banner-detik

industry news

Punya Misi Jadi Brand yang Paling Sustainable, ELEMIS Raih Sertifikasi B Corp! Apa Artinya?

seo-img-article

Selain menghadirkan produk-produk skincare premium yang memanjakan, ELEMIS juga mewujudkan misi filantropisnya melalui sertifikasi B Corp. Ini yang perlu kamu ketahui!

Siapa yang ngefans sama cleansing balm ikonis dari brand asal Inggris ini? Kabar gembira, ELEMIS baru saja resmi mendapatkan sertifikasi B Corp setelah melalui hampir dua tahun perjalanan. Banyak perubahan proses, tata laksana, hingga inisiatif yang diimplementasikan di seluruh aspek bisnisnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Elemis Indonesia (@elemis_id)

 

Baca juga: Apa yang Harus Dihindari untuk Memulai Sustainable Beauty?

Kini ELEMIS telah bergabung dengan lebih dari 6.000 perusahaan global lainnya yang sudah tersertifikasi B Corp, yang juga mempertimbangkan kepentingan sosial dan lingkungan dalam porsi yang sama dengan keuntungan saat membuat kebijakan bisnis. Tersebar di 103 negara, ELEMIS akan memanfaatkan eksistensi globalnya untuk meningkatkan awareness tentang B Corp dan sustainability demi masa depan industri yang lebih baik.

Apa itu sertifikasi B Corp?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by B Corporation (@bcorporation)

B Corp merupakan sertifikasi standar tertinggi di bidang sosial dan lingkungan, diberikan kepada perusahaan yang melakukan “force for good“. B Corps mempercepat pergeseran budaya global untuk mendefinisikan kembali kesuksesan dalam bisnis dan membangun ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Sebagai badan audit sustainability yang paling komprehensif, B Corp tak hanya mengevaluasi produk, tetapi juga secara ketat menilai keseluruhan bisnis.

Untuk meraih sertifikasi ini, kinerja sebuah perusahaan dianalisa dalam lima bidang utama, yaitu tata kelola, pekerja, komunitas, lingkungan, dan pelanggan. Dan ELEMIS berhasil meraih 93 poin! Angka ini jauh di atas persyaratan nilai minimal, yaitu 80.

Sebagai perusahaan yang sudah bersertifikat B Corp, berarti ELEMIS memenuhi standar tertinggi kinerja sosial dan lingkungan, transparansi publik, serta akuntabilitas hukum untuk menyeimbangkan antara keuntungan dan tujuan.

Menurut pihak B Lab, yaitu lembaga yang mengeluarkan sertifikasi B Corp, “Lingkungan, biodiversity, hak asasi manusia, perlindungan iklim, pegawai, dan pelanggan merupakan prioritas utama. Sebuah bisnis seharusnya bisa benar-benar menjadi force for good, yakni bagian dari solusi untuk mewujudkan kebaikan. Dan bisnis-bisnis besar ini bersama B Corp harus bisa menggerakkan perubahan yang memang dibutuhkan dunia.”

Chris Turner, Executive Director dari B Lab UK menyampaikan, “Hadirnya ELEMIS dalam komunitas B Corp akan terus meningkatkan kesadaran tentang sustainability. Brand ini bisa menjadi yang terdepan dalam industri kecantikan untuk menyebarkan gagasan bahwa kesuksesan dalam bisnis bisa dicapai bersamaan dengan kelestarian sosial dan lingkungan. Dunia membutuhkan lebih banyak brand seperti ELEMIS yang memiliki tujuan jangka panjang yang nyata untuk pelanggan, komunitas, pekerja, supplier, serta lingkungan, yang berdampingan dengan kepentingan shareholders mereka.”

“Sejak pertama didirikan, ELEMIS sebagai skincare wellness brand yang didukung oleh sains demi memberikan hasil terbaik, selalu berkomitmen pada alam. Sertifikasi ini mendorong misi kami untuk menjadi British skincare brand premium yang paling sustainable, dengan fokus untuk melindungi dan memulihkan keanekaragaman hayati, mengurangi dampak iklim, dan memberdayakan masyarakat serta komunitas kami untuk masa depan yang lebih baik,” tim ELEMIS menambahkan.

Baca juga: Dukung Sustainability, Brand Lokal Ini Ciptakan Sederet Program yang Menarik! 

So, congrats ELEMIS! Semoga ke depannya akan ada lebih banyak lagi beauty brands yang mengedepankan nilai seperti ini agar industri kecantikan tetap bisa berkembang dengan sustainable.

 

Images: Dok. ELEMIS

Slow Down

Please wait a moment to post another comment