banner-detik

lifestyle

Ini 3 Museum Sejarah yang Bisa Jadi Destinasi Bareng Bestie atau Pasangan!

seo-img-article

Bosan jalan-jalan di mall? Mungkin jalan-jalan di museum sejarah bisa perluas wawasan kamu! 

Selain gallery-date, museum date juga bisa jadi pilihan untuk jalan bareng pasangan atau bestie! Supaya lifestyle imbang dengan edukasi, nggak sedikit beberapa pasangan maupun kelompok pertemanan yang memilih museum sejarah sebagai destinasi bepergiannya. Di Jakarta sendiri ada beberapa destinasi museum sejarah yang bisa kamu kunjungi. Bagi yang suka sejarah, perjalanan ini bisa menyenangkan kamu, lho! 

Baca juga: Kim Soo Hyun Main ke Sentul! Ini Detail Harga untuk Tur ‘EYES ON YOU’

Museum Kebangkitan Nasional 

rekomendasi museum

Dulu, museum ini merupakan sekolah kedokteran pertama di Indonesia yang didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda, STOVIA. Sebagai saksi lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908,  tempat ini nggak cuma jadi tempat pendidikan, tapi juga tempat lahirnya semangat kebangsaan di kalangan pemuda Indonesia. Kamu dapat mengeksplorasi ruang-ruang asrama dan kuliah yang menggambarkan semangat kebangsaan serta mengikuti sesi edukasi yang memberikan pemahaman mendalam tentang sejarah kebangkitan nasional. Untuk informasi lebih lanjut terkait Museum Kebangkitan Nasional dapat diakses melalui instagram @muskitnasofficial

Museum Sumpah Pemuda 

rekomendasi museum

Museum Sumpah Pemuda di Jakarta mengabadikan peristiwa bersejarah pada 28 Oktober 1928, saat para pemuda dari berbagai daerah Indonesia bersumpah untuk bersatu. Dikelola oleh IHA, museum ini menampilkan koleksi berharga termasuk biola WR. Supratman yang digunakan untuk mengumandangkan lagu “Indonesia Raya” pertama kali. Pameran foto dan dokumen asli dari era pergerakan pemuda, serta rekonstruksi asrama pemuda, memberikan pengunjung gambaran mendalam tentang semangat persatuan dan perjuangan para pemuda Indonesia. Museum ini menawarkan pameran interaktif dan program edukasi yang menekankan pentingnya semangat kebangsaan dan persatuan. Untuk informasi lebih lanjut terkait Museum Sumpah Pemuda, kamu bisa melihatnya melalui instagram @museumsumpahpemuda. 

Baca juga: Coba 3 Lapangan Padel Tennis di Jakarta untuk Ide Kegiatan Sporty Kamu!

Museum Perumusan Naskah Proklamasi 

rekomendasi museum

Terletak di sebuah bangunan bergaya Art Deco, museum ini merupakan saksi bisu perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 16 Agustus 1945. Dikelola oleh IHA, museum ini menyimpan artefak penting termasuk mesin tik yang digunakan untuk mengetik naskah proklamasi. Pameran di museum ini menggambarkan proses perumusan secara komprehensif dan menampilkan lebih dari seribu benda bersejarah terkait perjuangan kemerdekaan. Museum ini nggak cuma jadi tempat pengenalan tokoh-tokoh proklamasi tetapi juga pusat kontemplasi sejarah yang edukatif dan menghibur, memperkaya pemahaman pengunjung tentang momen-momen bersejarah tersebut.  Untuk informasi lebih lanjut terkait Museum Perumusan Naskah Proklamasi dapat diakses melalui instagram @munasprok. 

Baca juga: Intip 3 Brand Parfum Lokal Ini di Jakarta X Beauty 2024 Hari Pertama!

Itulah beberapa museum bersejarah di Jakarta yang bisa kamu kunjungi selagi ada waktu ingin melihat apa yang telah terjadi di masa lalu ketika kamu belum lahir. 

 

Image: dok. Museum 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment