banner-detik

body love

Apakah Pembalut dengan Sensasi Dingin Aman untuk Vagina?

seo-img-article

Belakangan ini, pembalut dengan sensasi dingin mulai banyak dijual! Sebenarnya, pembalut tersebut baik nggak sih, untuk kesehatan vagina?

Beberapa tahun ke belakang, mulai banyak brand pembalut yang meluncurkan produk baru berupa pembalut dengan sensasi dingin. Nah, pembalut tersebut punya beberapa klaim seperti mengurangi rasa gatal dan mengindari lembap di area vagina ketika sedang menstruasi. Namun, karena inovasi ini masih termasuk sebagai hal baru, nggak sedikit juga yang mempertanyakan apakah produk tersebut aman dipakai dan nggak memberi efek samping untuk kesehatan vagina?

Baca juga: Ini 7 Jenis Aroma Vagina dan Penyebabnya yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat pembalut cooling sensation

Pembalut sensasi dingin

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis pembalut yang satu ini, yuk ketahui manfaatnya dulu!

Memberikan rasa sejuk

Biasanya, pembalut dengan cooling sensation mengandung herbal mint atau bahan lain yang bisa menghasilkan sensasi dingin tersebut. Makanya, ketika kamu pakai pembalut tersebut akan terasa sejuk dan nggak panas atau lembap. Hal ini juga jadi kelebihan dari pembalut cooling sensation, karena biasanya produksi keringat di area sekitar vagina akan meningkat ketika kamu duduk berjam-jam. Alhasil, area vagina akan lebih lembap dan terasa gerah. Jadi, menggunakan pembalut cooling sensation bisa menjaga daerah tersebut tetap kering dan lebih sejuk.

Baca juga: 4 Mitos tentang Menstruasi yang Sering Dipercaya! Seperti Apa Faktanya?

Mengurangi rasa gatal

Ketika kamu sedang menstruasi, rasa gatal di area vagina akan meningkat. Oleh karena itu, pembalut dengan sensasi dingin bisa mengurangi rasa gatal dan membuat kamu lebih nyaman ketika beraktivitas. Nah, kenapa begitu? Sebenarnya hal ini mirip juga dengan kondisi gatal di kulit. Ketika kamu mengalami gatal di kulit, maka gel atau salep yang digunakan biasanya terasa dingin, sehingga rasa gatal bisa berkurang.

Baca juga: Kupas Tuntas Soal Menopause dengan Ahlinya! Apa yang Harus Dipersiapkan?

Jadi, sebenarnya aman nggak sih untuk vagina?

Pembalut sensasi dingin

Karena penasaran dengan hal ini, saya akhirnya bertanya pada dr. Kathleen Juanita Gunawan Soenario, Sp.OG dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk. Menurut beliau, selama pembalut tersebut nggak menimbulkan iritasi ketika dipakai, maka hal itu nggak apa-apa. Tapi, kamu tetap harus sering menggantinya. Sebaiknya, pembalut juga nggak terlalu banyak mengandung bahan-bahan tambahan yang bisa mengubah suasana vagina dan menyebabkan iritasi, ya. Pada intinya, kamu perlu memilih pembalut dengan bahan yang bisa menyerap darah dengan baik, nggak menimbulkan iritasi, dan tentunya wajib sering mengganti pembalut!

Itu dia fakta mengenai pemakaian pembalut cooling sensation. Jadi, balik lagi ke kondisi kulit area vaginamu, ya. Kalau memang nggak iritasi ketika pakai jenis pembalut tersebut, maka kamu bisa tetap memakainya. Tapi, kalau kulit area vagina justru terasa gatal, perih, atau semacamnya, maka kamu bisa stop menggunakan pembalut tersebut dan berkonsultasi dengan dokter!

 

Image: iStock, Dok. Pribadi Dokter

Slow Down

Please wait a moment to post another comment