banner-detik

beauty

Simak Tips Ini Supaya Makeup Nggak Cakey dan Tetap Awet!

seo-img-article

Pernah mengalami tampilan makeup yang cakey atau nggak nempel di kulit, padahal penggunaannya sudah tipis? Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hal tersebut!

Suka bingung nggak sih kenapa makeup sering terlihat cakey atau nggak menempel pada kulit? Padahal, kamu sudah skin prep dan menggunakan base makeup yang sesuai dengan jenis kulit. Nah, sebenarnya yang bikin makeup cakey itu bukan hanya karena produknya, tapi juga kesalahan kita sendiri.

So, ini dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari makeup cakey. Mudah kok untuk diikuti!

Skin prep

Pastikan untuk menggunakan rangkaian skincare yang sudah sesuai dengan jenis kulit kamu, ya. Kalau sudah, jangan langsung meninmpanya dengan produk complexion karena kamu perlu memberikan jeda selama 10-15 menit, supaya semua skincare yang kamu pakai menyerap dengan maksimal. Nah, itu semua perlu dilakukan agar produk makeup yang kalian pakai bisa menempel dengan sempurna dan nggak geser.

Baca juga: Flawless & Glowing, ini Tips Makeup untuk Kulit Acne Prone dari Gelangelicca!

Primer dan foundation

Selain bisa membantu untuk meratakan pori-pori, ada juga beberapa primer yang membantu foundation lebih menempel. Kemudian, saat mengaplikasikan foundation, pastikan kamu nggak langsung menggunakannya terlalu banyak. Baiknya, kamu me-layer foundation sedikit demi sedikit, hingga mendapatkan coverage yang diinginkan. Selain itu, kamu bisa memberi jeda 2 menit setiap me-layer foundation, supaya nggak patchy dan cakey.

Baca juga: Makeup Susah Menempel di Usia 40-an? Ini Cara Mengatasinya!

No need to baking

tips makeup anti cakey

Nggak harus melakukan baking saat merias kulit, karena nggak semua jenis kulit cocok dengan teknik ini. Kalau kulit kalian bertekstur dan kering, menggunakan teknik baking justru bisa bikin makeup kelihatan tebal dan mempertegas tekstur di kulit. Supaya makeup awet seharian, gunakan loose powder secukupnya saja, ya. Kalau dirasa butuh another lock, kamu bisa mengandalkan compact powder. Aplikasikan compact powder dengan brush, supaya tetap light.

Face mist to the rescue

Kalau base makeup sudah selesai, kamu bisa mengaplikasikan face mist atau setting spray, supaya hasilnya terlihat lebih natural atau skin like. Tahapan ini juga berfungsi untuk mengembalikan kelembapan kulit dan juga mengunci makeup agar tahan lama seharian.

Itu dia beberapa step yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan makeup yang flawless. Kalau masih terlihat cakey atau patchy, coba deh perhatikan produk skincare yang kamu pakai. Selamat mencoba, ya!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Image: Dok. Female Daily, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment