banner-detik

beauty school

Masih Sering Insecure Soal Warna Kulit? Lakukan 4 Hal Ini untuk Mengatasinya!

seo-img-article

Apa yang kamu rasakan tentang kulitmu? Apakah kamu bangga dengan warna kulitmu? Beauty standard tertentu sering kali membuat kita merasa nggak nyaman dan nggak percaya diri dengan warna kulit sendiri. Padahal, faktanya, kulit manusia memang beragam, apalagi warna kulit perempuan di Indonesia.

 

Setiap individu pasti punya kelebihan masing-masing. Kamu dan teman-temanmu berbeda, bahkan dengan adik dan kakakmu sendiri juga berbeda. Bukan hanya soal perilaku, kebiasaan, dan kepribadian, faktanya dari segi fisik, manusia memang diciptakan beragam.

Namun, sayangnya, masih banyak orang yang belum bisa menerima keragaman ini dengan baik. Secara fisik, sebagian individu masih sering merasa insecure dengan warna kulitnya sendiri. Padahal, kulit adalah organ tubuh terluas, yang sangat berjasa melindungi semua organ-organ penting di dalam tubuh kita. Kalau kita nggak bangga dengan warna kulit dan kondisi kulit kita sendiri, maka artinya kita nggak menghargai diri sendiri, lho.

Baca juga: Ini Dia Alasan Kenapa Uban Bisa Muncul di Usia 20-an dan Cara Mengatasinya!

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat kita jadi lebih bangga dengan warna kulit kita sendiri. Sudah 2023, nih. Nggak mau kan masih terjebak di perasaan nggak suka dengan diri sendiri? Yuk, ikuti tips di bawah ini supaya kamu nggak insecure lagi!

Belajar menerima perbedaan

warna kulit orang indonesia

Perbedaan antara satu individu dengan individu lainnya, secara fisik sangat banyak sekali. Ada bentuk tubuh, jenis rambut, tampilan wajah, hingga warna kulit. Sudah sepatutnya kita menerima hal ini dengan lapang dada. Manusia diciptakan beragam, ras di dunia juga banyak jenisnya. Di Indonesia saja, ada banyak suku dan daerah yang melebur menjadi satu, sehingga warna kulit setiap orang dari Sabang sampai Merauke tentu tidak sama. 

Self-accepting ini hal yang sangat mendasar dan penting. Mungkin sebagian dari kamu butuh proses yang lebih lama, it’s okay. Tapi kalau dilatih, lama-kelamaan pasti bisa, kok. Selain menerima kondisi diri sendiri, tentu kamu juga harus belajar menerima perbedaan di sekitarmu. Wajar bila kamu punya shade foundation yang lebih gelap dari temanmu, dan nggak apa-apa kalau ada yang suka dengan rambut ikalnya sementara kamu lebih suka dengan rambut lurus. Kalau sudah menerima, langkah selanjutnya akan bisa lebih mudah. 

Nggak terbawa standar kecantikan yang berlebihan

Seiring dengan semakin berkembangnya industri kecantikan di dunia, kamu pasti tahu kalau beauty diversity atau inclusivity sudah menjadi topik penting sejak tahun 2018 silam. Dunia sudah semakin menyadari bahwa keragaman itu perlu dirayakan. Model di runway tidak lagi hanya yang bertubuh tipis, iklan produk kecantikan mulai menggunakan common people sebagai bintangnya, foundation hadir dalam shade yang lebih banyak, iklan shampoo mulai menampilkan rambut keriting, dan banyak kesempatan “tampil” untuk perempuan berkulit gelap. Definisi cantik bukan lagi hanya kurus, putih, ras Kaukasia, dan berambut lurus. Standar kecantikan yang terlalu tinggi itu sangat melelahkan.

Sekarang ini, seiring dengan tren K-beauty yang terus popular, mungkin banyak dari kamu yang mengagumi kulit glowing para cewek Korea. Itu normal, kok. Tapi, batasi diri kamu agar nggak terbawa ke beauty standard yang nggak realistis. Meyakini kalau kamu wajib punya kulit dan tubuh ramping seperti K-pop idol bukanlah ide yang baik. Kita, perempuan Indonesia, berbeda dengan mereka. Jadi, kembali ke self-acceptance. Kulitmu bisa tampak lebih cerah dan sehat, tapi tetap nggak akan mengubah asal-usulmu. Produk-produk skincare yang kamu pakai tetap nggak akan mengubah kulitmu jadi sama dengan kulit mereka.

Biarkan diri berada dalam lingkungan yang suportif

Memilih lingkungan yang positif itu sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan kelancaran hidup sehari-hari, lho! Jadi, bertemanlah dengan orang-orang yang suportif, nggak suka merendahkan, nggak merasa paling benar, dan nggak suka mengejek fisikmu. Kalau kamu punya support system yang baik dan pertemanan yang sehat, kamu akan merasa lebih percaya diri, nyaman dengan warna kulitmu dan kecantikan masing-masing, serta saling menghargai satu sama lain. Berteman dengan orang-orang dari beragam ras dan budaya juga bisa lebih membuka matamu tentang perbedaan.

Rawat kulit semaksimal mungkin

cara percaya diri dengan warna kulit

Ingat, menerima diri apa adanya bukan berarti malas berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Apapun warna kulitmu, kamu harus tahu cara merawatnya dengan baik. Rajin membersihkan kulit wajah, nggak lupa pakai moisturizer dan sunscreen, mengeksfoliasi kulit tubuh dengan body scrub, menggunakan body lotion setiap hari, adalah beberapa contoh kamu menyayangi kulitmu. Kulit yang cantik adalah yang bersih, lembap, dan terawat. Jadi, bukan tentang warnanya ya. Berbeda itu adalah hal yang biasa, tapi kamu selalu bisa berusaha jadi the best version of yourself!

Coba deh rutin pakai body lotion yang sudah terpercaya kualitasnya, seperti Citra Bengkoang Natural Glow UV. Body lotion ini sudah terkenal selama puluhan tahun, menemani perjalanan perempuan Indonesia dengan kandungan alami khas Nusantara, yaitu bengkoang. Mengandung 100% natural bengkoang essence yang kaya vitamin C, ini adalah produk yang bisa diandalkan untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan terlindungi dengan antioksidan. Cerah bukan berarti putih ya, tapi tampak bercahaya sehat, your skin but better.

citra untuk membuat percaya diri dengan warna kulit

Baca juga: Temukan Kondisi Kulit Terbaikmu dengan Rangkaian YOU Bodefine Body Serum

Ditambah pula dengan 20x glowing serum dari Niacinamide, produk yang teksturnya ringan dan mudah meresap ini juga pintar mengurangi kekusaman pada kulit tubuhmu. Warna kulit yang tidak merata juga teratasi, skin barrier jadi lebih kuat, dan pastinya bikin kulit terasa halus! Bagus banget kan manfaatnya? Supaya hasilnya maksimal, aplikasikan secara teratur setiap pagi dan malam ya.

Jadi, itulah 4 langkah penting yang bisa membuat kamu lebih percaya diri dengan warna kulitmu. Yuk, lakukan mulai sekarang agar bisa menikmati hasilnya dengan segera!

 

Image: Dok. Freepik, Dok. Female Daily/Bobby Firnanda

Slow Down

Please wait a moment to post another comment