banner-detik

beauty school

Contek 4 Cara Mengembalikan Warna Kulit Belang Akibat Paparan Sinar Matahari!

seo-img-article

Belang di kulit sering kali jadi concern banyak orang ketika sering terpapar sinar matahari saat beraktivitas. Lalu, apa saja yang perlu dilakukan untuk mengembalikan warna kulit belang? 

Banyak beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan sunscreen tentu sangat berpotensi menimbulkan masalah kulit belang yang tidak diinginkan. Gimana tidak? Saat kamu pakai sunscreen sebelum beraktivitas pun tetap ada kemungkinan mengalami kulit belang di beberapa spot wajah, apalagi kalau tidak pakai sunscreen sama sekali. Kulit yang menggelap terjadi karena sel-sel melanosit di kulit memproduksi melanin dalam jumlah besar. Alhasil, timbullah warna yang lebih gelap pada permukaan kulit.

Baca juga: 4 Rekomendasi Parfum Cowok Lokal untuk Kado Valentine yang Berkesan

Kulit belang umumnya disebabkan oleh paparan matahari langsung yang terlalu lama di kulit yang tak terlindungi. Awal perubahan warna pada mulanya nggak terlalu dominan, namun jika terpapar terus menerus, maka warna kulit bisa semakin gelap. Bagi kamu yang sedang memikirkan cara untuk mengembalikan kulit yang belang, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti. 

Eksfoliasi secara teratur 

cara mengembalikan kulit belang

Nggak perlu setiap hari, kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin, misalnya 1-2 kali seminggu. Pasalnya, eksfoliasi bisa mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit, sehingga sel kulit mati, maupun sel kulit yang menggelap bisa terangkat lebih cepat, kemudian sel baru akan menggantikannya. 

Gunakan skincare yang mencerahkan 

Dari segala jenis pilihan skincare, kini sudah banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Bagi kamu yang ingin meratakan warna kulit, kamu bisa menggunakan skincare yang berbahan aktif untuk mencerahkan. Kamu bisa menggunakan skincare dengan ingredients vitamin C untuk mecerahkan kulit dan membantu mengatasi belang. Selain itu, ada beberapa bahan lain seperti niacinamide, alpha arbutin, kojic acid, tranexamic acid, hingga symwhite 377. 

Baca juga: 3 Rekomendasi Krim Pencukur Kumis Cowok yang Nggak Bikin Kulit Perih!

Menjaga kulit tetap lembap

pakai skincare agar kulit belang jadi lebih cerah

Selain fokus menggunakan skincare yang mencerahkan kulit, jangan lupakan hidrasi kulit juga, ya! Supaya kulit kamu bisa kembali seperti sedia kala, maka diperlukan konsistensi untuk menjaga kulit supaya tetap lembap. Kamu bisa rutin menggunakan skincare yang melembapkan, serta memilih skincare ingredients yang dapat mengunci kelembapan kulit. Selain menggunakan skincare dari luar, kamu juga bisa memelihara kelembapan dari dalam tubuh dengan cara minum air mineral secara rutin.

Baca juga: Harus Ada di Skincare Routine, Ini 5 Ingredient Jagoan yang Bikin Kulit Awet Muda!

Lindungi dengan sunscreen 

wajib pakai sunscreen untuk mengatasi kulit belang

Meski sudah banyak campaign yang menggaungkan tentang pemakaian sunscreen, namun tetap masih ada yang nggak peduli terhadap skincare yang bisa melindungi kulit dari sinar UV ini. Padahal, cara mengatasi belang pada wajah yang paling penting adalah memakai sunscreen. Supaya perlindungan lebih optimal, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan tingkat SPF yang tinggi, misalnya SPF 50.

Untuk mengembalikan kulit belang ke semula, tentu bukan hal yang instan. Kamu tetap harus rutin dan konsisten merawatnya hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah beberapa cara untuk mengembalikan warna kulit yang belang akibat terpapar matahari. Semoga bermanfaat! 

 

Image: freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment