banner-detik

beauty school

6 Pilihan Gentle Cleanser Lokal Ini Dijamin Nggak Bikin Kulit Kering dan Kesat

seo-img-article

Sejatinya, facial wash berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel di kulit, bukannya malah bikin kulit kering. Kalau facial wash yang kamu gunakan selama ini bikin kulit terasa kering dan kesat, saatnya kamu ganti dengan pilihan gentle cleanser berikut ini!

Kandungan surfaktan dalam cleanser adalah biang kerok penyebab kulit kering setelah cuci muka. Sebenarnya, surfaktan bukan zat berbahaya yang harus dijauhi. Faktanya, surfaktan dalam cleanser adalah agen penghasil busa dan pembersih yang mampu menarik kotoran dan minyak dari kulit. Nggak semua jenis surfaktan pula menyebabkan kulit kering.

Baca juga: Mengenal Surfaktan dalam Cleanser

SLS (Sodium Lauryl Sulfate) adalah jenis surfaktan yang sering dijauhi. Tidak semua orang punya masalah dengan SLS, tapi cukup banyak yang mengalami kulit kering hingga iritasi akibat kandungan surfaktan ini. Kemampuan Sulfate untuk menarik kotoran dan minyak dari kulit, bisa mengikis minyak alami kulit yang justru dibutuhkan bagi kulit untuk melindungi skin barrier.

Karenanya, beralih ke gentle cleanser jadi tren terbaru yang digemari skincare enthusiast belakangan ini. Apa lagi, beberapa brand lokal seolah kejar-kejaran merilis cleanser yang lembut dan anti kesat. Nah, ada enam facial wash lokal buat kamu yang ingin beralih ke gentle cleanser, nih!

Somethinc Low pH Gentle Jelly Cleanser

Lagi-lagi, Somethinc ngeluarin produk baru. Pasti sudah pada tahu, kan? Baru-baru ini Somethinc merilis facal wash terbarunya, yaitu Low pH Gentle Jelly Cleanser. Konon katanya, cleanser ini disebut-sebut sebagai saingannya Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser. Mengandung Mugwort, Cica, Tea Tree dan Peppermint, nggak cuma oily skin, tapi acne-prone skin pun pasti bakal jatuh cinta sama cleanser ini. Cleanser ini dibanderol seharga Rp99.000 untuk ukuran 100ml. Kabar baiknya, kalau kamu baru mau coba-coba dan khawatir nggak cocok, bisa cobain travel size-nya (15ml) seharga Rp39.000 saja!

Baca juga: Level pH dalam Produk Cleanser, Sebesar Apa Pengaruhnya?

Wardah Hydra Rose Gel To Foam Cleanser

Untuk pilihan gentle cleanser yang lebih affordable, jatuh pada cleanser Wardah Hydra Rose. Dengan harga Rp31.800 saja, cleanser ini dapat membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup dengan lembut dan nggak membuat wajah terasa kering di akhir. Yang bikin cleanser ini unik adalah tekstur gel yang runny dan bakal berubah jadi foam saat terkena air. Wanginya juga mawar banget!

Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser

Baru-baru ini, Avoskin melakukan reformulasi terhadap produk facial wash sebelumnya, and voila! Hadirlah Natural Sublime Facial Cleanser, dengan lebih banyak ingredients ciamik, diantaranya Cactus Extract, Kale Extract, Pentavitin, Niacinamide dan Marula Oil. Meski teksturnya gel, facial wash ini menghasilkan busa yang minim saat terkena air. Harga facial wash dari Avoskin ini adalah Rp109.000.

Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash

Oatmeal dikenal sebagai ingredient yang ramah untuk kulit sensitif. Oatmeal dapat melembabkan kulit kering dan menenangkan kulit yang gatal dan memerah. Karena itu, oatmeal sangat populer di kalangan kulit sensitif hingga eczema. Kandungan oatmeal ini lah yang bikin facial wash dari Harlette aman untuk kulit sensitif. Apa lagi ditambah kandungan susu, Rice Bran Extract, Sodium Hyaluronate dan Glycerin. Dijamin facial wash ini nyaman untuk kulit kering dan juga kulit berjerawat. Oatmilk Gentle Facial Wash bisa kamu dapatkan seharga Rp115.000.

Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel

Cleanser dengan kandungan Vitamin C? Ya, Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel. Sesuai namanya, cleanser ini mengandung Sea Buckthorn yang juga dikenal dengan nama lain Vitamin Tree karena kaya akan kandungan Vitamin C. Meskipun nggak mengandung Sulfate, cleanser ini tetap efektif untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup, sekaligus menjaga kulit tetap lembab dengan Sodium PCA, Glycerin dan Provitamin B5. Harganya kurang dari 100 ribu, lebih tepatnya Rp77.000.

Biyu Pure Gentle Cleanser

Alih-alih menggunakan SLS/SLES sebagai surfaktan, gentle cleanser dari Biyu menggunakan Decyl Glucoside dan Disodium Cocoyl Glutamate, yakni surfaktan yang berasal dari buah kelapa. Surfaktan ini lebih lembut di kulit serta bersifat non-comedogenic. Sudah lembut, melembabkan, dapat mencegah bakteri penyebab jerawat lagi. Sebab, ada kandungan Witch Hazel-nya. Buat kamu yang kulitnya berminyak, jangan khawatir. Ada juga varian Oil Control Cleanser, lho. Harga keduanya pun sama-sama Rp99.000.

So, cuci muka itu nggak perlu sampai kesat layaknya cuci piring, girls! Masih banyak yang menanganggap rasa kesat itu sebagai tanda kalau kulit sudah bersih. Padahal, rasa kesat dan kulit seolah ditarik itu justru menandakan minyak alami kulit sudah dikuras habis oleh cleanser, dan buntutnya dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan memproduksi lebih banyak minyak dari biasanya. Pemilihan cleanser yang lembut seperti keenam pilihan di atas bakal menyelamatkan kulitmu dari dehidrasi.

image: dok.brand, Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment