banner-detik

lifestyle

Rasa Insecure Menghambat Perkembangan Diri? Yuk, Kenali Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate pasti relate deh, dengan munculnya rasa insecure yang nggak cuma dari tampilan fisik, tapi terhadap skill yang dimiliki. Percaya nggak, hal ini bisa menghambat perkembangan diri sampai karir kamu, lho. Tapi, tentunya hal itu bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini!

Masa kuliah emang jadi momen krusial untuk kita belajar dan menata masa depan agar saat jadi fresh graduate rasanya nggak perlu bingung lagi. Namun, seringkali ada hal-hal yang membuat kita menjadi insecure. Pasti pernah kan lagi harus masuk kelas atau hadir di acara penting jadi insecure karena muncul masalah jerawat di wajah. Mungkin buat sebagian orang ini hal kecil, tapi penampilan jadi hal pertama yang mungkin di nilai orang-orang. Apalagi ketika kamu memasuki dunia pekerjaan yang mengharuskan kamu bertemu orang-orang baru. Jadi wajar banget kalau rasa nggak percaya diri itu muncul. Tapi tapi.. Bukan berarti hal itu nggak bisa diatasi, ya!

cara mengatasi insecure

Baca juga: Tampil Cerah Menyegarkan, Shin Min A Terpilih menjadi Brand Ambassador Clé de Peau Beauté!

Untuk bisa mengatasi rasa insecure yang bisa menghambat karir, kamu bisa simak artikel ini yang berisikan tips dari Pranesta Renjiro selaku Event Marketing Female Daily Network, Almiranti Fira selaku Content Creator, Diella Amanda selaku Marketer & Education Content Creator, Yola Rinayanti selaku Product Manager Acnes yang dibagikan pada acara FDGTC X Acnes yang dibawa dengan tema ‘Acne Out Confidence Up : Starting Your Career with Healthy Clear Skin’ di Universitas Multimedia Nusantara!

Kenali Passion 

cara untuk atasi insecure

Menurut Fira, menemukan passion adalah suatu proses yang panjang. Fira sendiri cerita bahwa passionnya menjadi content creator baru Ia temukan saat sudah menjadi mahasiswi semester empat pada jurusan teknik arsitek, “bisa dibilang kecemplung ya” menurut Fira. Namun, momen Ia tidak pernah menyesali apapun yang dipilih. Yang terpenting adalah untuk terus mau mencoba dan bertanggung jawab dengan pilihan itu. Yup! Nggak perlu khawatir kalau kamu belum menemukan passionmu sekarang, tapi selagi kamu selalu ingin mencoba hal baru lambat laun interest kamu akan suatu hal akan semakin terlihat, intinya adalah hargai prosesnya. Setelah melihat fleksibilitas pekerjaannya sebagai content creator dan tentu karena Fira menyukai bidang kecantikan disitulah Ia sadar bahwa pekerjaan ini adalah passionnya. 

Setelah menemukan dan menjalani passion, rasa percaya diri akan kamu temukan. Terlebih karena hal yang kamu jalani adalah hal yang kamu sukai. So, kenali apa yang kamu inginkan dan coba bertanggung jawab atas apa yang kamu pilih.

 

Manfaatkan Peluang

Dalam proses menemukan passion, mungkin kamu akan melihat hadirnya peluang dan kesemapatan yang bisa kamu coba hingga akhirnya kamu dapat menemukan passionmu. Tahap selanjutnya adalah, bagaimana kamu bisa melihat peluang tersebut.

cara untuk atasi insecure

Sama halnya dengan Fira, Amanda yang kini menjadi seorang content creator awalnya nggak pernah menyangka. Berangkat dari background sebagai mahasiswi Hubungan Internasional, saat sedang magang Amanda melihat adanya opportunity pada platform TikTok. Sejak saat itulah Amanda mulai rajin bikin konten dan melihat adanya peluang besar pada platform yang dia mulai. Seringkali, peluang dan kesempatan sudah hadir di depan kita namun rasa takut dan tidak percaya diri menghambat kita untuk mencoba peluang tersebut. At the end of the day, “if we never try, we never know” kan? Masalah gagal atau berhasil adalah hal yang nggak perlu dipikirkan. Yang terpenting adalah rasa ingin mencoba dan berjuang.

Baca juga: Kenali Dirimu Lebih Baik! Yuk, Temukan Personal Identity dengan Cara Berikut Ini!

Percaya pada proses

Pernah nggak kamu ngerasa hal yang sedang kamu jalani kok gitu-gitu aja? Rasa insecure juga semakin memuncak karena melihat pencapaian orang lain. Mungkin, kamu harus mulai belajar untuk menghargai proses yang ada.

Menjalani masa perkuliahan, Pranes merasa tahun awal perkuliahan terasa berat mungkin karena faktor merantau. Adaptasi pada lingkungan ini ternyata juga memberi dampak terhadap kulitnya dan memunculkan permasalahan seperti jerawat. Namun, proses inilah yang akhirnya menemukan Pranes dengan rasa percaya diri terhadap apa yang sedang dijalani. Sama dengan Pranes, kamu juga harus percaya pada proses yang kamu jalani dan jangan pernah membandingkan proses kamu dengan orang lain ya!

 

Merawat kulit

Selain mempersiapkan kemampuan diri, ternyata penampilan fisik juga jadi hal yang penting untuk diperhatikan lho! Bagaimana kita present diri kita, dan penampilan yang baik akan memberikan efek positif terhadap rasa percaya diri tentunya. Dari ketiga speakers, semuanya setuju bahwa merawat kulit dengan baik dapat menjadi langkah awal untuk kita. Menurut Fira, di zaman sekarang laki-laki dan perempuan sudah sama-sama aware terhadap kehadiran skincare itu sendiri. Selain itu, Fira juga mengungkapkan bahwa dengan kita rajin skincare-an itu sama aja kita melakukan investasi terhadap diri kita sendiri untuk masa yang akan datang. 

Sedangkan menurut Amanda, menggunakan skincare yang tepat untuk kulit, merupakan bentuk tanggung jawab kita terhadap diri sendiri. Bagaimana skincare yang kita pilih mampu menyelesaikan permasalahan kulit yang terjadi pada diri kita. Oleh karena itu, Amanda selalu pilih produk yang sudah teruji untuk membantu menyelesaikan permasalahan kulitnya. Seperti ketika muncul jerawat, produk andalannya adalah Acnes. 

Selain sudah dermatology tested, Acnes cocok untuk kamu dengan kulit acne prone skin dan  sensitif! Ada rangkaian dari Acnes Treatment Series seperti Creamy Wash, UV Tint, Sealing Jell dan banyak rangkaian lainnya yang mengandung anti bakteri untuk menghempaskan jerawat. Selain itu, ada rangkaian dari Acnes Natural Care untuk mencegah jerawat dan rangkaian Acnes Derma Care yang bisa kamu pilih sebagai solusi kulit sensitif dan berjerawat. 

Baca juga: Mau Sukses di Usia Muda? Ini Peluang Bisnis yang Bisa Kamu Coba!

Itu dia tips yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa mengatasi rasa insecure yang muncul sehingga tidak menghambat perkembangan diri dan karir yang akan kamu tempuh nantinya! Mulai dari kenali passion kamu, percaya pada proses, manfaatkan peluang dan merawat kulitmu agar kamu bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri kamu!

 

Image: Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment