banner-detik

lifestyle

Ini 3 Pameran Seni yang Bisa Kamu Kunjungi di Bulan Juni!

seo-img-article

Sambut libur panjang, inilah beberapa pameran seni yang nggak banyak orang tahu tapi layak kamu kunjungi! 

Di musim libur lebaran Idul Adha, siapa yang punya banyak waktu luang bersama keluarga? Mungkin sebagian dari kamu bisa menghabiskan sisa liburan dengan kegiatan produktif, seperti menghampiri pameran seni yang ada di Jakarta. Pameran yang dihadirkan nggak hanya ada karya seni yang menakjubkan, tetapi juga menawarkan pengalaman budaya yang mendalam dan inspiratif. 

Baca juga: 10 Spot Instagramable di New Zealand yang Wajib Masuk Bucket List!

Pameran Tiga Sisi

pameran seni jakarta

Pameran “TIGA SISI: Jelajah dan Media menampilkan karya-karya dari tiga perempuan perupa: Ayu Arista Murti, Endang Lestari, dan Theresia Agustina Sitompul. Diselenggarakan di Gedung A Galeri Nasional Indonesia dari tanggal 14 Juni hingga 4 Juli 2024, para pengunjung dapat menyaksikan karya dari hasil penjelajahan pemikiran, pengendapan batin, serta eksplorasi bentuk dan teknik yang telah dilakukan oleh tiga perempuan perupa selama satu dekade terakhir. 

Nggak cuma berisikan pameran karya-karya yang menarik, Pameran “TIGA SISI: Jelajah dan Media” juga mengajak pengunjung untuk mengarungi proses kreatif yang panjang dan penuh tantangan, serta memperlihatkan dedikasi para seniman terhadap seni dan inovasi media. Untuk para pecinta seni, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan hasil eksplorasi mendalam dari tiga perempuan perupa di Galeri Nasional Indonesia.

Baca juga: 5 Produk Kecantikan yang Wajib Kamu Bawa Saat Liburan Musim Panas!

Pameran Lukisan Komunitas Perupa Kota Tua ‘ARTCHIPELAGO’ 

Diselenggarakan oleh Komunitas Perupa Kota Tua dan Museum Basoeki Abdullah, pameran lukisan yang mengangkat tema “ARTCHIPELAGO” mencerminkan semangat kebersamaan dan kebhinekaan dalam konteks global, mengambil inspirasi dari karakteristik Indonesia sebagai negara kepulauan dan menggarisbawahi pentingnya melestarikan seni dan budaya serta kerja sama global di Nusantara. 

Pameran Lukisan Komunitas Perupa Kota Tua “ARTCHIPELAGO” akan digelar di Ruang Pameran Temporer, Museum Basoeki Abdullah, mulai tanggal 14 hingga 30 Juni 2024. Selain itu menyuguhkan koleksi dan karya seni yang menarik, pameran ini juga akan diisi dengan berbagai aktivitas menarik lainnya seperti pelatihan kreasi media bekas pakai dan sesi diskusi tentang peran seni di Wawasan Kepulauan Nusantara. 

Pameran Arsip Benyamin Sueb ‘Biang Kerok’ 

pameran seni

Untuk mengenang dan menghargai kontribusi besar Bang Ben dalam musik, film, dan budaya Betawi, Yayasan Irama Nusantara dan Yayasan Benyamin Suaeb dengan dukungan Dana Indonesiana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyelenggarakan Pameran Arsip Benyamin Sueb “Biang Kerok” mulai 2 Juni hingga 14 Juli 2024 di Museum Kebangkitan Nasional. 

Pameran Pameran Arsip Benyamin Sueb “Biang Kerok” menampilkan karya-karya Bang Ben yang ikonik dan relevan hingga kini, sehingga pameran ini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati karya seni di masa lampau, tetapi juga menjadi ruang nostalgia bagi publik yang tumbuh bersama dengan karya-karya besar Bang Ben. Berbagai kegiatan menarik juga akan diadakan, seperti talk show bertema “Gaya Betawi, Funky in Kromong!”, pertunjukan musik kolaboratif, penayangan film, dan lokakarya, yang dirancang untuk membangkitkan kembali apresiasi terhadap karya-karya Bang Ben. Bagi yang ingin bernostalgia dengan karya-karya Bang Ben serta memahami lebih dalam warisan seni dan budaya Betawi, pameran ini adalah kesempatan yang nggak boleh dilewatkan.

Baca juga: Aktivitas Mindful yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Cuti Bersama Idul Adha

Itulah beberapa pameran seni yang bisa kamu kunjungi selama bulan Juni. Apakah tertarik untuk melihat salah satunya? 

 

Image: dok. Museum, freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment