ic-fd

Polusi Udara Bikin Kulit Kusam dan Kering? Ini 3 Hal yang Wajib Kamu Lakukan! 

skincare
author

salmanrh・24 Jul 2024

detail-thumb

Belakangan ini, tingkat polusi udara memang lagi tinggi. Jadi, kamu harus lebih telaten dalam menjaga kulit agar nggak kusam dan kering!

Yup, isu tentang polusi udara memang nggak ada hentinya. Sampai detik ini, tingkat polusi udara di beberapa kota di Indonesia masih saja tinggi. Alhasil, bukan cuma kesehatan tubuh saja yang terganggu, tetapi kesehatan kulit pun terganggu. Efek yang bisa terjadi akibat paparan polusi udara misalnya kulit kering karena kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum bisa terganggu. Nggak hanya itu saja, kolagen yang ada di kulit juga bisa rusak, sehingga menyebabkan kulit cenderung kasar dan kusam. Supaya kulit kamu tetap sehat, ini dia tiga hal yang wajib dilakukan!

Baca juga: Kenalan dengan Salicylic Acid, Ingredient yang Jago untuk Atasi Jerawat!

Membersihkan kulit secara teratur

skincare untuk atasi bahaya polusi udara

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah membersihkan kulit secara teratur! Kamu bisa menggunakan first cleanser terlebih dahulu seperti micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil, agar bisa mengangkat sisa debu, kotoran, dan polusi yang menempel. Kemudian, lanjut mencuci muka dengan face wash yang nggak bikin kulit ketarik, ya! Hal ini wajib dilakukan supaya nggak ada sisa polusi yang tertinggal di kulit dan bisa menyumbat pori-porimu.

Pakai moisturizer yang menghidrasi kulit

skincare untuk atasi kulit kusam

Selanjutnya, kamu nggak boleh sampai lupa untuk pakai moisturizer! Seperti yang saya katakan sebelumnya, polusi udara bisa membuat kulit jadi kasar dan kusam, makanya pelembap sangat penting untuk kamu gunakan. Supaya kulit tetap terhidrasi dengan baik, kamu bisa memilih moisturizer yang punya kemampuan melembapkan secara penuh seperti Garnier Bright Complete Vitamin C Water Gel. Moisturizer Garnier ini diklaim bisa melembapkan kulit selama 48 jam, tanpa bikin kulit terasa berat karena formulanya ringan, cepat menyerap, dan nggak lengket.

skincare untuk atasi kulit kusam

Selain itu, ada juga sederet ingredients yang baik untuk menjaga kulit tetap sehat, seperti vitamin C untuk menangkal radikal bebas, superfruit lemon untuk mencerahkan kulit, niacinamide untuk merawat kulit yang kusam, serta hyaluronic acid yang menghidrasi kulit secara maksimal. Oh iya, kamu wajib pakai moisturizer pada saat pagi dan malam hari, ya!

Baca juga: So Stunning! Inilah Potret Salshabilla Adriani saat Resepsi di Bali!

Rutin pakai sunscreen

skincare untuk atasi kulit kusam

Sudah tahu kan, kalau polusi udara dan paparan sinar UV bisa merusak kulit kamu? Oleh karena itu, sunscreen nggak boleh di-skip sama sekali! Kamu perlu pakai sunscreen ketika pergi ke luar atau saat berada di dalam ruangan. Jadi, kulit akan tetap terproteksi dan terhindar dari bahaya polusi udara.

Baca juga: 5 Face Wash ini Bikin Kulit Usia 40-an Tetap Lembap Setelah Cuci Muka

Yes, itu dia tiga hal yang wajib dilakukan agar kulit nggak kering dan kusam setelah terpapar polusi udara! Dari ketiganya, mana nih yang sudah rutin kamu lakukan? Comment, ya!

 

Image: Dok. Brands, iStock