banner-detik

skin care

Gabungkan Retinol dengan Ingredients Ini, Bikin Kulit Makin Cepat Glowing!

seo-img-article

Sudah mulai tertarik menggunakan retinol dalam rangkaian skincare-mu? Coba kombinasikan dengan ingredients ini, deh!

Belakangan ini, retinol jadi salah satu ingredient yang digandrungi para beauty enthusiast. Selain bikin kulit lebih glowing, ingredient ini juga dinilai dapat memperlambat munculnya tanda penuaan di usia dini. Tapi, kamu nggak bisa menggunakannya sembarangan, lho. Ada beberapa hal yang mesti kamu ketahui, mulai dari waktu penggunaan, hingga ingredient yang cocok jika digabungkan. Nah, penasaran kan apa saja kandungan skincare yang serasi kalau dicampur dengan retinol?

Baca juga: Apa Benar Kandungan Ectoin akan Jadi Primadona di 2024?

 

Tiga combo ingredients yang bikin kulit glowing!

Retinol + niacinamide

Meski sama-sama merupakan bahan aktif yang kuat, dua ingredients ternyata bisa jadi pasangan serasi kalau dikombinasikan, lho. Kedua ingredients ini bisa kamu campur saat pakai skincare, misalnya menggunakan serum niacinamide terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan serum retinol. Nah, kombinasi ini juga punya manfaat yang kece, mulai dari memudarkan bekas jerawat dan flek hitam, meratakan warna kulit, hingga meminimalkan tampilan signs of aging yang sudah muncul di kulit.

Kerja sama antara dua kandungan ini juga tentunya oke banget, karena niacinamide bisa jadi peredam efek samping yang seringkali ditimbulkan oleh retinol. Jadi, niacinamide bisa mengurangi rasa kering dan mencegah iritasi kulit yang terjadi.

 

Retinol + hyaluronic acid

Perpaduan dua ingredients ini bakal jadi duet maut yang disukai banyak orang! Pasalnya, dua kandungan ini memang punya banyak penggemar. Beragam jenis produk skincare, mulai dari toner hingga serum juga banyak dilirik.

Yup, retinol dan hyaluronic acid adalah kombinasi yang super bagus untuk kamu coba! Retinol memang terkenal dengan kekuatannya untuk mencerahkan kulit dan mengatasi tanda penuaan yang mulai muncul. Tapi, terkadang juga bisa memberikan efek seperti iritasi maupun rasa cekit-cekit saat dipakai. Oleh karena itu, hyaluronic acid bisa jadi problem solver kalau dikombinasikan dengan ingredient yang satu ini. Hyaluronic acid bisa membantu mengurangi iritasi dan bikin kulit tetap terasa lembap. Plus, bisa menenangkan kulit kamu juga!

Baca juga: Sangat Elegan, Tiru Gaya Makeup Taylor Swift di MTV Video Music Awards 2022!

 

Retinol + ceramide

Tahu nggak sih kalau salah satu penyebab terjadinya iritasi kulit saat pakai retinol karena kondisi skin barrier yang rusak? Selain memang karena kandungan tersebut cukup kuat dan bisa menyebabkan iritasi, kondisi kulitmu juga bisa mempengaruhi hal tersebut terjadi. Makanya, jika digabung dengan ceramide bakal jadi combo yang canggih banget!

Kamu bisa mengombinasikannya dengan ceramide karena dua ingredients tersebut sama-sama punya manfaat yang sejalan. Retinol berfungsi untuk menstimulasi produksi kolagen di kulit, serta ceramide bisa bekerja dengan kolagen dan elastin untuk membentuk bantalan antar sel yang padat, sehingga dapat menjaga elastisitas kulit. Alhasil, terbentuk kerja sama yang baik antara keduanya. Bukan cuma itu saja, skin barrier kamu juga tetap terjaga. Kini juga sudah ada beberapa pilihan produk retinol yang di-combine dengan ceramide hingga peptide, jadi makin prakits!

Baca juga: Mitos dan Fakta tentang Niasorcinol, Kandungan Skincare yang Canggih!

Nah, itu dia beberapa ingredients yang bisa digabung dengan retinol supaya kulit auto glowing! Kira-kira, kamu tertarik untuk mencoba kombinasi ingredient yang mana, nih? Comment di bawah, ya!

 

Image: Dok. Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment