4 Produk Makeup yang Multifungsi

Awalnya produk-produk ini hanya digunakan saat traveling, agar praktis. Tapi ternyata hasilnya lebih bagus ketimbang memakai produk yang memilki fungsi sesungguhnya.

Saat traveling, kadang kita harus memangkas bawaan makeup agar tidak terlalu berat. Maka dari itu produk-produk makeup yang multifungsi sangat dibutuhkan. Saya sendiri juga berusaha membawa peralatan makeup seminim mungkin saat traveling.

Gara-gara saya nggak bawa satu produk makeup saat traveling, akhirnya jadi coba-coba menggunakan produk makeup lainnya yang bukan seharusnya digunakan untuk hal tersebut. Eh, akhirnya saya malah jadi ketagihan! Karena ternyata, beberapa produk tersebut malah bekerja lebih baik di kulit saya, dibanding ketika saya menggunakan produk yang seharusnya. Jadi akhirnya saya terbiasa menggunakan produk-produk ini untuk daily makeup saya. Kalau kata teman saya sih, saya jadi suka “malpraktek” untuk urusan memakai makeup ini :D.

Baca juga: Tiga Produk Multifungsi Untuk Makeup Natural

IMG_4401

1. Eyebrow Powder untuk shading hidung

Sebenarnya saya tidak terlalu suka menggunakan produk eyebrow powder untuk alis, karena menurut saya hasilnya malah kurang natural dan kurang bisa menyerupai rambut alis alami dibandingkan dengan produk berbentuk pensil. Tapi, saya suka menggunakan eyebrow powder untuk shading hidung. Eyebrow powder yang saya gunakan adalah Emina Top Secret Eyebrow. Saya menggunakan warna cokelat muda dari palet itu tipis-tipis saja untuk shading tulang hidung.

Warna produk alis saya yang cokelat keabu-abuan, menurut saya pas sekali untuk menciptakan ilusi bayangan pada area tulang hidung. Bahkan, kalau menurut saya menggunakan eyebrow powder ini, hasilnya jauh lebih tahan lama bila dibandingkan menggunakan produk shading powder biasa.

Kelemahan menggunakan eyebrow powder untuk shading adalah produk ini terlalu pigmented bila digunakan sebagai shading, dan susah dibaurkan. Jadi kurang saya rekomendasikan kalau kamu sedang buru-buru makeup. Tapi kalau sedang banyak waktu untuk blending, dan butuh shading hidung yang tahan seharian, bisa mencoba trik ini.

Tips Pakai Liquid Lipstick untuk Blush On-2

2. Matte Lip Cream untuk Cream Blush

Trik menggunakan lipstik untuk cream blush pasti udah banyak banget yang tahu. Nah, kalau buat saya pakai matte lip cream hasilnya jauh lebih bagus, awet, dan mudah dibaurkan dibandingkan menggunakan lipstik biasa. Kalau saya suka memilih lip cream yang teksturnya cenderung creamy (nggak terlalu encer) dengan finish yang sedikit powdery, misalnya Lakme 9to5 Weightless Matte Mouse, Brunbrun Melted Matte Lip Color, dan Zoya Lip Paint.

Menggunakan matte lip cream sebagai blush on, hasilnya jauh lebih awet dibandingkan menggunakan produk cream blush. Selama seharian penuh, dari pagi sampai malam, blush yang saya pakai masih tetap on dan nggak perlu touch up sama sekali. Selain itu, saya jadi lebih mudah menyesuaikan warna lipstik yang saya pakai dengan warna blush-nya.

Tapi hati-hati bila ingin menggunakan trik ini ya, karena mungkin ada yang kulitnya terlalu sensitif dan acne prone. Bagaimana pun juga, produk lipstik tentunya diformulasikan untuk pemakaian di bibir, bukan di kulit wajah yang lain. Jadi sebaiknya tes patch dulu di daerah yang tidak terlihat.

43474023_148077619498577_3635863011573214381_n

Image: Dok. LT Pro

 

3. Cream Foundation untuk Concealer

Saya punya produk andalan untuk menutupi jerawat atau bekas jerawat saya, yaitu LT Pro Smooth Corector Cream Foundation. Produk ini mampu menutup noda-noda di wajah saya dengan baik, bahkan daya cover-nya lebih bagus daripada semua concealer yang pernah saya coba. Kelebihan lainnya, LT Pro Smooth Corector Cream Foundation ini sangat mudah dibaurkan dan nggak cracking di kulit kering saya. Saya pernah mencoba produk cream concealer, produk tersebut susah sekali dibaurkan dan lama-kelamaan malah jadi cracking.

Sejauh ini, saya sih sangat puas menggunakan LT Pro Smooth Corector Cream Foundation ini sebagai spot concealer, dan belum menemukan sisi kekurangannya.

 Baca juga: Tips Ampuh Mengatasi Hidung Berminyak

4. Eyeshadow Primer untuk Face Primer di area-area yang sangat berminyak.

Pernah mengalami foundation di hidung lebih cepat faded karena area tersebut sangat berminyak? Coba trik ini, deh! Oleskan sedikit saja eyeshadow primer ke area hidung yang berminyak, sebelum menggunakan foundation. Cara ini sudah saya uji cobakan ke wajah beberapa orang teman yang memiliki jenis kulit super oily, dan berhasil!

Nah, kalau buat kamu, produk makeup apa sih yang paling berhasil untuk menggantikan fungsi dari