tools

Punya Beragam Varian, Kenali Sederet Bentuk Gua Sha dan Cara Pakainya!

seo-img-article

Tahukah kamu, Gua Sha punya berbagai jenis bahan, bentuk, dan juga cara pakai? Yuk, pelajari seperti apa saja!

Meski tidak ada yang salah dengan wajah chubby, garis rahang yang terlihat jelas mungkin bisa memberi perbedaan yang besar bagi keseluruhan tampilan. Saat ini, Gua Sha ramai digunakan untuk mengurangi puffiness di wajah dengan beragam manfaat lainnya.

Gua Sha sendiri adalah massage tool tradisional asal Cina yang menggunakan berbagai jenis bahan batuan alami. Alat ini bekerja dengan meningkatkan sirkulasi darah dan membuat otot-otot yang sebelumnya tegang jadi lebih relaks. Belum banyak yang tahu, jenis dan bentuk dari Gua Sha ternyata juga beragam lho, simak artikelnya sampai habis ya!

Lihat juga: Face Roller dan Gua Sha Ternyata Ada Banyak Jenis?? | Skincare 101

Jenis batuan

bentuk-bentuk dan jenis gua sha

Sebenarnya, Gua Sha bisa dibentuk dari jenis batuan permata alami apa saja, namun yang paling umum digunakan adalah batu rose quartz yang berwarna merah muda pucat dan jade (giok) yang berwarna hijau. Rose quartz sering disebut sebagai batu cinta yang diyakini bisa membangkitkan mood, sementara batu giok, memang sudah turun temurun diyakini di Tiongkok baik untuk kesehatan, keseimbangan, dan meditasi.

Beberapa batuan lainnya yang bisa digunakan adalah white jade/nephrite jade, amethyst, fire agate, obsidian, aventurine, sodalite, dan scolecite. Bukan itu saja, seiring perkembangan zaman, saat ini ada juga Gua Sha yang berbahan stainless steel, lho.

Bentuk-bentuk

bentuk-bentuk dan jenis gua sha

Kalau kamu hanya mengetahui bahwa Gua Sha diaplikasikan untuk wajah saja, well, Gua Sha ternyata bisa digunakan untuk berbagai bagian tubuh lainnya, lho. Makanya, Gua Sha punya berbagai bentuk cekung dan sisi yang menyesuaikan kebutuhan dan fitur-fitur tubuh atau wajah tertentu, seperti rahang, pipi, mata, dahi, dagu, alis, bahu, bahkan leher.

Dolphin shape

Berbentuk seperti kepala lumba-lumba, bentuk Gua Sha ini paling banyak digunakan karena mudah digenggam dan simpel. Bisa digunakan untuk berbagai bagian; dahi, dagu, rahang, leher, hingga bahu.

Wing/fin shape

Berbentuk seperti sayap atau sirip, sisi yang menyerupai gigi-gigi tumpul bisa digunakan untuk bagian alis agar terlihat lebih naik dan kencang.

Heart shape

Gua Sha ini memiliki bentuk seperti hati, beberapa di antaranya ada juga yang sedikit cekung ke dalam. Bisa diaplikasikan pada hidung, jari, pipi, dahi, leher, lengan, dan bagian yang sedikit tajam sebagai accupressure.

Square shape

bentuk-bentuk dan jenis gua sha

Bentuknya yang cukup besar bisa digunakan untuk memijat-mijat wajah, tubuh, kaki, hingga bahu.

Comb shape

Bagian yang seperti sisir bergigi digunakan untuk menstimulasi peredaran darah di berbagai bagian tubuh dan wajah seperti dahi, pelipis, pipi, bahkan kulit kepala, leher, bahu, lengan, hingga kaki.

Pencil shape

Gua Sha yang berbentuk pensil digunakan untuk memberi tekanan pada titik-titik di sekitar sudut mata, pelipis, ujung bibir, dan titik-titik vital lainnya. Teknik ini dikatakan baik untuk menstimulasi titik-titik energi dan membuang racun.

S shape

Digunakan untuk menstimulasi peredaran darah di bagian area mata, pipi, jari, hingga lengan.

Mushroom shape

bentuk-bentuk dan jenis gua sha

Gua Sha ini memiliki bentuk yang agak berbeda dari bentuk Gua Sha kebanyakan. Mushroom Gua Sha paling sering digunakan untuk mengurangi puffiness dan mengencangkan daerah mata.

Baca juga: Canggih, Ini 8 Beauty Gadget yang Menarik dan Layak untuk Dimiliki!

Sebenarnya, ada banyak banget bentuk dari Gua Sha yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, bentuk-bentuk Gua Sha di atas adalah bentuk-bentuk yang paling umum dan paling banyak digunakan. Ada juga bentuk-bentuk baru yang dimodifikasi di beberapa sisinya sehingga lebih multifungsi.

bentuk-bentuk dan jenis gua sha

The more you know, the more you learn right? Untuk kamu yang pemula dan masih bingung cara pakainya, kamu bisa cek cara pakai Gua Sha di sini. Hope it may help!

 

Images: freepik.com, guashatool.com, wallpaper.com, sublimelife.in

Slow Down

Please wait a moment to post another comment