banner-detik

body love

Pendapat Dokter Kulit Tentang Pembalut Organik yang Klaimnya Lebih Nyaman dan Minim Iritasi

seo-img-article

Setelah menstrual cup, sekarang lagi banyak banget brand lokal yang menghadirkan pembalut dari bahan cotton. Yuk, cari tahu apa saja keunggulannya! 

Dengan alasan eco friendly dan juga sering mengalami iritasi ketika menggunakan pembalut, banyak perempuan yang mulai beralih menggunakan menstrual cup. Selain bisa digunakan berkali-kali, menstural cup tentunya bisa menghemat pengeluaran kita setiap bulannya. Namun, sayangnya nggak semua orang berani menggunakan menstrual cup nih, entah karena belum mendapatkan brand yang tepat atau masih takut untuk menggunakannya.

Nah, sekarang sudah ada opsi dengan bahan lain nih, yang lebih nyaman digunakan, minim iritasi dan lebih eco friendly. Yes, produknya adalah pembalut organic cotton. Berita baiknya, sekarang kita udah nggak perlu buat cari produk seperti ini di luar negeri, karena sekarang sudah banyak brand lokal juga yang bisa kita pilih. Brand-nya sendiri sudah ada cukup banyak lho, seperti Umma, Nona, Yoona, dan Sundrop. Kamu juga bisa mencoba Natracare, sebuah brand asal Inggris.

Baca juga: 8 Hal Fakta Menstrual Cup yang Nggak Boleh Kamu Lewati

Apakah pembalut organik lebih aman dipakai?

Tapi sebenarnya apa benar organic cotton pads lebih aman dan nyaman? Biar jelas, saya menanyakan hal ini ke dr.Arini Widodo.SpKK, mengenai penelitian cotton pads dengan bahan organik. Menurut dr. Arini, pembalut dengan bahan organik memang sudah terbukti bisa membantu mengurangi timbulnya iritasi dan sedikit efek yang tidak diinginkan dibandingkan dengan penggunaan pembalut sintetis konvensional.

Pada pembalut biasa, akan memberikan kemungkinan paparan bahan kimia, terutama senyawa organik volatil (VOC), melalui penggunaan produk feminin lainnya. Pada Agustus 2014 ketika kelompok Women’s Voices for Earth, melaporkan bahwa salah satu merek pembalut menstruasi mengandung styrene, chloromethane, dan chloroform (Women’s Voices). Pada tahun 2017, lebih dari 200 VOC, termasuk benzene, styrene, dan trichloroethylene, ditemukan di sepuluh jenis pembalut wanita dan panty liner yang dijual di Korea Selatan.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui Sebelum Mencoba Menstrual Cup

Menurut berbagai jurnal yang dipelajari oleh dr. Arini, bukan hanya lebih aman untuk kesehatan, organic pads juga dapat membantu mengurangi iritasi pada area selangkangan. Biasanya iritasi pada kulit akan menimbulkan perubahan warna menjadi gelap. Namun karena organic pads menggunakan bahan minim plastik, kemungkinan terjadinya iritasi pada area selangkangan lebih kecil. Jadi secara tidak langsung, pembalut organik dapat membantu mengurangi risiko terjadinya hiperpigmentasi pasca inflamasi. “Tapi perlu diingat, area selangkangan bisa menggelap bukan hanya dari faktor ini saja, tapi bisa juga dipicu oleh penyakit, obesitas, dan juga obat,” pungkas dr. Arini.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang organic cotton pads! Apakah kamu sudah mulai menggunakannya, atau masih pakai pembalut konvensional, atau justru sudah nyaman dengan menstrual cup?

 

Image: Freepik, Umma, Nona, Yoona, dan Sundrop

Sumber:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5838436/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4488331/pdf/pone.0130777.pdf 

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30465412/ 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7958867/#R40 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK559150/ 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment