ic-fd

Sering Terdistraksi? Lakukan Rutinitas Berikut untuk Membantu Kamu Fokus Bekerja

health wellness
author

revataas・12 Oct 2023

detail-thumb

Hayo ngaku, siapa yang akhir-akhir ini merasa nggak produktif di kantor karena banyak distraksi yang mengganggu fokus bekerja? FD punya rutinitas yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu lebih fokus agar kerjaan selesai tepat waktu!

Tahu nggak sih kalau demotivasi saat bekerja bisa muncul karena kamu merasa nggak produktif selama di kantor, lho. Jadi, penting untuk menjaga fokus dan produktivitas kamu selama bekerja supaya kewajibanmu selesai tepat waktu dan jadi punya work-life balance. Yuk, simak rutinitas yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu fokus bekerja di artikel ini!

Baca juga: Rayakan World Mental Health Day, Ini 5 Cara Simpel Mengurangi Stres yang Aman di Kantong!

Lakukan rutinitas pagi yang produktif

tips fokus bekerja rutinitas pagi yang produktif

Pernah nggak sih merasa kalau dari pagi ada saja kejadian yang bikin sewot, sampai di kantor rasanya sudah nggak mood? Atau kamu pernah mengalami buru-buru sejak pagi, ketika sampai di kantor rasanya sudah capek duluan. Nah, ini terjadi karena pace harian kamu ditentukan dari hal pertama yang kamu lakukan setelah bangun tidur.

Supaya sampai kantor nggak bad mood dan produktivitas tetap terjaga, ada baiknya kamu punya rutinitas pagi yang bisa bantu kamu jadi lebih produktif. Kamu bisa menyisihkan 1-2 jam pertama setelah bangun tidur untuk dirimu sendiri tanpa adanya distraksi. Cobalah melakukan olahraga ringan, beres-beres kamar, dengar lagu atau podcast favorit, atau bisa juga meditasi. Pokoknya, lakukan apapun yang bisa bantu kamu merasa lebih positif di pagi hari. Pastinya, dengan nggak langsung scroll media sosial juga bantu banget, lho.

 

Jauhkan distraksi

Pertama-tama, pastinya kamu harus jauhkan distraksi untuk bisa fokus bekerja. Kalau kamu punya kebiasaan sedikit-sedikit scroll handphone, bisa nih dicoba dengan menyingkirkan handphone sejenak. Kamu bisa meletakkannya di dalam tas atau di dalam laci meja. Kalau mau lebih ekstrem, kamu bisa mengunci laci tersebut supaya nggak ada godaan untuk ambil handphone dan main sosial media sampai berjam-jam.

Kalau kamu sering terdistraksi sama temen sekantor, kamu bisa coba cari ruangan atau area kantor yang agak terpencil supaya bisa fokus menyelesaikan pekerjaanmu. Setelah selesai, baru deh kembali haha hihi bareng teman-teman!

 

Olahraga atau meditasi

yoga atau meditasi untuk fokus bekerja

Kamu pasti sudah tahu kan, kalau olahraga bisa membawa banyak manfaat untuk tubuh. Ternyata, olahraga juga bisa membantu meningkatkan fokus bekerja kita, lho. Ini karena aliran darah ke otak meningkat ketika berolahraga, sehingga kewaspadaan dan produktivitas juga bertambah. Hormon endorfin dan serotonin yang dihasilkan dari berolahraga juga membantu kita merasa lebih positif. Jadi, menyelesaikan pekerjaan juga terasa lebih ringan dan menyenangkan.

Kalau sepertinya olahraga masih kurang membantumu untuk fokus, kamu bisa coba melakukan meditasi. Meditasi adalah latihan yang membantu kamu untuk memusatkan pikiran sehingga kamu lebih tenang, nyaman, dan produktif. Kalau kamu baru pertama kali melakukan meditasi, coba cari guided meditation di YouTube. Nggak perlu lama-lama, meditasi selama 5 menit saja sudah cukup, kok.

 

Membaca buku

membaca buku untuk fokus bekerja

Buat kamu yang screentime nya bisa sampai 7 jam dalam sehari, merapat! Sisi positif dari era digital yaitu kita jadi bisa dapat informasi dengan cepat. Tapi, karena kebiasaan ini, kita jadi susah fokus dalam waktu yang lama. Untuk melatih fokus, kamu bisa coba baca buku setidaknya 1 jam setiap hari. Kamu bisa baca buku saat commuting pulang-pergi kantor atau di pagi hari saat belum terlalu banyak distraksi. Dilansir dari Hawaii Pacific Neuroscience, membaca buku sudah diteliti dan terbukti meningkatkan fokus, attention span, konsentrasi, dan memori. Yuk, mulai baca buku favorit kamu lagi supaya fokus bekerjanya meningkat!

 

Buat to do list

Pasti ada dong, masa-masa hectic selama di kantor, apalagi di Q4 seperti sekarang ini. Membuat list pekerjaan yang harus diprioritaskan dan diselesaikan bisa membantu pikiran kamu jadi lebih jernih dan produktivitas kamu meningkat. Jadi, berkurang deh pikiran “Kok kerjaannya nggak selesai-selesai ya?”. Dengan menyisihkan 5-10 menit di awal sebelum bekerja, bisa membantu kamu lebih fokus sampai jam kerja selesai, lho. Ada yang merasa hilang arah nggak nih kalau nggak punya to-do list setiap hari?

 

Istirahat sejenak

istirahat sejenak untuk fokus bekerja

Kalau istirahat terus menerus jadi nggak produktif, kerja terus-terusan juga nggak baik. Jadi, penting juga untuk kamu istirahat sejenak setiap 25-90 menit sekali. Beristirahat bisa membantu pikiran kamu lebih refreshed dan siap melakukan tugas berikutnya. Kalau kamu bekerja di industri kreatif, beristirahat juga bisa membantu meningkatkan kreativitas kamu. Nah, kalau kamu khawatir dengan scroll media sosial nggak berhenti sampai berjam-jam, kamu bisa beristirahat dengan mendengarkan musik atau jalan ke luar kantor sebentar sekalian ganti suasana.

Oh iya, pastikan jam istirahat makan siang dipergunakan dengan baik, ya. Kalau bisa, jangan makan sambil bekerja atau ada diskusi soal pekerjaan di waktu istirahat ini.

Baca juga: Mau Tampil Lebih Chic ke Kantor? Intip Rekomendasi Baju Kerja dari 5 Brand Lokal Ini

Nah, itulah beberapa rutinitas yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fokus bekerja kamu di kantor. Rutinitas mana nih yang mau kamu tingkatkan lagi? Yuk, sharing bareng FD!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Image: Dok. Freepik