banner-detik

lifestyle

Gimana Sih Cara Menjaga Kulit Tetap Sehat Meski Sering Terkena Polusi? 

seo-img-article

Siapa yang setiap hari terkena polusi? Nggak perlu takut, karena kamu bisa tetap menjaga kulit dengan cara ini!

Meskipun di kondisi pandemi COVID-19 ini banyak kegiatan yang dilakukan di rumah, bahkan kerja pun bisa di rumah alias WFH. Nggak bisa dipungkiri, pasti ada saja waktu-waktu tertentu yang memaksa kamu untuk ke luar rumah. Entah urusan mendadak, pekerjaan yang harus diselesaikan di kantor, atau yang lainnya. Akhirnya kamu harus ke luar rumah, dan bertemu dengan banyaknya polusi di udara. Yup, seperti yang kita tahu kalau polusi udara memang buruk bagi kesehatan tubuh. Tapi, bukan cuma buruk bagi kesehatan tubuh, kulit kamu juga bisa terkena dampak buruk lho, kalau sering terpapar polusi.

Apa itu polusi?

Sebenarnya, polusi tuh apa sih dan bagaimana efeknya di kulit? Polusi yang terjadi di udara merupakan kontaminasi lingkungan yang disebabkan oleh peranan kimia, fisik, dll yang bikin karakteristik atmosfer yang alami jadi berubah. Zat-zat kimia yang mengontaminasi ini banyak banget dihasilkan dari limbah udara dari pabrik, asap kendaraan, atau asap yang dihasilkan dari rumah tangga. Zat-zat kimia yang terkandung pun banyak banget dan berbahaya, mulai dari Nitrogen Dioksida, Sulfur Dioksida, maupun Karbon Monoksida. Alhasil, polusi jadi bikin pernafasan terganggu, bahkan bikin kulit jadi terkena dampak buruk. 

Baca juga: Nggak Takut Menghadapi Penuaan, Ini yang Wanda Ponika Lakukan! | Skin Goals Over 40

Dampak polusi pada kulit

Kalau belum tahu dampak buruk polusi bagi kulit, sebaiknya kamu catat supaya bisa lebih berhati-hati! Yup, polusi udara bisa banget mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan seperti dark spot, kerutan, garis halus, dan sejenisnya. Itu semua terjadi ketika polusi udara dengan zat-zat kimianya masuk ke dalam kulit, dan membuat peradangan di dalamnya. Jika terus menerus terjadi, bisa mengurangi banyak kolagen yang diproduksi di kulit. Akibatnya, tanda-tanda penuaan akan muncul. Nggak cuma itu saja, polusi udara juga bikin kelembapan kulit berkurang, menimbulkan iritasi, serta bisa meningkatkan produksi sebum yang memicu timbulnya jerawat. 

Ternyata cukup banyak ya, dampak buruk polusi bagi kulit? Makanya, kamu perlu menjaga kulit tetap sehat meskipun sering terpapar polusi. Intip beberapa cara berikut ini ya!

Pakai skincare yang bisa melindungi dari polusi

Yes, pakai skincare dengan fungsi yang pas adalah salah satu kuncinya! Kamu bisa mencari skincare yang mampu menghidrasi kulit secara optimal, membersihkan kulit dari segala kotoran termasuk polusi, serta bisa melindungi kulit dari hal-hal buruk yang ada. Kamu bisa pilih berbagai macam skincare, tetapi ada satu yang menarik dan wajib dilirik. Skincare ini pakai teknologi canggih yaitu Hydra Advanced City Defense Technology (HACDT) dan disempurnakan dengan Anti-Glycation System supaya bisa menutrisi kulit dan membersihkan kulit dari kotoran yang ada. Nggak lain dan nggak bukan yaitu range terbarunya Ultima II yaitu Hydra Botanic Series!

Hydra Botanic Series ini memang diciptakan khusus dengan lebih banyak bahan aktif botani alami buat melindungi kulit dari racun yang terkandung di polusi, maupun yang tersebar di dalam ruangan. Selain bikin kulit makin ternutrisi dan bersih optimal, kulit juga terasa makin fresh. Menariknya lagi, semua jenis kulit juga bisa pakai lho, termasuk yang punya kondisi kulit sensitif.

Pertama, kamu bisa mencuci wajah dengan Hydra Botanic Whipping Cream Foaming Cleanser yang diperkaya Alteromonas Ferment Extract buat melindungi kulit dari segala penyebab kerusakan. Plus, ada Six Moisture-Rich Formula Combination yang bikin kulit makin lembut dan terasa plump. Kamu juga nggak perlu takut kulit terasa kering setelah cuci muka, karena formulanya lembut dan bisa menghidrasi kulit.

Lanjut ke step berikutnya, yaitu Hydra Botanic Calming Toning Lotion. Kamu bisa pakai beberapa tetes supaya kulit terasa lebih segar, lembap, sekaligus ada efek calmingnya lho. Jadi, pH kulit lebih seimbang setelah cuci muka. Teksturnya pun menurut saya cukup ringan di kulit, sehingga cepat meresap tapi tetap memberikan kelembapan yang optimal.

Setelah pakai toner, kamu bisa menggunakan Hydra Botanic Total Hydrating Emulsion supaya kulit makin lembap. Tentunya, kulit kamu juga bakal lebih tenang setelah pakai produk yang satu ini. Sama seperti produk dalam lainnya di rangkaian Hydra Botanic, emulsion ini juga formulanya nyaman dan nggak bikin lengket, lho.

Nah, kalau kulit sudah lembap, kamu perlu mengunci hidrasinya supaya tahan seharian dengan Hydra Botanic Total Hydrating Cream. Formulanya ringan dan bisa dipakai pada pagi dan malam hari. Selain itu, kalau kamu aplikasikan pun langsung melt di kulit, jadi nggak ada rasa sticky sama sekali. Fix, kulit kamu bakal ternutrisi, terhidrasi sepanjang hari, dan nggak ada tuh yang namanya kering!

Menarik banget kan, skincare terbarunya Ultima II? Nggak cuma punya kandungan yang juara, Ultima II Hydra Botanic Range juga bikin kamu #ClosertoNature. Penasaran pingin cobain, nggak?

Baca juga: Apa Sih yang Sebenarnya Terjadi Pada Kulit Saat Menua?

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan

Sudah tahu belum, kalau polusi bisa membentuk radikal bebas? Yup, radikal bebas adalah salah satu pemicu penuaan dini yang bisa terjadi pada kulit kamu. Salah satu hal yang bisa menangkal radikal bebas yaitu antioksidan. Oleh karena itu, kamu bisa menjaga kulit tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan.

Kalau begitu, makanan apa saja ya yang tinggi antioksidan? Beberapa jenis buah-buahan beri yang sering kamu temui ternyata mengandung antioksidan lho. Ada strawberry, blueberry, cherry, hingga raspberry yang bisa kamu konsumsi sebagai sumber antioksidan. Nggak cuma itu saja, beberapa makanan seperti dark chocolate, daun kale, bayam, dan kacang pecan juga tinggi antioksidan yang bisa melawan radikal bebas.

Rutin double cleansing & eksfoliasi 

Salah satu hal yang disebabkan polusi adalah timbulnya jerawat akibat produksi minyak yang berlebih. Hal yang bisa kamu lakukan supaya nggak jerawatan yaitu dengan rutin melakukan double cleansing dan eksfoliasi. Yes, double cleansing penting dilakukan supaya bisa mengangkat semua kotoran termasuk debu, polusi, sisa makeup, dll di kulit kamu secara optimal.

Selain itu, polusi yang menempel di kulit pun bisa bikin wajah jadi terlihat kusam dan menyumbat pori-pori kamu. Makanya, eksfoliasi bisa jadi salah satu solusinya supaya kulit tetap bersih, nggak kusam, serta komedo yang menyumbat pori-pori juga bisa terangkat. Tapi, kamu juga perlu mencatat bahwa eksfoliasi tidak perlu dilakukan terlalu sering, cukup 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu.

Yup, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya kulit tetap sehat meskipun sering terkena polusi. Ternyata cukup mudah ya? Kalau kamu, apakah sudah rutin melakukan cara tersebut? Comment di bawah ya!

 

Image: Freepik, Dok. Brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment