banner-detik

fitnfab

5 Pilihan Buah Tinggi Antioksidan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

seo-img-article

Selain terkenal ampuh untuk bantu melindungi dan memperbaiki kondisi kulit, antioksidan juga penting bagi kesehatan tubuh. Mulai konsumsi beragam buah tinggi antioksidan ini yuk!

 

Siapa yang berlibur ke luar kota dan kulineran selama liburan kemarin? Atau hanya menghabiskan libur dengan makan dan tidur tanpa banyak pergerakan setiap hari? Yang sudah terjadi biarlah terjadi, dan sekarang waktunya untuk kembali hidup sehat!

Selain olahraga supaya berat badan tetap terjaga, mengonsumsi banyak buah-buahan yang kaya antioksidan juga akan memberi berbagai manfaat untuk tubuh. Apa saja sih buah yang tinggi antioksidan?

Baca juga: Ingin Melakukan Juice Detox Tanpa Ribet? Cobain 5 Brand Jus Siap Minum Ini!

 

Stroberi

buah tinggi antioksidan

Tauukah kamu bahwa warna merah stroberi ternyata berasal dari kandungan antioksidan anthocyanin yang dimilikinya? Antioksidan jenis ini telah diteliti bisa membantu mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung karena mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Cocok banget buat menurunkan kolesterol yang melonjak akibat kulineran atau makan sajian khas Lebaran kemarin!

Blueberry

buah tinggi antioksidan

Buat yang sedang bosan dengan stroberi, kamu bisa mengonsumsi blueberry. Buah ini juga punya anthocyanin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan darah tinggi, serta mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung. Hasil riset Recent Research on the Health Benefits of Blueberries and Their Anthocyanins pun membuktikan bahwa kandungan antioksidan di dalam blueberry juga bisa menunda penurunan fungsi otak akibat penuaan dengan menetralisir radikal bebas dan mengurangi inflamasi.

 

Alpukat

Selain punya banyak nutrisi, buah alpukat juga menjadi sumber antioksidan yang mumpuni. Misalnya seperti lutein, α-Carotene, dan β-Carotene yang melindungi dari kerusakan oksidatif yang dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis berdasarkan penelitian Oxidative stress, aging, and diseases. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C dan carotenoid yang turut meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi kognitif.

Baca juga: Khawatir Kolesterol Naik setelah Lebaran? Coba Tips Mudah Ini!

 

Pisang

Siapa sangka bahwa pisang juga kaya akan antioksidan? Yup, buah ini punya sejumlah antioksidan, termasuk flavonoid dan amine. Antioksidan ini telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Contohnya seperti berkurangnya kemungkinan terkena penyakit jantung dan masalah penglihatan. Jika kamu sudah langsung sibuk bekerja setelah selesai liburan, buah ini cocok banget untuk dijadikan bekal ke kantor karena praktis untuk dibawa dan dimakan!

 

Goji berry

buah tinggi antioksidan

Buah goji berry memang merupakan salah satu superfood yang cukup populer karena punya banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Salah satunya termasuk antioksidan unik L. barbarum polysaccharides. Menurut penelitian Goji Berries as a Potential Natural Antioxidant Medicine: An Insight into Their Molecular Mechanisms of Action, kandungan tersebut mempunyai kemampunan untuk meingkatkan pertahanan guna menghambat pertumbuhan tumor tanpa menyebabkan kerugian. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi di goji berry juga membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Baca juga: Contek 3 Resep Smoothie untuk Detoks setelah Lebaran!

Nah, itu dia lima buah yang kaya antioksidan dan memberikan manfaat baik untuk tubuh termasuk menurunkan kolesterol yang melunjak setelah liburan! Apakah ada buah kesukaanmu di atas? Tuliskan di comment ya!

 

Images: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment