ic-fd

Setelah K-Beauty, Apakah C-Beauty Bisa Jadi Tren Berikutnya?

backstage beauty
author

anisamw・30 May 2024

detail-thumb

Saat ini makeup douyin dari Tiongkok viral di sosial media. Apakah C-Beauty (China-Beauty) akan menjadi tren kecantikan berikutnya? 

Kalau kamu sering scroll TikTok pasti akan familiar dengan makeup douyin. Sebenarnya ‘douyin‘ sendiri merupakan istilah untuk aplikasi media sosial serupa TikTok di Tiongkok. Makeup douyin dinilai mudah diterapkan untuk semua bentuk wajah dan memberikan hasil yang ‘manglingi’. Saking viralnya, tren makeup C-Beauty ini sudah ditonton sebanyak 2,9 miliar kali di TikTok, lho!

Lalu apakah tren C-Beauty akan menjadi the next beauty trend menyaingi K-Beauty atau J-Beauty di tahun ini?

Antuasiame Tinggi Terhadap C-Beauty

Photo by Sturti / iStock

Menurut data McKinsey di tahun 2023, saat ini Tiongkok menjadi pasar kecantikan terbesar kedua di dunia. Pasar kecantikan di negara ini diperkirakan akan menghasilkan pendapatan sebesar US$70,36 miliar di tahun 2024.

Banyak brand kosmetik asal Tiongkok yang mulai mengekspor produknya ke berbagai negara seperti Korea dan Jepang. Bahkan kamu bisa menemui produknya di dalam beauty multi-brand store yang ada di Korea dan Jepang. Menurut South Korean Trade Association terdapat kenaikan angka ekspor kosmetik asal Tiongkok di Korea hingga 190% di tahun 2023 lalu.

Selain karena harganya yang kompetitif dan menawarkan banyak varian produk, antusiasme terhadap C-Beauty juga didukung oleh strategi marketing yang memaksimalkan penggunaan sosial media, serta support yang sangat besar dari pemerintahannya. Mulai dari endorsement terhadap influencer hingga live streaming yang menimbukan rasa FOMO (Fear of Missing Out). Jadi nggak heran kalau di tahun ini trend C-Beauty akan meningkat pesat di tahun ini.

Baca juga: Mengenal Tren Douyin Makeup yang Ramai di TikTok dan Tips Mendapatkannya!

Judydoll Menjadi Brand China Pertama yang Masuk ke Indonesia

Melihat antusiasme C-Beauty yang tinggi, salah satu perusahaan kecantikan terbesar di Tiongkok, JOY Group (Shanghai Juyi Cosmetics Co., Ltd) resmi menghadirkan Judydoll di Indonesia.

“Saat ini brand kecantikan di Tiongkok terus meningkatkan research and development (R&D) untuk menghasilkan produk inovatif yang menyederhanakan rutinitas makeup. Hal ini menjadi kekuatan yang mengubah persepsi masyarakat Indonesia mengenai produk C-Beauty. Bukan hanya sekedar ramah di kantong, tetapi juga berkualitas.” Ujar Ngoc Phungbich, Country CEO of JOY Group Indonesia.

Menempati peringkat ke-70 dalam daftar 100 besar WWD Beauty Inc yang dirilis oleh Women’s Wear Daily (WWD) fashion journal yang berbasis di Amerika Serikat, JOY Group menjadi perusahaan kecantikan pertama yang terang-terangan menyatakan bahwa company nya berasal dari Cina. Mereka juga memiliki komitmen untuk beroperasi di Indonesia dan memiliki plan untuk memberikan beragam kontribusi terhadap perekonomian Indonesia serta sumber daya manusianya. Brand perdana dari JOY Group yang diluncurkan di Indonesia adalah Judydoll.

 

JOY Group juga sudah memastikan semua produk Judydoll yang dijual di Indonesia telat mematuhi regulasi dan mendapatkan sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Seiring dengan rencana untuk terus memperluas kehadiran kami di Indonesia, kami berharap dapat melayani dan memberikan pengalaman menyenangkan untuk para pecinta kecantikan dengan makeup terbaru yang mudah digunakan, inovatif, dan memberikan hasil yang mekasimal bagi semua orang” ujar Luna Li selaku International Marketing Manager Joy Group.

Produk Judydoll yang Viral di Indonesia

Salah satu produk Judydoll yang viral di Indonesia adalah Iron Mascara. Produk ini berhasil menarik perhatian beauty enthusiast karena memiliki aplikator berupa ujung besi yang inovatif. Memiliki aplikator yang unik, maskara ini diklaim bisa membantu membuat bulu mata tampak lebih panjang dan lentik. Saat ini Iron Mascara sudah mendapat gelar Maskara nomor 1 di Douyin Cina.

Tren C-Beauty

 

Kedepannya akan ada lebih banyak lagi produk Judydoll yang launching di Indonesia. Pastinya kamu bisa mendapatkannya di Jakarta x Beauty pada bulan Juni ini, dan tentunya e-commerce kesayangan kamu!

Dokumentasi: Brand