ic-fd

4 Alasan Kenapa Film ‘Kuasa Gelap’ Menarik untuk Ditonton!

entertainment
author

diaan_acil・08 Oct 2024

detail-thumb

Ada yang baru untuk pencinta film horor Indonesia. Jangan sampai kelewatan nonton ‘Kuasa Gelap’ di bioskop!

Telah rilis film horor Indonesia terbaru, berjudul ‘Kuasa Gelap’. Salah satu film horor yang mengangkat tema eksorsisme yang mendebarkan. Disutradarai oleh Bobby Prasetyo, film ini mengisahkan tentang anak perempuan yang dirasuki kekuatan jahat yang misterius. Adegan menarik di film ini terdapat pada proses ritual pengusiran setan yang merupakan adaptasi dari kisah nyata. Jika kamu terbiasa nonton horor komedi, jangan berharap ada kelucuan di film ini karena setiap adegan penuh peristiwa mencekam!

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Film ‘Home Sweet Loan’ Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Diangkat dari kisah nyata

Nampaknya saat ini sebuah seni akan lebih menarik jika berawal dari kisah nyata. Apalagi jika ceritanya adalah horor. Sebuah fenomena menarik yang menyeramkan tapi bikin penasaran. Film ini terinspirasi dari pengalaman pastor eksorsisme di Jawa Tengah. Jika sebagian besar film horor Indonesia lekat dengan budaya islami, kali ini ‘Kuasa Gelap’ membawa tema baru yang jarang diangkat ke film Indonesia, yaitu dengan mengangkat tema eksorsisme dengan latar agama Katolik.

Melalui proses izin yang panjang

kuasa gelap

Setiap mengangkat kisah nyata, pasti memerlukan izin yang bersangkutan. Di tahun 2018, ketika produser Robert Ronny membaca berita tentang pastor di Jawa Tengah yang rutin melakukan eksorsisme, ia langsung menggali informasi pastor tersebut. Bukan upaya yang mudah, setelah dua tahun berusaha untuk meminta izin, akhirnya mendapat restu dari gereja Katolik untuk melakukan syuting. Menurut Robert, ia menemukan beberapa kasus dan di film ini adalah kasus yang paling menarik yang ditemukan di antaranya.

Kerja keras Lukman Sardi

kuasa gelap lukman sardi

Salah satu tantangan Lukman Sardi yang berperan sebagai Pastor Rendra adalah melafalkan bahasa Latin dan praktik ritual eksorsisme. Ia mengatakan jika banyak hal yang harus dilakukan seorang Romo. Untungnya, ada Romo asli yang mendampinginya. Meskipun begitu, tetap saja setiap langkah yang diambil nggak boleh salah. Mulai dari penempatan salib, pemakaian stola, dan lain-lainnya.

Berlatih untuk dapatkan peran yang maksimal

Untuk menciptakan karakter yang terasa seperti sungguhan, beberapa pemain banyak belajar dari yang sudah berpengalaman. Seperti Jerome Kurnia yang berperan sebagai Romo Thomas. Ia mengatakan jika persiapan untuk film ini melibatkan Romo berpengalaman. Ia juga mengaku, kalau ada workshop yang dilakukan berhari-hari, termasuk melihat proses eksorsisme yang nyata di depan mata.

Baca juga: Terpilih Sebagai Brand Ambassador L’Oréal, Sunghoon ENHYPEN Bersanding dengan Han So Hee

Itulah beberapa alasan dan fakta menarik seputar film horor yang telah sukses meraup perhatian penonton di Indonesia. Bagi kamu yang penasaran, film ini sudah tayang di seluruh bioskop terdekat kamu ya!

 

Image: Paragon Pictures

Edited by Rahajeng Prandiena