ic-fd

Waspada, Girls! Ini Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Menopause Sebelum Usia 40-an

health wellness
author

annedean・31 Jul 2024

detail-thumb

Menopause terjadi di usia 30-an? Ini beberapa lifestyle yang bisa memengaruhinya.

Menopause adalah sebuah fase yang menandakan berhentinya siklus menstruasi seseorang. Ada banyak perubahan pada tubuh perempuan yang terjadi ketika memasuki fase ini, utamanya adalah proses reproduksi yang berakhir. Nah, kebanyakan perempuan mengalami menopause di usia 45-55 tahun, namun nggak menutup kemungkinan kalau fase menopause juga bisa terjadi lebih awal.

Dilansir dari artikel Kemkes, ada hasil penelitian Tiziana Leone dkk. yang menunjukkan bahwa tingkat menopause dini dan prematur paling tinggi terjadi di Asia Selatan dan Asia Tenggara dengan masing-masing sebesar 2,7 persen dan 4,5 persen.

Baca juga: Kupas Tuntas Soal Menopause dengan Ahlinya! Apa yang Harus Dipersiapkan?

Kapan menopause dianggap prematur?

Ada dua hal yang bisa terjadi, yaitu menopause dini dan menopause prematur. Seseorang dikatakan mengalami menopause dini di usia 40-44 tahun dan prematur terjadi bahkan di usia lebih muda dari 40 tahun. So, yes, di beberapa kasus, reproduksi perempuan bisa berhenti di usia 30-an.

dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG (K) mengatakan kalau menopause dini disebabkan karena beberapa hal, misalnya ada hal yang menghambat ovarium memproduksi hormon, ketidakberfungsian ovarium, penyakit autoimun, serta kalau orang tersebut terpapar radiasi atau sedang menjalani chemotherapy.

Selain itu, lifestyle yang buruk juga bisa menyebabkan menopause datang lebih cepat. Apa saja?

Merokok

menyebabkan menopause dini

Merokok dapat meningkatkan risiko lebih dari 50 masalah kesehatan. Kebiasaan merokok dapat memengaruhi produksi estrogen dan jadi salah satu faktor penyebab menopause dini atau prematur. Beberapa riset menemukan bahwa perokok aktif dan orang yang merokok dalam jangka waktu panjang memiliki kecenderungan untk mengalami menopause lebih awal. Menurut studinya bisa satu hingga dua tahun lebih dulu dari pada non-perokok. Selain mulai lebih awal, perokok juga bisa mengalami hot flushes lebih sering dan intens

BMI dan pola makan

Banyak studi menemukan bahwa BMI (Body Mass Index) merupakan faktor yang menyebabkan menopause datang sebelum usia 40 tahun. Ini disebabkan oleh kadar estrogen yang disimpan dalam jaringan lemak apabila sesorang itu underweight. Ditemukan juga bahwa perempuan dengan diet vegetarian ketat, yang kurang olahraga, dan kurang terkena paparan matahari juga bisa mengalami menopause dini. Sebaliknya, pada perempuan yang obesitas, menopause justru datang di atas range usia yang seharusnya.

Baca juga: Sederet Mitos Tentang Menopause: Apakah Semua Perempuan Mengalami Hal yang Sama?

Hitting menopause is inevitable, tapi waktu datang dan intensitas gejalanya bisa diantisipasi dengan menjalankan gaya hidup sehat. Jangan tunggu terlambat, ya!

Images: iStock