makeup

Makeup Susah Menempel di Usia 40-an? Ini Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Semakin bertambah usia, kulit akan berubah jadi semakin kering. Kulit kering tersebut tentu akan berpengaruh pada tampilan makeup!

 

Jangan heran kalau kamu telah tiba di usia 40-an dan makeup jadi lebih susah menempel. Itu karena kondisi kulit yang kadar kelembapannya berkurang Tapi tenang saja, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar makeup menempel lebih baik!

Persiapkan kulit dengan baik sebelum makeup

Sebelum pakai makeup, kulit harus lembap supaya jadi “kanvas” yang baik untuk makeup yang dipakai. Jadi setelah mandi, tentu saja kamu nggak bisa langsung pakai produk makeup, tapi harus diawali dulu dengan skincare yang biasa kamu pakai, misalnta toner, serum, dan moisturizer, barulah menggunakan makeup setelahnya. Kamu juga bisa pakai sheet mask terlebih dulu, untuk menambah hidrasi. Itu akan membuat makeup menempel lebih baik dan mudah dibaurkan.

Baca juga:  Jaga Kulit Tetap Lembap dan Segar, Ini Sederet Serum untuk Usia 50-an!

Aplikasikan face primer yang melembapkan

Kamu juga bisa menggunakan face primer sebelum mengaplikasikan foundation, karena face primer memang ditujukan untuk membuat kulit terasa lebih halus sebelum dilapisi makeup. Memakai face primer sebelum makeup akan bikin makeup jadi lebih tahan lama dan nggak mudah “bergeser”. Kalau kulitmu kering, kamu harus pilih face primer yang menghidrasi, karena face primer pun punya banyak jenis, mulai dari yang memberi efek cerah pada tone kulitmu, hingga yang menyamarkan pori-pori.

Campur foundation dengan face serum

Belum pernah mencoba cara ini? Menyenangkan dan efektif, lho! Coba pakai campurkan foundation dengan beberapa tetes serum andalan kamu di palet atau di telapak tangan, kemudikan aplikasikan di wajah dan leher, blend dengan baik menggunakan brush atau beauty sponge. Nggak hanya bikin foundation jadi lebih lembap dan mudah dibaurkan, finish-nya juga akan lebih ringan dan kasih kesan kulit sehat. Kamu bisa sesuaikan takarannya, bila kulitmu sangat kering dan ingin look yang lebih natural, maka serumnya harus lebih banyak dari foundation-nya. Sebaliknya, bila ingin lebih full coverage, pakai serumnya hanya sedikit saja sebagai penambah hidrasi.

Baca juga: Pilihan Produk Skincare untuk Usia 40-an Ini Bikin Kulit Glowing!

Gunakan cushion dibandingkan compact powder

Nggak suka pakai foundation untuk makeup sehari-hari? Banyak orang menyukai compact powder untuk tampilan yang tetap full coverage tapi lebih praktis. Namun, kalau kamu punya kulit kering apalagi sudah di usia 40-an, sebaiknya hindari terlalu banyak powder, karena akan susah menempel, bisa kasih kesan cakey dan makin memperjelas garis-garis kerutan. Kamu bisa aplikasikan cushion, karena formulanya yang “basah” justru akan membuat kulit tampak lebih halus dan dewy. Apalagi, cushion biasanya juga dilengkapi dengan kandungan skincare, sehingga kulit akan terlihat bercahaya sehat.

Gunakan cream blush, bukan powder blush

Salah satu trik yang ampuh untuk bikin makeup lebih menempel di kulit kering adalah dengan menggunakan produk yang teksturnya creamy. Jadi, coba deh blush dengan bentuk krim atau liquid, yang bisa dibaurkan dengan spons, brush, maupun jari. Begitu pula highlighter dan eyeshadow, sebaiknya pilih yang berbentuk krim saja supaya lebih lembap danr mudah menempel di kulit usia 40-an. Kalau kamu merasa  blush, highlighter, dan eyeshadow berbentuk krim warnanya kurang pigmented, kamu bisa layer dengan produk yang powder supaya warnanya lebih “keluar”.

Nah, itulah beberapa trik agar makeup lebih gampang menempel di kulit usia 40-an. Setelah makeup selesai, kamu bisa menyemprotkan makeup setting spray supaya makeup lebih long lasting. Selamat mencoba!

 

Image: Freepik, Dior, Bobbi Brown, Benefit Cosmetics, Pexels.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment