banner-detik

fitnfab

Menormalisasikan Menstruasi dan Kesehatan Perempuan, Ini 3 Brand Feminine Wellness Lokal yang Patut Dilirik!

seo-img-article

Yes, kita perlu lebih banyak brand feminine wellness lokal yang memberdayakan sekaligus meningkatkan awareness tentang kesehatan intim perempuan.

Pernah nggak sih ngalamin situasi di mana kamu lagi menstruasi dan perlu ganti pembalut, tapi kamu membawa pembalut itu ke toilet sambil menutup-nutupi atau menyembunyikannya? Atau ketika kamu nitip beli pembalut ke anggota keluarga yang cowok, atau pasangan, mereka merasa enggan dan malu untuk membelikannya? (red flag alert!) Belum lagi kalau kita “tembus” saat menstruasi, kebanyakan dari kita akan langsung malu dan merasa harinya sial banget. Padahal, menstruasi itu normal kan?

tips menstruasi

Yup, dalam situasi tertentu hal yang normal ini masih sering dianggap tabu di tengah masyarakat Indonesia. Tapi untungnya, edukasi dan kesadaran tentang kesehatan reproduksi perempuan saat ini juga semakin meningkat. Salah satu yang turut berperan dalam peningkatan awareness ini adalah hadirnya brand-brand feminine wellness lokal yang semakin beragam. Mereka pun rajin membagikan berbagai info edukatif serta menyampaikan percakapan yang menormalkan menstruasi sekaligus wellbeing perempuan.

Yuk, kenalan dengan beberapa di antaranya!

Filmore Body

Brand yang didirikan awal tahun 2022 oleh Gitta Amerlia, Andrea Gunawan, dan Grace Tahir yang juga merupakan Direktur RS Mayapada. Sejak awal, tujuan Filmore memang bukan hanya menjual produk semata, tetapi juga menjadi Gerakan social dengan misi pemberdayaan perempuan. Tiga founders ini percaya bahwa tubuh perempuan seharusnya bisa bebas untuk membantunya mencapai potensi yang lebih, bukan terbatas untuk bergerak dan berkarya.

Konten di dalam akun Instagramnya dipenuhi dengan fun education seputar kesehatan perempuan, sexual wellness, info produk, sustainability, sampai pesan-pesan yang menginspirasi dan empowering untuk perempuan.

filmore boyfriend wipes

Produk-produk Filmore juga cukup unik dan dirancang untuk menjadi bestie para perempuan. Selain menstrual cup, brand ini juga menghadirkan Spritz Sister Intimate Mist yang menjadi best-seller. Pembersih area intim ini berfungsi untuk mencegah infeksi seperti keputihan juga infeksi saluran kemih (ISK). Diformulasikan dengan Hypochlorous Acid (HOCl), bahan natural yang diproduksi oleh sistem imun tubuh. 99,999% efektif membunuh bakteri dan jamur penyebab infeksi tanpa menyebabkan iritasi sehingga aman untuk area intim. Ada pula Boyfriend Intimate Wet Wipes yang bisa digunakan untuk membersihkan menstrual cup, juga membersihkan area intim sebelum dan sesudah berhubungan seksual untuk mencegah infeksi.

 

Blood Indonesia

blood indonesia

Blood mempunyai misi untuk membuat siklus menstruasi terasa lebih nyaman dan menyenangkan untuk setiap perempuan. Mereka ingin membuat hari-hari biasa dan hari-hari menstruasi terasa seamless. Oleh karena itu, produk-produk yang dihadirkan juga inovatif dan fokus pada pemilihan material serta desain yang lebih baik untuk tubuh perempuan. Mereka menciptakan menstrual pad dan panty liners pertama yang lapisan teratasnya terbuat dari jagung! Unik banget kan? Ternyata bahan alami ini bebas dari bahan kimi berbahaya, skin-friendly dan hypoallergenic, juga membantu area intim terasa lebih nyaman saat menstruasi.

menstruheat

Salah satu yang juga menjadi favorit adalah menstrual patch yang bisa membantu meredakan nyeri saat haid. Dan harganya juga affordable! Kalau mampir ke feed Instagramnya, kamu juga akan menemukan berbagai edukasi seputar feminine dan sexual wellness.

 

Nona Woman

nona woman

Inspiratif banget ya visi misi dari brand feminine wellness lokal ini. Nah, kalau Nona Woman sendiri punya serial podcast bernama Nona Chats yang membicarakan beragam topik. Mulai dari pengalaman pribadi, karier, kebiasaan sehat, cerita menstruasi, sampai konten konten edukasi bersama expert. Saat ini produk-produk Nona Woman terdiri dari beberapa variasi pembalut, panty liners, dan feminine wash. Brand ini memiliki sertifikasi 100% organic, cruelty-free, BPOM dan Kemenkes.

feminine wash lokal

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Label Organik, Natural, dan Vegan pada Produk Kosmetik!

Excited sekali karena eksistensi brand-brand seperti ini yang berperan aktif untuk mewujudkan dunia yang lebih baik bagi perempuan. Kira-kira kamu paling penasaran sama yang mana?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment