banner-detik

health wellness

Bikin Perut Nyaman, Ini Tips Sarapan Sehat untuk Penderita Asam Lambung!

seo-img-article

Kalau kamu penderita penyakit asam lambung, maka waktu makan dan menu makananmu harus diperhatikan lebih baik, lho!

Asam lambung diproduksi oleh kelenjar di dinding lambung dan membantu dalam pencernaan makanan dengan mencerna protein dan membunuh bakteri. PH asam lambung berkisar antara 1,5 – 3,5, sangat asam untuk membantu proses pencernaan kita. Asam lambung membantu memecah makanan sehingga nutrisi bisa diserap tubuh lebih efisien.

Nah, penyakit yang sering dialami banyak orang ini disebabkan karena terjadi ketidakseimbangan asam lambung. Ketidakseimbangan tersebut bisa menyebabkan gangguan seperti GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau refluks asam.

Kalau sudah ada gangguan, maka akan berbahaya, lho. Bukan cuma rasa perih dan panas di dada dan perut, biasanya juga ada rasa pahit dan asam yang muncul di tenggorokan. Kamu juga akan merasa mual terus-menerus, hingga muntah, atau terasa kesulitan menelan makanan. Jadi, jangan sampai terlambat, yuk perhatikan pola makanmu lebih baik lagi!

Female Daily punya beberapa tips sarapan yang sehat agar perutmu nyaman dan kamu terhindar dari penyakit GERD. Simak di bawah ini, ya!

Konsumsi putih telur

Sarapan untuk penderita asam lambung

Selain sehat karena tinggi protein, putih telur juga mengenyangkan dan bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk masakan. Contohnya, direbus, dijadikan sup, dijadikan sandwich, dan sebagainya. Untuk kuning telur bisa dihindari ya, karena mengandung lemak cukup tinggi yang dapat memicu GERD.

Pisang bisa diandalkan

Sarapan untuk penderita asam lambung

Sebaiknya, kamu hindari buah-buahan yang asam seperti keluarga citrus, mulai dari jeruk hingga lemon. Pilih buah yang aman untuk penderita asam lambung, seperti pisang, karena bisa menurunkan kadar asam lambung dan mencegah gejalanya. Kamu bisa makan secara langsung, dibuat smoothie, dicampur granola atau sereal, atau dalam bentuk banana cake.

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengurangi Makanan dan Minuman Manis!

Campur yogurt dengan sereal dan buah

Yogurt banyak dihindari, karena dianggap memiliki rasa yang asam. Padahal, yogurt justru baik bagi pencernaan dan penderita asam lambung karena sudah difermentasi. Kamu bisa konsumsi yogurt yang dicampur dengan sereal atau biji-bijian, dan buah yang rendah asam seperti pisang. Bukan cuma untuk sarapan, menu ini juga bisa jadi snack atau selingan di antara jam makan siang ke makan malam.

Baca juga: 5 Resep Sarapan Sehat Anti-Ribet, Cocok untuk Kamu yang Sibuk!

Hindari kopi sebelum makan

Sarapan untuk penderita asam lambung

Untuk mencegah gejala GERD yang muncul, batasi asupan kopi. Sebaiknya, jangan minum lebih dari 2 cangkir dalam sehari. Bila kamu memang harus minum kopi di pagi hari, sebaiknya sudah sarapan dulu, jadi tidak dalam kondisi perut kosong.

Oatmeal yang mengenyangkan

Sarapan untuk penderita asam lambung

Oatmeal kerap menjadi pilihan sarapan yang lebih sehat, karena kaya akan serat dan bikin kenyang lebih lama. Ternyata bukan cuma itu, oatmeal juga bisa bekerja menyerap asam lambung berlebih, sehingga lebih nyaman untuk perutmu.

Baca juga: Raih Kulit Sehat dari Dalam, Ini 5 Resep Smoothie yang Bisa Kamu Coba!

Selain makan tepat waktu dan menerapkan 5 tips di atas untuk sarapan, jangan lupa kontrol kadar stres kamu juga, ya! Itu karena stres juga bisa meningkatkan produksi asam lambung dan bisa memicu penyakit lainnya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment