banner-detik

acne blemishes

3 Tips Pakai Retinol dan Niacinamide Agar Kulit Glowing Bebas Jerawat

seo-img-article

Jadi gimana sih cara mendapatkan hasil maksimal ketika pakai retinol dan niacinamide?

Bisa lebih dari 3 kali sehari video tentang manfaat pakai retinol dan niacinamide lewat di FYP TikTok saya. Disebutkan kalau manfaatnya macam-macam, mulai dari bikin kulit lebih glowing, menghilangkan hiperpigmentasi, sampai bikin jerawat sirna. Well, dua bahan aktif ini memang sudah nggak asing lagi di dunia skincare. Seperti kita tahu, niacinamide diandalkan dalam mengatasi jerawat dengan cara memperkuat skin barrier dan membantu memudarkan bekasnya juga. Sedangkan retinol yang dikenal sebagai anti-aging powerhouse mendorong regenerasi kulit agar sel-sel kulit yang sehat muncul ke permukaan. Dari sini, nggak heran ya kalau kombinasi keduanya bakal jadi powerful. 

Tapi bagaimana sih cara pakai niacinamide dan retinol supaya hasilnya maksimal, sesuai dengan klaim-klaim para skincare enthusiasts? Simak tipsnya berikut.

Baca juga: Rekomendasi Serum Retinol yang Minim Iritasi

Newbie? Mulai dari kadar rendah!

Rule of thumb dari pemakaian skincare dengan bahan aktif: mulai dari kadar yang rendah. Ketika kamu belum pernah pakai retinol atau niacinamide, pastikan untuk mulai dengan persentase yang rendah dan patch test di area kecil dahulu. Niacinamide memang jarang memberikan efek samping, namun retinol kadang membuat kulit ‘kaget’. Dari pada ingin langsung pakai produk yang strong untuk mendapatkan hasil instan dan malah iritasi, lebih baik mulai pelan-pelan dari kadar di bawah 1%.

Selain itu, berbeda dengan moisturizer yang menyerap lebih maksimal ketika kondisi kulit agak basah, retinol sebaiknya diaplikasikan ketika kulit dalam keadaan kering untuk mengurangi risiko iritasi. Kamu bisa gunakan kitchen towel setelah cleansing supaya nggak ada air yang tersisa di kulit sebelum pakai produk dengan retinol.

Waktu pemakaiannya.

Kapan sih dipakainya? Niacinamide bisa dipakai pagi atau pun malam, sedangkan retinol sangat dianjurkan di malam hari saja. Bukan hanya karena sifat retinol yang membuat kulit jadi fotosensitif, namun juga karena kulit kita memang secara alami melakukan regenerasi di malam hari. Pemakaian di waktu yang tepat juga dapat mempengaruhi kerja produk agar hasilnya lebih maksimal.

Jangan lupa untuk selalu pakai sunscreen juga setiap pagi, ya.

Konsisten dan sabar, kunci paling penting.

Pemilihan produk memang penting, tapi yang jadi kunci agar kombinasi retinol dan niacinamide ini sukses adalah konsistensi dan sabar. Biasanya perubahannya baru akan bisa terlihat setelah sekitar 3 minggu pemakaian rutin. Kalau kamu baru pakai seminggu dan bolong-bolong, wajar saja kalau hasilnya kurang maksimal. Skincare niacinamide bisa digunakan setiap hari, sedangkan retinol bisa dimulai dari 2 kali seminggu di awal pemakaian, lalu ‘naik level’ ke 3 kali seminggu setelah kulitmu terbiasa.

Baca juga Kulit Kusam dan Banyak Kerutan? 7 Moisturizer dengan Kandungan Retinol Ini Bisa Membantu!

Itu lah tips yang bisa kamu coba dalam pemakaian retinol dan niacinamide untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Perlu diingat kalau kerja skincare di kulit setiap orang bisa berbeda-beda, jadi penting untuk menyesuaikan ekspektasimu juga.

Selamat mencoba, ya!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment