banner-detik

skin care

Rekomendasi Basic Skincare Kulit Kombinasi untuk Cowok, Efektif dan Anti Ribet!

seo-img-article

 

Punya kulit kombinasi memang bisa bikin dilema dalam memilih skincare. Yang penting, kenali dulu kondisi kulitmu supaya bisa memberikan perawatan terbaik. 

 

Kulit wajahmu lebih berminyak di area T-zone tapi kering di bagian pipi? Ini adalah ciri utama dari tipe kulit kombinasi. Biasanya pemilik jenis kulit ini juga bermasalah dengan tampilan pori-pori yang lebih besar dan komedo di T-zone. 

Beberapa faktor bisa menyebabkan kita memiliki kulit kombinasi. Yang pertama adalah genetik, faktor ini menentukan ukuran dan aktivitas kelenjar sebasea yang kita miliki dalam tubuh untuk memproduksi sebum. Lalu ada faktor hormonal yang seringkali bisa menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak di area tertentu, dan lebih kering di bagian lainnya. 

Baca juga: Bye-bye, Jerawat! Ini 3 Acne Spot Treatment Gel Terbaru dari Brand Lokal yang Layak Dicoba!

Jadi kalau punya kulit kombinasi, kita harus treat bagian kulit yang berminyak atau kering terlebih dulu? Kuncinya adalah menemukan keseimbangan untuk keduanya. Utamakan produk-produk yang formulanya gentle dan hindari over-exfoliating. Berikut rekomendasi skincare routine yang bisa kamu coba!

 

Pilih cleanser yang lembut

Gentle Facial Wash Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

Mulai rutinitas skincare dengan pembersihan yang lembut. Untuk pagi hari, cukup pakai facial wash yang gentle dan nggak membuat wajah terasa kering atau ‘ketarik’. Yes, kita harus tetap memperhatikan bagian-bagian wajah yang kering juga. Dan selama cara membersihkannya benar, pasti residu sebum juga akan terangkat kok

cleanser kulit kombinasi

Untuk malam hari, kamu bisa double cleansing dengan menambahkan first cleanser seperti cleansing balm atau micellar water yang hydrating sebelum mencuci wajah. Kalau kulitmu gampang berjerawat atau timbul komedo, sebaiknya pilih micellar water sebagai first cleanser untuk mencegah pori-pori tersumbat. Tapi ingat, mengusapkannya juga perlahan ya!

 

Perhatikan komposisi serum dan moisturizer

Saya sendiri punya tipe kulit kombinasi yang acne prone. Dan waktu berkonsultasi ke dr. Amanda Wardani, Sp.DV, saya disarankan untuk hanya menggunakan serum saja di pagi hari. Tapi, pastikan serumnya tepat sasaran ya. Kamu bisa coba menggunakan serum niacinamide yang manfaatnya menguntungkan banget untuk combination skin. Yup, I think niacinamide is making a comeback! 

serum kulit kombinasi

Ingredient ini bisa membantu menghidrasi, mencerahkan, sekaligus memperhalus tampilan pori-pori. Saya sendiri lagi suka banget sama Pure Niacinamide 10 Serum dari Laroche Posay ini karena di dalamnya ada hyaluronic acid-nya juga, jadi untuk daily hydration menurut saya udah cukup banget. Tapi kalau kalian merasa masih kurang lembap, tambahkan moisturizer juga ya di area kulit yang lebih kering! Untuk moisturizer, kamu bisa pilih yang formulanya simpel dan nyaman untuk sehari-hari, seperti BLP Tremella Hydrating Gel

Masih mengikuti arahan dari dermatologist, ternyata retinol punya peran penting lho untuk kulit kombinasi. Selain ampuh sebagai anti-aging, bahan aktif ini juga bermanfaat untuk membantu mengurangi produksi sebum berlebih dan mengatasi jerawat. Supaya nggak bingung pakai retinol, pilih yang formulanya gentle dan bisa dipakai setiap hari aja! Misalnya Kiehl’s Micro-Dose Anti-Aging Retinol Serum with Peptide & Ceramide atau Innisfree Retinol Cica Moisture Recovery Serum. Lalu seal dengan moisturizer

Bonus dari mengombinasikan niacinamide dan retinol di pagi dan malam, selain sebum lebih balanced, kulit wajah juga keliatan tambah cerah dan dark spots tersamar!

 

Nggak perlu takut pakai sunscreen

Apa pun tipe kulitnya, sunscreen tetap penting digunakan untuk mencegah tanda penuaan dini. Untuk kulit kombinasi, pilih sunscreen yang ringan, non-comedogenic, dan aman untuk kulit sensitif. Ngomongin sunscreen memang cocok-cocokan banget sih, tapi kalau kamu mau yang nyaman dipakai sehari-hari dan nggak memicu jerawat, bisa coba yang teksturnya watery plus gampang menyerap. Misalnya Azarine Hydrasoothe Sunscreen GEL SPF45 PA++++ atau Biore UV Aqua Rich Watery Essence Cool SPF 50+ PA++++.

 

Lakukan weekly treatment

Base Fresh Clarifying Clay Mask

Selain basic skincare tadi, kamu juga bisa melakukan treatment tambahan 1-2 kali seminggu. Untuk menyeimbangkan kulit kombinasi, coba deh multi-masking. Gunakan clay mask di T-Zone, dan masker yang melembapkan di area wajah yang kering. Clay mask akan membantu mengurangi sebum berlebih sekaligus membersihkan pori-pori secara mendalam. Coba duo masker dari Base, yaitu Fresh Clarifying Clay Mask dan Dreamy Glow Postbiotic Gel Mask yang bisa kamu dapetin di FD Studio!

Baca juga: Bikin Kulit Plumpy, Moisturizer Ini Cocok Dipakai untuk Usia 40-an!

Oh ya, untuk sehari-hari kamu juga bisa sedia blotting paper untuk menyerap kelebihan minyak yang mengganggu. Pakai dengan gerakan tap-tap saja ya, jangan diusap atau ditarik supaya kulit tidak teriritasi. Semoga tips ini bisa mempermudah dalam merawat kulit kombinasimu ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment