ic-fd

Fakta Menarik Mike Marino, Makeup Artist Prosthetic di Balik Kostum Halloween Heidi Klum

beyond conversation
author

arindakristie・02 Nov 2022

detail-thumb

Walau memang tidak bisa diaplikasikan sehari-hari, tapi makeup prosthetic Mike Marino banyak hadir di dalam film box office dan music video!

Nama makeup artist Mike Marino memang mungkin belum se-familiar Pat McGrath, Mario Dedivanovic, Lisa Eldrige, atau Bobbi Brown, tapi ternyata karya makeup nya yang unik sudah sering digunakan oleh banyak selebriti hingga terlibat dalam berbagai pembuatan film box office. Untuk mengenal makeup artist yang sudah berkarier selama 25 tahun ini, yuk kita simak beberapa fakta menarik beserta karya-karya uniknya.

1. Berguru langsung dengan legenda makeup artist Amerika, Dick Smith

Doc: Bettmann / Contributor for Getty Images

Pada sebuah podcast Mike Marino bercerita bahwa ia pertama kali jatuh cinta dengan special effects makeup (SFX makeup) saat membaca buku “Do-It-Yourself Monster Makeup Handbook” karya Dick Smith, seorang SFX makeup artist yang sangat legendaris. Dick Smith sendiri merupakan makeup artist yang pernah mendapatkan 8 penghargaan Oscar dan 9 kali dinominasikan. Karyanya bisa dilihat pada film Amadeus, Death Becomes Her, The Hunger, The Sentinel, The Exorcist, dan masih banyak lainnya.

Walaupun Mike sudah berkecimpung di dunia makeup bertahun lamanya, namun buku tersebut lah yang mengubah sudut pandangnya tentang seluk beluk tata rias yang belum pernah ia temui sebelumnya.

mike marino

Mike Marino & Dick Smith

Sepanjang Mike memiliki buku tersebut, ia pun mempraktikkan sendiri beragam teknik yang dilakukan oleh Dick Smith. Namun, semakin lama teknik Dick Smith pun terasa semakin sulit untuk ia pelajari sendiri, akhirnya ia mencari cara untuk mendapatkan mentroship dari sang idola. Akhirnya pada usia 18 tahun, Mike Marino berhasil berguru pada idolanya tersebut dan menjadi protégé-nya hingga sukses seperti sekarang.

2. Mike Marino memiliki perusahaan prosthetic makeup yang terkenal

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mike Fontaine (@mikefontaine_)

Kalau sempat membaca cerita tentang kostum cacing Heidi Klum, kamu pasti lihat ada yang namanya Prosthetic Renaissance tim yang sempat saya sebut juga di sana. Nah, ini merupakan perusahaan milik Mike yang memang spesialisasinya itu adalah makeup effects untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari film, private clients, hingga berbagai macam media lainnya.

Klien yang dimiliki oleh Prosthetic Renaissance ini juga nggak main-main, lho. Ada Martin Scorsese, Darren Aronofsky, Charlie Kaufman, Will Smith, Christopher Walken, Natalie Portman, Ben Stiller, Ryan Gosling, Philip Seymour Hoffman, 60 Minutes, HBO, Warner Brothers, Sony Pictures Classic, 20th Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Screen Gems, Focus Features, The Weinstein Company, IFC Films, Columbia Pictures, Disney, dan juga Paramount Pictures.

Kamu bisa cek hasil SFX makeup lainnya yang telah diciptakan oleh Prosthetic Renaissance di Instagram mereka juga. Detailnya menarik banget, lho.

3. Karyanya hadir di banyak film terkenal

Bersama dengan Prosthetic Renaissance, Mike memiliki tim yang bertanggung jawab atas SFX makeup menggunakan prosthetic. Karyanya bisa kita saksikan dalam berbagai macam film, seperti The Staircase, Black Swan, The Wrestler, The Place Beyond the Pines, Deliver Us from Evil, The Secret Life of Walter Mitty and Night at the Museum: Secret of the Tomb, True Detective, The Batman, Joker, The Dead Don’t Die, The Girl on The Train, Coming to America, The Dictator, dan masih banyak lainnya.

4. Orang yang mengubah wajah The Weeknd

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mike Fontaine (@mikefontaine_)

Selain film, Mike juga menjadi kunci keberhasilan dari video klip “Save Your Tears” milik The Weeknd, di mana ia mengubah wajah The Weeknd menjadi seperti habis operasi plastik. Semua bagian wajahnya didramatisir menjadi seperti karikatur. Pada projek ini ia mengaplikasikan 4 jenis prosthetic pada wajah The Weeknd dan membentuknya menjadi tampilan yang cukup berlebihan dan benar-benar seperti orang habis melakukan filler dan juga operasi plastik. Selain video klip “Save Your Tears”, Mike juga melakukan SFX makeup pada video klip “Gasoline”, di mana wajah The Weekend menjadi terlihat lebih tua.

Di Indonesia juga pastinya sudah banyak makeup artist yang memiliki spesialisasi SFX makeup ini. Terbukti bahwa banyak sekali film horor yang tentunya membutuhkan keahlian merias khusus agar karakternya bisa terlihat sangat nyata. Beberapa SFX makeup artist yang saya ketahui adalah Darwyn Tse, yang bertanggung jawab atas SFX makeup di “Pengabdi Setan” dan “Perempuan Tanah Jahanam”, Yonna Kairupan, SFX makeup artist dalam film “Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur”, atau Vania Thufaila yang sempat terlibat dalam iklan untuk film “Folklore” milik Joko Anwar yang tayang di HBO.

Seru juga kan pekerjaan SFX makeup artist ini. Kalau kamu pingin FD ngobrol sama FSX makeup artist asal Indonesia, langsung komen aja di bawah artikel ini ya!

Images: Dok. Mike Coppola/Getty Images, Instagram Mike Marino.