banner-detik

beauty

Tips Melindungi Kulit dan Kuku untuk Kamu yang Suka Pasang Nail Gel!

seo-img-article

Ingin mendapatkan kuku yang cantik tapi worry efek sampingnya? Untuk menghilangkan rasa khawatir, kamu bisa mengikuti beberapa tips untuk melindungi kulit dan kuku dibawah ini! Cocok buat kamu yang suka pasang nail gel!

Pemasangan nail gel yang digemari oleh perempuan memang tidak dipungkiri akan menunjang penampilan, apalagi desain yang beragam akan membuat kuku tampak lebih menarik dan enak untuk dipandang. 

Berbeda dengan cat kuku biasa, cat kuku gel biasanya lebih tahan lama dan awet untuk pemakaian 3-4 minggu. Pemasangannya pun nggak ribet, jadi membuat banyak orang gemar untuk mempercantik kuku mereka dengan memasang nail gel di salon-salon kuku andalannya. 

Baca juga: 7 Moisturizer dengan Kandungan Peptide, Bisa Diandalkan untuk Kulit Usia 40-an!

Ditambah pemasangan cat kuku gel ini juga memerlukan UV lamps untuk bantu mengeringkannya. Nah, biasanya step ini yang menjadi sebuah perbincangan apakah penggunaan nail gel yang rutin dilakukan akan melindungi kulit di sekitar kuku kamu dari efek sinar UV? 

Banyak desas-desus yang beredar bahwa terpapar sinar UV yang terlalu sering akan menyebabkan kanker kulit, atau pemasangan nail gel yang terlalu sering dapat membuat kuku jadi rusak dengan efek samping kuku menjadi rapuh, mengelupas, dan retak. 

Tapi sebenarnya kalau kamu memang ingin menggunakan kuteks dan melakukan beberapa cara untuk mengurangi resiko dari dampak-dampak buruknya juga bisa loh! Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan kuku cantik dan juga menjaganya dari efek samping yang tidak diinginkan seperti berikut ini. 

Pastikan alat-alatnya steril

nail gel

Boleh banget loh kamu untuk menjadi proaktif kepada manikur yang akan mengerjakan proses perawatan kuku kamu, tanyakan kepadanya apakah alat-alat yang digunakan memang steril dan bersih. Lalu, setelah memastikan bahwa memang alat-alat yang digunakan steril dan selalu dibersihkan usai digunakan untuk pelanggan lain, kamu juga harus memastikan agar kutikula kamu tidak dipotong saat perawatan dimulai. Kutikula yang dipotong akan menyebabkan peradangan pada kulit di daerah kuku dan ini bisa saja menjadi sebuah infeksi di kemudian hari.

Menggunakan sunscreen pada kulit di sekitar kuku

tips untuk menjaga kuku

Setelah perawatan mulai dilakukan dan pemasangan cat kuku gel, kamu juga bisa meminta kepada manikur kamu untuk memasangkan sunscreen di kulit daerah kuku kamu. Hal ini akan membantu kamu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berasal dari UV lamps untuk mengeringkan cat kuku gel. Untuk SPF yang kamu pilih kalau bisa 30 atau lebih tinggi, aplikasikan di daerah kulit sekitar kuku dan seluruh telapak tangan.

Hal lain yang bisa kamu lakukan juga mengenakan sarung tangan yang di bagian jari yang ada kukunya di potong terbuka, tapi sebenarnya lebih baik menggunakan sunscreen untuk tindakan preventif yang lebih ekstra!

Jangan cabuti nail gel

Biasanya setelah 3 sampai 4 minggu dari pemasangan nail gel, cat kuku kamu akan mulai naik dan memperlihatkan kuku bagian bawah kamu yang tidak ter-cover oleh gel. Di saat-saat seperti ini kamu jangan mencungkil nail gel yang sudah naik! Karena efeknya kuku kamu akan rapuh dan retak. Lebih baik kamu pergi ke nail salon yang sama saat kamu memasang nail gel dan menghapusnya dengan aseton dan cara-cara yang benar tanpa merusak kuku kamu!

Baca juga: Kuku Cantik dan Gemas dengan 5 Brand Kutek Lokal Ini!

Berikanlah kuku kamu waktu untuk istirahat

Setelah selesai melepas nail gel, berikan waktu untuk kuku kamu sedikit bernapas. Coba mulai rawat kuku kamu dengan perawatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah, tidak memasang nail gel untuk beberapa waktu, gunakan vitamin kuku, dan produk yang dapat memberikan hidrasi pada kulit di sekitar kuku. Alternatif lain yang dapat kamu lakukan apabila mau mewarnai kuku, bisa gunakan cat kuku biasa yang tidak seberat cat kuku gel.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu ya! Don’t forget to take a break from nail gel, karena istirahat yang diambil dapat membantu kuku kamu tidak mendapatkan efek samping yang tidak baik dari penggunaan nail gel yang terlalu sering.

 

Images: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment