banner-detik

sponsored post

Hindari 6 Makanan dan Minuman Ini Kalau Kamu Nggak Mau Memperparah Maag!

seo-img-article

 

Jangan remehkan penyakit maag yang bisa menyerang siapa saja. Kamu tetap harus menjaga pola makan supaya nggak gampang sakit.

 

Masih ingat nggak sih beberapa waktu lalu saat penyanyi Ardhito Pramono yang pingsan ketika nyanyi di atas panggung? Sebelum jatuh pingsan, ia sempat sesekali ke belakang panggung untuk duduk sementara dan minum. Ia juga tengah memegang perutnya yang nampak kesakitan. Tak lama kemudian, ia pingsan dan dibawa ke rumah sakit. Ternyata, ia mengalami maag akut!

Penyakit ini memang bisa datang kapan saja, ketika kamu meremehkan perasaan tidak kenapa-kenapa di dalam tubuh. Terutama ketika waktunya makan, tapi memilih untuk menundanya. Hal ini jelas akan membuat maag datang dan mengganggu sistem dalam tubuh. Maag ini akan berbahaya jika sudah akut. Di sisi lain, bagi pengidap maag, ada beberapa pantangan yang harus diperhatikan nih. Melansir dari beberapa sumber, makanan dan minuman ini setidaknya harus kamu hindari untuk mencegah maag akut.

Baca juga: Ini Kata Ahli Tentang Pengaruh Garam untuk Kesehatan dan Kecantikan!

Makanan pedas

maag

Sebagian orang hidupnya akan terasa hampa jika makan nasi tanpa sambal, ataupun makanan lain yang memicu lidah. Namun, sayangnya makanan pedas dapat mengakibatkan berbagai penyakit perut. Pasalnya, cabai atau lada memiliki zat capsaicin yang bisa mengiritasi lapisan perut, sehingga menimbulkan masalah pencernaan, mulai dari diare hingga gejala maag. 

Makanan tinggi lemak 

maag

Bukan hanya daging yang memiliki lemak, gorengan pun juga memiliki lemak. Jika kamu terlalu banyak konsumsi makanan tinggi lemak, maka akan menyebabkan maag kambuh. Yup, jenis makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Lebih buruknya, jika asam lambung naik hingga ke kerongkongan, dapat menyebabkan heartburn, atau sensasi panas di dada dan kerongkongan karena memproses makanan yang terlalu lama di perut. 

Makanan tinggi garam 

maag

Siapa yang suka micin? Mulai hari ini coba untuk mengurangi garam maupun micin untuk membuat dirimu tetap sehat. Sebuah penelitian dari Journal of The American Medical Association mengungkapkan jika orang yang berlebihan mengonsumsi makanan tinggi garam memiliki risiko 70% mengalami refluks asam lambung. Hal ini juga berkaitan dengan makanan yang asin biasanya lebih banyak digoreng, dan mengandung lemak tinggi. 

Baca juga: Tetap Konsumsi Garam, Ini Rahasia Tyo Nugros Awet Muda di Usia 52!

Kopi 

maag

Bagi sebagian orang, belum ngopi sama dengan belum bangun. Namun, bagi pengidap maag kopi hanya boleh diminum ketika sudah melakukan sarapan. Terutama untuk perut yang masih kosong, diisi kopi dengan campuran lain hanya akan membuat perut sakit. Kandungan kafein dalam kopi, juga menjadi salah satu penyebab otot di kerongkongan jadi kendur, sehingga asam lambung lebih cepat naik, dan menimbulkan heartburn. 

Pada intinya, sistem pencernaan tubuh adalah organ yang sangat penting untuk mencerna makanan yang kita konsumsi. Maka dari itu kita harus memastikan sistem pencernaan bekerja dengan baik dan sehat untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk maag. Selain menjaga asupan makanan yang bisa memicu penyakit ini, ternyata mengonsumsi air mineral yang mengandung mineral essensial bisa membantu meminimalisir terjadinya maag, lho.

Air minum dengan mineral esensial bahkan terbukti bisa menyeimbangkan kadar asam di dalam lambung jika dikonsumsi secara teratur. Kamu juga nggak perlu khawatir jadi tambah mual saat minum air mineral dalam jumlah yang lebih banyak saat lagi maag, karena ada Le Minerale yang memiliki kandungan mineral esensial sehingga rasanya lebih segar saat kita konsumsi. Bonusnya, saat kita mengonsumsi Le Minerale, tubuh kita juga tidak hanya mendapatkan asupan mineral yang baik untuk kesehatan, maag teratasi tapi juga kulit bisa terasa lebih lembap. Multiple benefits, kan?

 

Itulah beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh pengidap maag dan cara simple untuk mencegah, supaya kondisinya nggak makin parah. Semoga bermanfaat! 

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment