banner-detik

lifestyle

Bangga Berkain, Oscar Lawalata Culture Gelar Festival ‘Aku dan Kain’ di Museum Nasional!

seo-img-article

Ajak 100 tokoh berpengaruh di Indonesia, Oscar Lawalata ajak masyarakat untuk lebih mencintai kain.

Belakangan di media sosial sedang ramai campaign ‘Aku dan Kain’ yang menampilkan sosok influencer mengenakan kain tradisional dari setiap daerah. Perancang busana Oscar Lawalata adalah seseorang yang menggagas gerakan ini, karena ingin kain tenun tradisional Indonesia mendunia.

Menurut Oscar yang kini memiliki nama Asha Darra, Indonesia memiliki banyak kain tradisional yang luar biasa di setiap daerah dan punya ke-khasannya masing-masing. Oleh karena itu, ia ingin membangun antusiasme yang ditularkan untuk masyarakat dan dunia.

Bekerjasama dengan Museum Nasional, Festival ‘Aku dan Kain’ ini akan diselenggarakan pada 10 Agustus – 10 September 2022 di Museum Nasional, Jakarta. Melalui ‘Aku dan Kain: The Age of Diversity’, Oscar Lawalata Culture ingin menyampaikan bahwa keindahan yang harmoni tidak perlu seragam dan serba sama, namun perbedaan sejatinya merupakan rangkulan persatuan dalam perbedaan. Lahir dalam filosofi keindahan, beragam kain tenun Nusantara ini dituangkan dalam pendekatan fashion dan gaya hidup, kecintaan akan keindahan dan filosofi ini pula yang jadi akar dari ‘Aku dan Kain: The Age of Diversity’.

Kolaborasi dengan 100 tokoh berpengaruh

Proses tenun yang melambangkan persatuan, juga akan dituangkan dalam sebuah kolaborasi fotografi ‘Aku dan Kain : The Age of Diversity’, di mana team Oscar Lawalata Culture berkolaborasi dengan fotografer Vony Wong yang mengajak 100 tokoh yang berpengaruh di era modern, ditampilkan dalam sebuah instalasi fotografi digital yang didukung oleh Epson Indonesia, serta rumah produksi fotografi HIRA imaji, studio foto Ruang HIRA, videografer Bill William Gautama dengan dukungan peralatan dari BSM Rental, Hagai Pakan sebagai Fashion Consultant, dan Yemima Cahyani Pujilestari, Shafira Rizka, dan Kevina Marcelline sebagai fashion stylist.

Karena di Festival “Aku dan Kain” juga ada pameran fotografi yang melibatkan 100 selebritas seperti, Reza Rahadian, Marsha Timothy, Dian Sastro, Nirina Zubir, Angga Yunanda, Syifa Hadju, Najwa Shihab, Renata Moelek dan dimeriahkan dalam perayaan fashion show oleh Refal Hady, Jovi Adhiguna, Ayu Ghani, Davina Veronica, Gamaliel Tapiheru, Sal Priadi, Yuki Kato, dan masih banyak lagi akan menampilkan rancangan Oscar Lawalata. Tentu saja rancangan ini menggunakan kain-kain khas Nusantara.

Baca juga: Sambut Lebaran, SAPTO DJOJOKARTIKO Gelar Trunk Show Pertama Sejak Pandemi!

Sebuah movement untuk merayakan keanekaragaman budaya

“Festival Aku dan Kain, sebuah movement yang merayakan keanekaragaman budaya, untuk membangun rasa nasionalisme, serta mengangkat keindahan nilai nilai pluralisme. Kekayaan kain tradisional Indonesia dan keragamannya perlu dilestarikan oleh gerenasi penerus. Karena Indonesia, punya banyak kain tradisional yang luar biasa di tiap daerah,” papar Asha Darra dalam konferensi pers di Museum Nasional, Jakarta, mengutip dari berbagai sumber.

Tak hanya itu, Festival ‘Aku dan Kain’ yang diselenggarakan 10 Agustus hingga 10 September 2022 ini, akan menampilkan sosok anak bangsa yang menginspirasi dengan balutan kisah dan kreasi penuh makna yang dinarasikan melalui karya indah mereka.

Baca juga: Teduhnya Koleksi ‘Daur’ dari Sejauh Mata Memandang!

Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa pamerannya. Kamu bisa langsung ke Museum Nasional dengan membeli tiket seharga Rp 15ribu dan Rp 20ribu. Semoga dengan festival ini, kamu jadi makin cinta kain Indonesia ya!

 

 

Image : the a model, alikaislamadina, image mgt

Slow Down

Please wait a moment to post another comment