banner-detik

beautypedia

Manfaat Hibiscus untuk Kecantikan yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Bukan hanya cantik dipandang, tanaman hibiscus juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit kamu lho!

Jika kamu pergi ke suatu taman, dan melihat satu bunga yang memiliki kelopak eksotis yang merekah seperti terompet, itulah hibiscus. Bunga yang juga banyak dikenal dengan sebutan “kembang sepatu” ini mekar dalam berbagai warna, termasuk merah, kuning, dan merah muda. Sejak dulu kala, hibiscus terkenal untuk digunakan sebagai bahan teh herbal dan obat-obatan, secara tradisional untuk membantu menghilangkan nafsu makan, dan masuk angin. 

Namun fakta menariknya adalah, hibiscus nggak cuma bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga mengurangi lemak saja. Tapi juga bisa membantu membuat kulit terlihat lebih bercahaya. Berikut adalah beberapa manfaat hibiscus untuk kulit yang perlu kamu ketahui. 

Baca juga: Jenis-jenis Bunga yang Sering Digunakan sebagai Kandungan Skincare

Meningkatkan elastisitas kulit 

Memasuki usia 30an ke atas, concern terhadap kulit sendiri biasanya bertambah. Jangan sampai telat untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh kulitmu ya! Melansir dari greenpeople, hibiscus merupakan tanaman dengan kandungan aktif yang bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kulit terlihat lebih bercahaya bak remaja. Pasalnya, hibiscus secara aktif melawan proses penuaan dengan mengencangkan dan mengangkat kulit kamu, dengan kemampuannya yang menghambat enzim elastase. 

Meratakan warna kulit 

Salah satu tanda penuaan kulit yang mudah terlihat adalah munculnya hiperpigmentasi atau bintik hitam. Bintik-bintik ini bisa muncul akibat beberapa faktor, seperti paparan radiasi UV, produksi melanin berlebih dan juga genetik. Berkat efek pengelupasan lembut yang diberikan dari asam organik di dalamnya, hibiscus secara efektif dapat membantu mempercepat pergantian sel kulit, serta menghasilkan warna kulit yang lebih merata. 

Kaya antioksidan 

Baca juga: 5 Rekomendasi Skincare Alami untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif

Hibiscus rupanya juga kaya akan antioksidan, yang disebut anthocyanosides. Antioksidan terbukti membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit, sehingga mengakibatkan penuaan diri. Anthocyanosides bukan cuma melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas, tapi juga memiliki sifat astringent yang membantu mengurangi tampilan pori-pori besar. Begitu juga untuk meredakan kulit yang meradang, sehingga hibiscus cocok untuk kulit sensitif. 

Membuat kulit lebih bercahaya 

Hibiscus juga dapat mendorong kulit yang tampak lebih segar, youthful dan halus. Asam alami yang ada di hibiscus mampu membantu memurnikan kulit kamu, dengan menghempaskan kulit mati, dan meningkatkan pergantian sel, bahkan dapat membantu mengendalikan jerawat tampak bercahaya dan cantik alami. 

Itulah beberapa manfaat hibiscus untuk kecantikan yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya! 

 

Image : freepik.com 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment