banner-detik

beauty school

Bikin Flawless! Simak Tips Makeup Biar Terlihat Mulus untuk Pori-Pori Besar!

seo-img-article

Punya pori-pori besar dan ingin terlihat flawless saat menggunakan makeup? Ini beberapa teknik mengaplikasikan makeup yang bisa kamu coba.

Ukuran pori-pori di setiap orang itu berbeda-beda, ada yang pori-pori besar, tapi juga ada yang kecil. Namun, tampilan pori-pori yang diinginkan kebanyakan orang adalah yang kecil dan nggak terlihat. Sayangnya, kita nggak bisa memilih nih ukuran pori-pori di kulit kita. Penyebab pori-pori bisa terlihat besar juga banyak banget, bisa karena produksi minyak banyak, kulit yang nggak elastis, genetik, dan kulit yang nggak terlindungi dari sinar matahari.

Salah satu hal yang nggak disukai orang dari tampilan pori-pori besar adalah makeup nggak terlihat rapi dan mulus. Rasanya, mau pakai makeup semahal apapun, kulit nggak bisa terlihat flawless seperti artis Korea. Namun, sebenarnya tampilan pori-pori yang besar ini bisa kok ditutupi dengan makeup, agar terlihat lebih kecil. Berikut adalah tips makeup untuk pori-pori besar yang bisa kamu lakukan.

primer untuk pori-pori besar

Primer

Tahapan yang nggak boleh terlewat adalah menggunakan primer, sebelum mengaplikasikan foundation. Pilih deh jenis primer dengan bahan silicone, yang memang fungsinya mengisi ‘kekosongan’ pada permukaan kulit kalian. Primer seperti ini biasanya memiliki tekstur seperti gel, dan ketika diratakan akan terasa licin dan juga powdery. Primer jenis ini boleh kalian pakai ke seluruh wajah, tapi kalau mau hanya di area pori-pori saja juga nggak masalah kok. Oh ya, penggunaannya juga nggak perlu banyak-banyak ya, nanti malah jadi cakey dan juga peeling.

foundation untuk pori-pori besar agar flawless

Foundation

Hindari menggunakan foundation yang matte, karena biasanya foundation dengan formula seperti ini bisa bikin pori-pori wajah lebih terlihat. Pilih deh foundation dengan hasil akhir velvet dan juga satin, karena dua hasil akhir ini akan bikin pori-pori kalian tersamarkan. Pilihan foundation dengan hasil akhir seperti itu sudah banyak banget kok, bahkan sudah tersedia juga di brand lokal.

Powder

Ketika kulit kalian memiliki banyak tekstur, baik dari bekas jerawat, garis halus, dan juga pori-pori besar, perlu hati-hati dalam menggunakan bedak. Penggunaan bedak sebaiknya jangan terlalu banyak, kenapa? Karena bedak ini memberikan hasil matte ke wajah. Jadi, kalau penggunaannya terlalu banyak malah akan mempertegas tekstur di wajah. Hindari teknik baking untuk set base makeup kalian. Selain itu, kalian juga bisa memilih bedak yang memberikan efek blurring, contohnya seperti Luxcrime dan juga Looké.

Teknik pemakaian

Selain tiga produk di atas yang perlu diperhatikan, ada satu teknik yang perlu kalian lakukan ketika menggunakan foundation. Kalau biasanya kalian hanya meratakan foundation dengan beauty sponge atau cushion puff, kalian butuh menambahkan satu tools lagi, yaitu concealer brush yang bentuknya bulat.

Fungsi concealer brush ini adalah untuk ‘memasukkan’ foundation ke pori-pori kalian, sehingga nantinya foundation kalian jadi lebih flawless. Ketika kalian menggunakan concealer brush untuk ‘memasukkan’ foundation ke pori-pori, jangan lupa gunakan gerakan memutar ya. Setelah itu, silakkan kembali menggunakan beauty sponge atau cushion puff untuk meratakan foundation ke seluruh wajah.

Ini teknik menggunakan makeup untuk wajah dengan pori-pori besar yang biasa saya lakukan ke klien saya. Hasilnya? Makeup jauh lebih flawless dan pori-pori lebih tersamarkan. Selamat mencoba ya.

 

Image: Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment