banner-detik

sponsored post

Jaga Skin Barrier, Ini 3 Langkah Penting dalam Skincare Routine Kamu!

seo-img-article

Skin barrier yang kuat akan membuat kulit terbebas dari berbagai masalah yang menganggu. Gimana caranya merawat skin barrier?

Tahukah kamu, kalau lapisan kulit terluar (skin barrier) kita terganggu, maka bisa memicu beragam masalah kulit yang bikin kita nggak percaya diri? Yup, itu karena skin barrier punya dua peran esensial, yaitu mempertahankan hal-hal yang baik di dalam kulit, dan menyingkirkan hal-hal yang buruk atau tidak diperlukan oleh kulit.

Bila bagian epidermis kulit kita tidak memiliki cukup air, maka kulit akan jadi kering, kasar, kusam, dan kehilangan elastisitasnya. Nah, kondisi kulit yang dehidrasi seperti itu akan menganggu keseimbangan skin barrier, sehingga lapisan pelindung jadi lebih lemah dan rentan terkena pengaruh buruk lingkungan. Hasilnya? Kulit jadi lebih sensitif dan mudah muncul masalah kulit seperti kemerahan dan iritasi, kulit terasa gatal, kulit kusam, infeksi kulit, dan kondisi kulit lainnya yang bikin kamu tidak nyaman.

Jadi, gimana caranya menjaga skin barrier agar tetap kuat? Selain mengatur gaya hidup seperti cukup tidur, nutrisi seimbang, hindari merokok, dan mengontrol stres, serta menghindari penggunaan eksfoliator yang kasar, kamu bisa lakukan 3 langkah penting ini sehari-hari!

Gunakan cleanser yang lembut

 

Be kind to your skin. Membersihkan kulit adalah langkah awal yang tidak boleh terlewat. Jangan terburu-buru saat membersihkan wajah, apalagi menggosok kulit terlalu keras. Pilih pembersih wajah yang membersihkan kotoran, polusi, dan sisa makeup, tanpa menghilangkan  kelembapan alami kulit kamu. Contohnya, Cetaphil Gentle Skin Cleanser, yang merupakan produk best-seller, ikonis, dan kesukaan banyak orang di dunia, yang sudah ada sejak tahun 1947.

Cleanser ini nggak membuat kulit kering, tanpa tambahan pewangi, dan tidak memiliki busa berlebih, jadi bisa dipakai oleh semua jenis kulit, bahkan yang sensitif sekalipun. Formulanya hypoallergenic, dengan pH seimbang, dan pastinya sudah dermatologist tested. Dilengkapi dengan Niacinamide, Glycerin, dan Panthenol yang membuat kulit lebih lembap dan minim iritasi, Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini juga serbaguna karena bisa dipakai untuk kulit tubuh dan wajah sekaligus!

Baca juga: Kulit Sensitif dan Sering Kemerahan? 8 Produk Skincare Ini Aman Lho untuk Rosacea!

Pakai pelembap setiap hari

 

Memakai moisturizer secara teratur adalah salah satu cara jitu untuk menjaga kekuatan skin barrier. Kamu nggak perlu khawatir dengan rasa lengket, karena sekarang ini sudah banyak beragam varian pelembap yang ringan, namun bisa sungguh-sungguh menghidrasi. Misalnya, Cetaphil DailyAdvance Ultra Hydrating Lotion yang lightweight dan mudah meresap, tapi pintar melembapkan kulit dari pemakaian pertama. Bahkan kelembapannya ini bisa bertahan selama 48 jam, lho! Kulit jadi lebih lembut dan kenyal, tapi nggak terasa greasy!

Cetaphil DailyAdvance Ultra Hydrating Lotion yang dermatologist tested ini juga bisa menjaga keseimbangan minyak di kulit kita, bahkan menenangkan kulit, berkat perpaduan kandungan Niacinamide, Pro Vitamin B5 dan Shea Butter yang terkenal baik dalam mengurangi iritasi, melindungi kulit dari polusi, dan melembapkan secara intens. Bisa dipakai untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit yang sangat kering dan sensitif.

Baca juga: Punya Kulit Kering dan Sensitif? 3 Produk Skincare Ini Wajib Jadi Andalanmu!

 Aplikasikan sunscreen yang melembapkan

 

Proteksi maksimal dari matahari juga merupakan faktor penting dalam mewujudkan skin barrier yang kuat. Makanya, kamu disarankan menghindari paparan matahari langsung, menggunakan payung, atau pakaian berlengan panjang supaya kulit nggak gampang rusak karena matahari yang terik. Pastinya, juga mengaplikasikan sunscreen setiap hari! Kalau kamu sudah banyak menggunakan skincare ini dan itu tapi malas pakai sunscreen, maka usahamu akan sia-sia, lho.

Kamu bisa mengandalkan Cetaphil UVA UVB Defense SPF 50+/PA 2B yang merupakan a very high sun protection, dengan perlindungan maksimal. Formulanya berbentuk lotion yang ringan, mudah menyerap, tanpa fragrance, dermatologist tested, dan nggak bikin white cast. Produk ini bukanlah sunscreen biasa, karena ini mengandung vitamin E dan Glyceryn yang berperan sebagai moisturizer, jadi penggunaan secara teratur bukan hanya melindungi kulit dari efek buruk UVA dan UVB, tapi juga akan membantu meningkatkan kemampuan kulit dalam menjaga kadar air di dalamnya. Keren, kan? Kamu pasti bakal suka!

Jadi, itulah 3 poin mendasar yang perlu banget dilakukan sehari-hari, agar skin barrier kita tetap sehat dan kuat. Jangan sampai ada yang terlupa ya, biar kulitmu bebas rewel dan tetap glowing setiap saat. Ada nggak produk Cetaphil yang sudah kamu coba atau kamu suka banget? Share di kolom komentar ya! Kalau belum punya produk Cetaphil favorit, cari tahu lebih lanjut lewat Instagram mereka @cetaphil_id, atau kulik lebih dalam melalu website mereka, www.cetaphil.co.id. Selamat mencoba!

 

Image: Dok. Female Daily/Jessica

Slow Down

Please wait a moment to post another comment