banner-detik

beauty school

Slugging, Trend Skincare Baru dari Korea yang Lagi Ramai di TikTok

seo-img-article

Kalau ngomongin tren skincare terbaru, Korea Selatan pasti jadi sumber utamanya. Nah, kali ini ada yang namanya trend slugging. Awalnya tren ini tuh popular dari sebuah sub thread di Reddit. Konon katanya slugging ini bisa bikin skin barrier kalian lebih kuat, kulit yang lembap dan bahkan bisa membantu mengempiskan jerawat juga lho.

Jadi sebenarnya apa sih slugging itu, dan gimana cara melakukannya?

Alternatif pelembap

Slugging

Dasarnya slugging ini adalah mengaplikasikan pelembap yang sifatnya occlusive, atau pelembap dengan tekstur yang tebal dan sulit untuk menyerap pada kulit. Biasanya pelembap seperti ini disebut juga sebagai ointment. Contoh produknya sendiri adalah Vaseline Petrolatum atau Lucas Papaw. Pelembap yang sifatnya occlusive memang bekerja dengan memberikan lapisan ekstra pada kulit, sehingga moisture yang ada di dalam kulit tetap terjaga. Nggak hanya itu saja, pelembap seperti ini juga menjadi lapisan perlindungan terhadap kulit, dari agressor luar.

 

Cara pakai dan cocok untuk jenis kulit apa saja?

Karena produk pelembap yang sifatnya occlusive ini adalah mengunci kelembapan dalam kulit, maka produk ini digunakan pada tahapan skincare akhir. Jadi gunakan dulu toner, serum, essence dan night cream, sebelum kamu semua tahapan skincare kamu dengan cara slugging. Slugging ini cocok sekali dilakukan bila kamu memiliki jenis kulit sensitif, kering, dermatitis, dan eksema. Karena biasanya permasalahan kulit seperti ini terjadi, karena skin barrier kalian sudah rusak.

Satu hal yang nggak boleh dilupakan saat kamu melakukan teknik ini adalah mencuci wajah dengan benar besok paginya. Bersihkan wajah dengan menggunakan facial wash yang gentle, rekomendasinya bisa kamu cek di sini.

Apakah jenis kulit berminyak dan acne prone boleh melakukan tren slugging?

Boleh, tapi hati-hati dan perhatikan kulit kalian. Perlu diingat kalau pelembap tipe occlusive ini bekerjanya untuk mengunci dan memberikan satu lapisan penutup di kulit kalian. Pelembap seperti ini nggak akan membuat pori-pori kalian tertutup, karena molekul produk ini besar dan nggak bisa masuk ke pori-pori. Namun bila memang produksi minyak di kulit kalian itu banyak sekali dan tertutup dengan pelembap ini, yang terjadi adalah minyak alami yang ada di wajah kalian nggak bisa keluar, shingga bisa membuat hair folicel kalian iritasi dan timbul permasalahan jerawat. Solusinya, untuk kalian yang memiliki kulit berjerawat dan ingin mengunci kelembapan ekstra di dalam kulit kalian, pilih pelembap atau sleeping mask yang kaya dengan kandungan HA atau yang teksturnya lebih ke gel.

Untungnya nih, sekarang sudah ada pelembap occlusive dari brand lokal, yaitu Think Hale The Relief, yang mana di dalamnya terdapat Petrolatum. Harganya juga terjangkau dan bisa dengan mudah kalian beli melalui e-commerce atau website resmi Think Hale.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment