banner-detik

fitnfab

Kenyang Seharian! Sahur dengan 7 Makanan Tinggi Protein Ini

seo-img-article

Makanan yang tinggi protein membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga cocok banget untuk dijadikan menu sahur. Tapi, makanan apa saja yang proteinnya tinggi ya?

Bagaimana puasamu sejauh ini? Semoga berjalan lancar, ya! Menahan lapar seharian memang nggak mudah, apalagi kalau banyak aktivitas yang mengharuskan diri untuk bergerak ekstra. Oleh karena itu, sebaiknya kita sahur sebelum imsak dan makan makanan yang bergizi dan mengenyangkan, misalnya seperti makanan atau minuman yang tinggi protein.

Menurut studi Critical role for peptide YY in protein-mediated satiation and body-weight regulation, protein mampu mengurangi hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar dan meningkatkan peptide YY yang bikin kita merasa kenyang. Lalu makanan sapa aja yang punya kandungan protein tinggi? Baca terus sampai habis untuk mengetahuinya ya!

Baca juga: 5 Glossy Lip Tint Lokal yang Bikin Bibir Lembap saat Puasa!

Quinoa

Beauty enthusiast yang juga gemar makan healthy food pasti sudah gak asing lagi dengan quinoa. Yes, jenis biji-bijian yang seringkali disebut sebagai superfood ini ternyata juga punya kadar protein yang tinggi. Selain itu, quinoa bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu sumber protein jika kamu adalah seorang vegetarian. Untuk menu sahur, quinoa bisa dimasak sebagai pengganti nasi, dimasak bersama pasta, atau ditambahkan ke dalam sup.

Ikan

Bagi orang yang gak suka ikan, you are missing out on a very good thing! Menurut jurnal Nutrients in Fish and Possible Associations with Cardiovascular Disease Risk Factors in Metabolic Syndrome, ikan gak hanya tinggi protein, tapi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Pilih ikan yang masih segar dan olah dengan baik agar gak bau amis ya! Untuk menu sahur, kamu bisa memasak ikan seperti salmon atau tuna di air fryer, dipanggang, atau dijadikan sushi.

 

Dada ayam

Dada ayam bisa jadi salah satu makanan yang paling terkenal sebagai tinggi protein. Para body builder pun sering mengonsumsi dada ayam untuk memenuhi kebutuhan protein mereka ketika ingin membentuk otot. Untuk menu sahur, dada ayam bisa diolah dengan cara dipanggang bersama bumbu atau dijadikan sebagai sup ayam.

Baca juga: Selain Nasi, Ini Dia 4 Makanan Sahur yang Mengenyangkan Perutmu selama Puasa!

Telur ayam

makanan tinggi protein untuk sahur

Selain dagingnya, telur ayam juga kaya akan protein terutama bagian putihnya. Namun, jangan lupa untuk makan bagian kuningnya karena juga masih ada protein dan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya. Untuk menu sahur, telur bisa dimasak menjadi telur mata sapi, omelet, atau scrambled egg.

 

Peanut butter

Jika bangun terlambat dan sudah mepet dengan waktu imsak, roti dengan peanut butter bisa jadi penyelamatmu untuk sahur. Selai yang terbuat dari kacang ini memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, hasil studi The Effect of Added Peanut Butter on the Glycemic Response to a High-Glycemic Index Meal: A Pilot Study menunjukkan bahwa memadukan peanut butter dengan makanan yang tinggi karbohidrat bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang melonjak setelah makan.

Untuk menu sahur, oleskan selai kacang ke roti untuk menu cepat saji atau santap kue yang diolah dari peanut butter sebagai dessert.

 

Daging sapi

makanan tinggi protein untuk sahur

Daging sapi juga menjadi sumber protein yang baik. Tapi jika kamu ingin memakan daging sapi, pilih yang lemaknya sedikit ya! Jika gak hati-hati dan memakan daging sapi yang banyak lemak, masalah kesehatan justru bisa muncul seperti kolesterol tinggi. Untuk menu sahur, daging sapi bisa diolah menjadi tumis sayur dengan daging, dibakar menjadi sate, hingga dijadikan sup.

Baca juga:Harus Dihindari, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Bibir Makin Kering Selama Puasa!

Susu sapi

makanan tinggi protein untuk sahur

Ternyata selain kaya akan vitamin dan kalsium, susu juga sumber protein yang baik, lho! Ada banyak jenis susu yang beredar di pasaran sekarang. Mulai dari susu sapi, susu kedelai, susu almond, hingga susu oat. Namun menurut data yang sudah dikumpulkan Healthline, susu sapi lah yang memiliki kandungan protein paling banyak.

Untuk menu sahur, kamu bisa meminum segelas susu sapi supaya semakin merasa kenyang.

Nah, itu dia deretan makanan dan minuman yang kaya akan protein. Kamu tertarik untuk makan yang mana nih untuk sahur nanti?

 

Images: Dok. Pexel, Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment