banner-detik

beauty school

Contek Sederet Tips dan Perawatan Khusus untuk Rambut yang Diwarnai!

seo-img-article

Siapa di sini yang punya rambut diwarnai? Atau berniat mewarnai rambut? Pas banget, karena salah satu FD Member bakal spill tips super penting untukmu! 

Belakangan ini, tren mewarnai rambut mulai hits lagi. Setelah beberapa tahun ke belakang ini banyak orang yang pingin rambutnya natural saja, kini justru makin banyak yang ingin punya rambut berwarna. Mulai dari warna yang soft, hingga warna yang terang, semua bisa kamu coba. Eitss, tapi jangan sampai salah langkah ketika hendak mewarnai rambut, bahkan salah perawatan ketika rambutmu sudah diwarnai, ya. Biar rambut tetap cetar, yuk contek sederet tips merawat rambut yang diwarnai ala FD Member Zellina!

Baca juga: 3 Fakta Mackenyu Arata, Karakter ‘Zoro’ yang Curi Perhatian di ‘One Piece Live Action’!

Hair journey Zellina

tips rambut diwarnai

Sebelum spill berbagai tips yang pastinya bermanfaat, Zellina menceritakan tentang hair journey-nya. Kalau kebanyakan orang baru mulai mengecat rambut pada beberapa tahun ke belakang, Zellina sudah mulai mewarnai rambut sejak tahun 2013, lho. Sudah cukup lama, kan? Warna yang ia pilih juga bervariasi, mulai dari cokelat tua, cokelat muda, cokelat kemerahan, hingga berbagai warna yang lebih ‘pop‘, yang membutuhkan bleaching berkali-kali. Kalau dihitung, sepertinya Zellina sudah mewarnai rambutnya lebih dari 20 kali. Wah, banyak banget, ya? Pasti sudah banyak pengalaman yang ia dapatkan juga nih selama mewarnai rambut!

Masalah yang terjadi ketika rambut diwarnai

Rambut yang nggak diwarnai saja, tentu mengalami masalah. Apalagi, kalau rambutmu diwarnai! Masalah pasti akan lebih sering terjadi, karena kondisi rambut jadi lebih rentan. Menurut Zellina, masalah yang kerap terjadi ketika rambut diwarnai adalah kondisi rambut yang rusak dan lebih kering. Jadi, memang kurang sehat dibandingkan rambut alami. Tapi tenang saja, kamu tetap bisa punya rambut yang sehat kalau dirawat dengan baik, kok. 

Baca juga: Rambut Rontok? Kamu bisa Gunakan Hair Tonic yang Memiliki 5 Manfaat Ini!

Lalu, gimana mengatasinya?

Kalau Zellina pribadi, biasanya rutin pakai hair oil dan hair mask supaya rambut tetap lembut dan ternutrisi. Plus, kurangilah intensitas penggunaan catokan atau heat styling tools. Jadi, kamu bisa memakai heatless tools kalau ingin styling rambut jadi curly, atau yang lainnya.

Rekomendasi hair care buat rambut diwarnai

hair care rambut diwarnai

Selain hair oil dan hair mask, menurut Zellina, penggunaan shampoo juga sangat berpengaruh untuk kesehatan rambut yang diwarnai. Nah, salah satu rekomendasi darinya adalah shampoo dari Kerastase. Untuk tipe shampoo-nya, bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulit kepala, ya. Selain itu, jangan lupa untuk melengkapinya dengan conditioner agar rambut tetap lembut.

sisir untuk rambut diwarnai agar lembut

Nggak cuma itu saja, Zellina juga merekomendasikan sisir yang bisa meminimalkan kerontokan rambut yaitu Wet Brush atau Tangle Teezer. Kedua brand sisir ini bisa kamu andalkan karena akan mempermudah proses menyisir rambut dan bikin rambut jadi lebih nggak kusut. Menarik, ya?

Baca juga: Kenali Tanda-Tandanya, Ini 4 Ciri Rambut Kamu Mengalami Kerusakan!

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang dengan rambut yang diwarnai

Ternyata, ada juga lho beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik rambut diwarnai. Beberapa kesalahan tersebut yaitu malas pakai conditioner atau hair mask. Padahal, hair mask punya peranan penting untuk bikin rambut lebih ternutrisi, serta menghindari kerusakan rambut. Selain itu, kesalahan yang cukup sering terjadi adalah terlalu sering pakai catokan yang membuat kilau rambut berkurang dan terlihat kusam. Satu lagi yang perlu kamu tahu, penggunaan shampoo anti ketombe juga bisa bikin rambut yang diwarnai menjadi lebih pudar, lho. Itu karena ada kandungan zinc, selenium, sulfide, dan sulfur yang biasanya terdapat pada shampoo anti-dandruff.

Tips penting buat kamu yang ingin mewarnai rambut!

tips penting untuk rambut diwarnai

Sebelum mewarnai rambut, coba catat beberapa hal ini! Pertama, kamu perlu memilih salon yang terpercaya untuk mewarnai rambut. Jangan sampai tergiur dengan harga murah, karena bisa saja peralatan dan bahan yang dipakai nggak punya kualitas bagus. Selanjutnya, kalau kamu mau melakukan bleaching, lebih baik dilakukan di salon dan bukan dilakukan sendiri di rumah, ya. Terakhir, kamu bisa mencoba beauty camera atau AI untuk menentukan warna rambut yang tepat, sesuai dengan skin tone-mu. Mudah, kan? 

Nah, itu dia beberapa tips dan rekomendasi perawatan rambut ala FD Member, Zellina Mulyana. Ternyata, merawat rambut yang diwarnai benar-benar harus tepat supaya kesehatan rambut tetap terjaga! Jadi, jangan malas merawat rambut kalau kamu ingin mewarnai rambut, ya!

Buat para pemilik rambut berwarna, kamu punya tips andalan nggak nih, supaya rambut tetap sehat? Comment di bawah, ya!

 

Image: Freepik, Dok. Zellina Mulyana, Dok. Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment