik dan produk-produk personal care. Kalau ini, informasinya ada hanya saja masalahnya kita mau atau nggak mencari tahu dan belajar. Jadi sampai saat ini pun challenge terbesarnya adalah diri sendiri buat mencari tahu. Kita harus banyak ngobrol sama orang yang lebih tahu juga.”

Untuk yang masih bingung harus mulai dari mana, bagaimana cara paling mudah untuk mulai zero-waste lifestyle?

“Buat yang bingung, nggak usah bingung. Hahaha. Yang penting mulai aja dulu. Cara paling gampang itu ya menolak dan menghindari saja karena kalau kita bisa menghindari dan menolak barang-barang yang berpotensi untuk jadi sampah, kita jadi nggal nyampah. Mulai dari menolak sedotan, kresek, menghindari air minum dalam kemasan, snack berkemasan, jajan pakai aplikasi. Selain itu kita juga bisa mulai dari memperhatikan sampah kita paling banyak apa. Dari situ sebetulnya kita bisa tahu mana yang perlu dikurangi dan dihindari. Kalau aku dulu banyaknya snack nggak jelas gitu karena suka jajan. Jadi itu yang aku kurangi dan sisanya pasti organik dan bisa dikompos.”

Saat ini di Indonesia kan beauty industry sedang berkembang pesat. Bisa hampir setiap hari ada beauty influencer yang unboxing PR package dari beauty brands. Secara nggak langsung juga jadi banyak item yang akan berujung di TPA.  Since beauty influencer ini sudah jadi mata pencaharian utama banyak orang, bagaimana cara meminimalkan waste-nya?

“Aduh iya masalah beauty products ini nggak cuma waste-nya sebetulnya (yang nggak sustainable), tapi juga bahan-bahan yang digunakan dalam produk beauty konvensional itu kebanyakan dari non renewable resources kayak dari senyawa-senyawa turunan minyak bumi. Itu yang bikin sedih juga sih sebetulnya, ya. Kalau sudah jadi pekerjaan mungkin ini beberapa rekomendasiku:

  • Beauty influencer ini selain promote produk konvensional bisa lebih berat juga promote clean beauty jadi yang bahan-bahannya itu bukan turunan minyak bumi, nggak pakai bahan kimia berbahaya dan nggak ada mikroplastiknya juga.

 

  • Bisa rekomendasikan untuk pilih brand yang terima kembali kemasannya, seperti The Body Shop dan Sensatia Botanicals. Setahuku BLP Beauty sedang mengusahakan untuk program kayak gini juga.

 

  • Bikin tren pakai beauty products sampai habis atau sampai rusak! Jangan beli karena pingin, tapi beli karena butuh. Lalu kalau sudah habis, kemasannya didaur ulang misalnya ke bank sampah terdekat. Di Jakarta bisa ke Waste4Change. Aku pernah nonton salah satu beauty Youtuber Indonesia, dia punya buanyak banget kuas tapi ternyata yang dipake cuman 5 biji..”

View this post on Instagram

Salah satu swap ke arah zero waste yang sussaaaaaah banget adalah body lotion. . Susah karena tipe kulitku lumayan suka kering sampai gatel-gatel ????. Selain udara, makanan, dan minum air yang cukup, pemilihan sabun dan lotion yang tepat juga menentukan kondisi kulitku. Solid lotion dari Segara naturals ini bisa dipakai untuk sehari-hari. . Teksturnya ringan tapi melembabkan karena ada kandungan minyak kamomil, roseship yang mengandung vit. A dan antioksidan juga shea butter yang bagus bangeeet buat kulit! Pakai cukup dikiiiit ajah udah lembab ???? . WHY I LOVE THIS LOTION ☘#BLUEBEAUTYID ☘LOCALLY MADE ☘NO FRAGRANCE – only essential oils ☘NO PALM OIL ☘NO FOSSIL FUEL DERIVATIVES ☘100% PLASTIC FREE Sudah available yah di www.sustaination.id ???? Kalau kamu pakai apaa buat pengganti lotion? . #sustaination #zerowaste #zerowasteindonesia #lesswaste #wasteless #lowwaste #naturalbeauty #naturalskincare #zerowastejourney #lowimpact #lowimpactmovement #sustainablelifestyle #sustainable #sustainableliving #sustainablelife #ecofriendly #ecoliving #zerowastejourney #lowwastejourney #plasticfree #breakfreefromplastic #consciousliving #bodybutter #naturalskincare #greenbeauty #compostableitems #zerowastebeauty #solidlotion #soliotionindonesia

A post shared by Sustaination (@sustaination) on

Last but not least, what are your favorite Blue Beauty products?

“Aduh semuanya aku suka banget! Hahaha. Tapi paling suka dan aku pakai on a daily basis itu vegan deodorant, shampoo bar, dan solid perfume sih. Itu best products yang menurut aku oke banget.”