banner-detik

industry news

Mengenal Tren Douyin Makeup yang Ramai di TikTok dan Tips Mendapatkannya!

seo-img-article

Sering lihat tren makeup e-girl dengan pipi kemerahan dan mata besar di TikTok? Mungkin yang kamu lihat adalah makeup douyin!

Buat kamu yang belum familiar atau bahkan baru mendengar tren makeup douyin, I got your back. Tren makeup yang viral di TikTok ini berasal dari kata ‘douyin’, alias istilah Cina yang digunakan untuk menyebut aplikasi TikTok. Kamu pasti nggak lupa dong, kalau TikTok itu berasal dari Cina? Dengan kata lain, tren makeup douyin adalah tren makeup TikTok itu sendiri!

 

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gaya Makeup Korea, Jepang, dan Thailand!

tips mendapatkan tren makeup douyin

 

Then, what’s so special about douyin makeup trend? Nggak terlalu berbeda dari banyaknya tren makeup yang viral di TikTok, tren makeup douyin ini memang khas dengan fitur makeup ala Asia Timur khususnya Cina. Tren ini merupakan gabungan dari berbagai teknik makeup yang disukai oleh wanita-wanita Asia, seperti kulit yang bersih dan bercahaya, mata yang besar dan dolly, serta riasan bibir merah yang penuh dan plump. Hasilnya adalah tampilan yang romantis dan seksi, tapi tetap menggemaskan!

Penasaran bagaimana caranya mendapatkan douyin look? Simak tipsnya di bawah ya!

Base makeup yang flawless dan glowy

Kebanyakan tren makeup di Asia seperti Korea dan Jepang memang cenderung menampilkan tampilan kulit yang bercahaya dan plump seperti mochi atau glass skin look, begitu juga dengan makeup douyin. Kamu bisa gunakan produk complexion dengan matte atau dewy finish, asal diaplikasikan dengan se-flawless mungkin. Pastinya harus dengan skin prep yang terhidrasi dengan baik juga, ya!

Baca juga: Cara Memilih Hasil Complexion yang Glowing hingga Matte ala Wardah Colorfit

Produk makeup nuansa kemerahan

Untuk menciptakan tampilan makeup yang douyin like, kamu perlu menyiapkan produk dekorasi seperti eyeshadow, blush, serta lipstik dengan tone kemerahan seperti merah muda atau merah kecoklatan. Warna-warna ini dibutuhkan untuk memberi kesan yang romantis dan feminin, khas makeup orang Asia Timur!

Blush on untuk pipi yang merona feminin

Salah satu kunci lain dari makeup douyin adalah tampilan pipi yang merona untuk ciptakan kesan feminin dan imut. Gunakan powder atau cream blush berwarna kemerahan yang sesuai dengan warna eyeshadow dan lipstik di sekitar tulang pipi menuju ke tengah sedikit. Untuk douyin makeup, aplikasikan blush on sedikit lebih banyak agar terlihat makin polos seperti pipi bayi!

Baca juga: 10 Cream Blush Lokal untuk Menciptakan Tampilan Natural!

Riasan mata berkilau dan Aegyo Sal

tips mendapatkan tren makeup douyin

Yap! Tren makeup douyin juga menggunakan riasan makeup ala orang Korea untuk membuat mata terlihat lebih besar dan polos: Aegyo Sal! Buatlah outline ilusi kantung mata menggunakan eyeshadow atau pensil alis kecokelatan lalu rapikan agar terlihat lebih natural. Setelahnya, kamu bisa tambahkan shimmer eyeshadow pada kelopak mata dan kantung mata agar mata terlihat lebih menonjol dan imut!

Bulu mata lentik dan eyeliner tipis

Selain mata yang terlihat besar, douyin makeup juga menampilkan tampilan mata yang dramatis, seperti bulu mata yang panjang dan lentik, ditambah penempatan eyeliner yang pas dan tipis. Kamu bisa gunakan maskara seperti biasa atau fake lashes yang tipis dan panjang, bukan tebal. Setelah itu, bubuhkan eyeliner yang sedikit naik dan memanjang tipis-tipis. Ingat, jangan terlalu tebal sampai jadi cat eye, ya!

Baca juga: Tips Dapatkan Peachy Makeup Look ala Eonni Korea dengan Produk dari Barenbliss!

Blurred lips agar terlihat lebih seksi

Nah, salah satu kunci untuk mendapatkan douyin look yang sempurna adalah dengan membuat tampilan bibir yang penuh tapi terlihat lembut. Berbeda dengan tren bibir tegas yang disukai di Barat, wanita-wanita di Asia Timur menyukai tampilan bibir yang terlihat natural dan lembut. Untuk melakukannya, kamu bisa sedikit overline bibir dengan bentuk oval di tengah agar bibir terlihat penuh dan pouting. Setelah itu, aplikasikan lipstik berwarna kemerahan dan beri gloss agar makin seksi!

Baca juga: Nyobain Makeup Hacks Viral di Tiktok, Berhasil atau Gagal?

Gimana? Nggak begitu sulit bukan? After all, menurut saya tren makeup douyin adalah definisi dari standar kecantikan di Asia Timur itu sendiri. It doesn’t mean another makeup trend is less beautiful, it’s just a fun trend to do! Gimana nih? Tertarik untuk coba juga nggak?

 

Images: TikTok/@xxiaoaa/@nakeishi/@hayleybuix, p16.topbuzzcdn.com, villagepipol.com, dep3000.com, pinterest.com/paboimnida

Slow Down

Please wait a moment to post another comment